Home / Tips dan Trik / Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Pemberitahuan atau notifikasi di smartphone Android satu bagian yang amat vital dan juga penting. Ketika sebuah pemberitahuan atau notifikasi pada smartphone Android tidak muncul atau hilang, hal tersebut bentuknya akan membuat sulit memakainya. Apabila kebetulan perangkat smartphone Android Anda sedang bermasalah dimana tidak muncul notifikasi, misalnya adalah notifikasi unduhan, maka pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba untuk mengulas Bagaimana cara menampilkan notifikasi unduhan di Android Sehingga nantinya bisa muncul kembali.

Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Secara umum, notifikasi pada sebuah aplikasi, misalnya adalah aplikasi unduhan, aplikasi chatting, aplikasi SMS dan sejumlah aplikasi lainnya sangat diperlukan oleh setiap pemakai smartphone Android. Tentunya bisa anda bayangkan ketika sebuah notifikasi, misalnya adalah notifikasi unduhan tidak terlihat atau tidak tampil maka proses download yang sedang anda lakukan tidak diketahui sejauh mana progresnya dan juga nantinya anda akan bingung Dimana file download tersebut disimpan.

Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Silakan anda Simak terus ulasan berikut ini sehingga Anda bisa mendapatkan tutorial mengenai cara menampilkan notifikasi unduhan di Android. Tutorial ini bersifat umum dan bisa anda terapkan untuk menampilkan notifikasi yang lainnya di Android, misalnya adalah notifikasi BBM, notifikasi whatsapp, notifikasi SMS dan sejumlah notifikasi chatting lainnya . Tidaknya muncul notifikasi pada download, tentunya akan sangat menyulitkan pada proses penggunaannya. Walaupun sebenarnya, kadang kala ada juga Yang memilih untuk mematikan atau menonaktifkan notifikasi pada sejumlah aplikasi di smartphone Android. Mereka menganggap bahwa notifikasi pada sejumlah aplikasi mengganggu saja.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Di bawah ini adalah 2 metode yang bisa anda praktekan di dalam usaha menampilkan notifikasi unduhan di Android dan notifikasi aplikasi lainnya.

Metode Pertama

Untuk metode pertama ini, saya melakukan uji coba pada smartphone Xiaomi. Tentunya, apabila anda menggunakan smartphone bermerek lainnya akan sedikit terjadi perbedaan, namun pada intinya adalah sama .

  1. Tahap pertama, silahkan Anda masuk ke menu “setting” atau “pengaturan”
  2. Proses selanjutnya adalah dengan mencari menu yang memiliki nama “notifikasi”. Silahkan anda tap menu tersebut.
  3. Proses berikutnya bisa anda lakukan dengan memilih opsi pada bagian “kelola notifikasi”.
  4. Pada tampilan kelola notifikasi, maka anda bisa menentukan aplikasi mana saja yang hendak dimunculkan notifikasinya atau dihilangkan notifikasinya. Dalam hal ini anda tentunya bisa menemukan aplikasi seperti BBM, Whatsapp dan juga SMS .
  5. Apabila anda sudah menemukan dan mengaktifkan notifikasi pada sebuah aplikasi, silahkan anda Buka aplikasi yang dimaksud, kemudian silahkan anda lakukan pengaktifan notifikasi supaya tampil di bar notifikasi yang ada di status bar.
  6. Selesai dan notifikasi dari aplikasi yang anda harapkan akan tampil.
Baca Juga:   Cara Menampilkan Keyboard Virtual atau On Screen Keyboard

Metode Kedua

  1. Silahkan Anda masuk ke bagian “pengaturan” atau “setelan”
  2. Langkah berikutnya, silahkan Anda memilih menu “kelola apk” atau “kelola aplikasi”
  3. Setelah tampilan kelola apk atau kelola aplikasi muncul, anda bisa menentukan aplikasi mana saja yang hendak Anda aktifkan notifikasinya
  4. Tahap berikutnya, Silakan anda tap menu “notifikasi”
  5. Setelah tahapan tersebut, anda cukup melakukan aktivasi pada notifikasi dari aplikasi tersebut
  6. Selesai dan sejumlah notifikasi dari aplikasi yang anda inginkan akan ditampilkan pada status bar

Sekian ulasan dari penulis tentang cara menampilkan notifikasi unduhan di Android dan juga bisa berlaku untuk seluruh aplikasi yang diinginkan. Anda bisa menentukan aplikasi mana saja yang hendak diaktifkan dan aplikasi mana saja yang hendak dinonaktifkan . Tutorial diatas juga tidak terbatas hanya pada satu jenis smartphone saja, namun bisa juga berlaku untuk jenis smartphone Android yang lain . Mungkin saja ada sedikit perbedaan tata letak dan nama menu pada masing-masing smartphone Android. Namun tentunya ketika kita memahami salah satu jenis smartphone Android, maka tentunya kita bisa mempraktekkan pada smartphone yang lainnya . Selamat mencoba dan terima kasih .

Baca Juga:   Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *