Home / Elektronika / Cara Menampilkan Subtitle Di TV

Cara Menampilkan Subtitle Di TV

Teknologi TV dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan. Bahkan, perkembangan yang terjadi bukan hanya terletak pada TV saja, namun pada sejumlah teknologi lain seperti teknologi ponsel dan smartphone. Tidak jarang, setiap tahun muncul sebuah produk baru yang memiliki teknologi dan fasilitas yang baru pula. Perkembangan tersebut tentunya erat kaitanya dengan pola pikir manusia dimana mereka selalu berupaya untuk mendapatkan fasilitas yang lebih mudah digunakan di kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk memberikan hiburan sehari-hari adalah media televisi.

Cara Menampilkan Subtitle Di TV

Di jaman dahulu kala bentuk televisi masih sangat jadul yaitu berbentuk tabung. Namun sekarang ini perubahan fisik terjadi pada televisi dimana televisi atau yang kerap disebut TV tersebut memiliki bentuk yang tipis serta ringan sehingga mudah untuk dipindahkan lokasinya. Disamping itu, sejumlah fitur tambahan juga selalu ditanamkan pada televisi jaman sekarang Sehingga TV tersebut memiliki fungsi yang lebih pintar.

Kualitas tampilan dari televisi atau TV sekarang ini juga sangat baik, sudah mendukung resolusi UHT atau Ultra high definition. Tentunya dengan resolusi seperti itu maka kualitas gambar yang dihasilkan akan sangat jernih. Belum lagi dukungan koneksi jaringan wi-fi yang tentunya akan mempermudah proses trimming pada sebuah website. Ukuran televisi untuk saat ini juga sudah cukup lebar, ada yang mencapai 52 inci.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Salah satu hal yang dilakukan oleh para pecinta TV adalah dengan memanfaatkan TV untuk menonton video. Namun kadangkala video Kesayangan yang diputar pada TV tersebut merupakan video luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lain sehingga tidak paham akan arti kata yang diucapkan. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya subtitle atau terjemahan pada film di TV tersebut. Untuk membantu anda di dalam menampilkan subtitle di TV, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menampilkan subtitle di TV tersebut.

Pada TV jaman sekarang, sangat dimungkinkan untuk menampilkan subtitle di TV. Namun, penulis juga tidak menjamin bahwa semua televisi jaman sekarang bisa digunakan untuk menampilkan subtitle pada video yang terpisah filenya. Jadi, kita harus melakukan uji coba untuk menampilkan file subtitle pada televisi, siapa tahu berhasil sehingga Anda lebih mudah di dalam memahami arti kata yang diucapkan di dalam adegan film kesayangan anda.

Cara menampilkan subtitle di TV

Cara menampilkan subtitle di TV yang akan saya bahas pada artikel kali ini menggunakan subtitle yang memiliki format SRT. Format SRT merupakan format default dari subtitle yang sekarang ini sangat populer digunakan. Dengan popularitas format SRT, maka anda akan lebih mudah mendapatkan subtitle pada sejumlah website yang menyediakan kumpulan subtitle untuk sejumlah judul video. Di bawah ini adalah urutan cara menampilkan subtitle di TV, silahkan anda Simak dan praktekkan.

  1. Langkah pertama, silakan Anda tancapkan flashdisk pada komputer. Anda harus memastikan bahwa subtitle yang hendak Anda Tampilkan di televisi sudah anda miliki, lengkap dengan videonya. Wajib untuk dikerjakan pula bahwa samakan nama file video dan nama file subtitlenya. Apabila nama videonya adalah movie terbaru.mp4, maka file subtitlenya juga harus movie terbaru.srt. Pembedanya hanya terletak pada ekspansinya saja, di mana ekstensi file video adalah mp4, sementara ekstensi subtitle adalah SRT.
  2. Pada sejumlah televisi atau TV, walaupun nama file video dan nama file subtitle Sudah sama persis, kadangkala hal tersebut belum juga bisa bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, lebih baik anda taruh file video dan file subtitle dalam satu folder sehingga akan mempermudah televisi mengenali subtitle yang hendak Anda Tampilkan.
  3. Tahap uji coba perlu dilakukan. Silahkan anda tancapkan flash disk yang sudah berisi video tersebut, kemudian Nyalakan televisi dan lakukan pemutaran video yang sudah disatukan tempatnya dengan subtitle. Apabila televisi anda sudah mendukung subtitle, maka biasanya secara otomatis begitu film berjalan, maka subtitle akan mengikuti. Namun, apabila subtitle belum muncul, maka anda bisa mencoba untuk menekan tombol tools, menu ataupun opsi yang berada pada remote control TV. Anda bisa mencari menu Pada televisi yang bisa digunakan untuk pengaturan layar text. Apabila anda sudah menemukan, maka silahkan diaktifkan. Begitu Anda setelah saya mengaktifkan fasilitas atau fitur tersebut, maka video anda sekarang sudah lengkap dengan subtitle pada saat dimainkan.
Baca Juga:   Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

Ternyata cukup mudah tutorial mengenai cara menampilkan subtitle di TV. Bisa disimpulkan secara singkat bahwa untuk menampilkan subtitle di TV, maka anda harus memberikan nama yang sama baik untuk video maupun subtitlenya. Setelah itu, anda cukup memainkan video tersebut di televisi. Ketika televisi anda sudah mendukung fitur untuk menampilkan subtitle, maka secara otomatis subtitle yang terdapat pada flashdisk akan secara otomatis di Loa dan ditampilkan. Terimakasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *