Home / Umum / Alam / Cara Menanggulangi Bencana Alam

Cara Menanggulangi Bencana Alam

Bencana alam bisa datang kapan saja dan dimana saja. Sebagai masyarakat yang peduli akan lingkungan, yang tentunya kita harus berupaya untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi bencana alam supaya kejadian bencana alam bisa diminimalisir seminimal mungkin. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa bencana alam merupakan sebuah peristiwa yang terjadi di alam dan memiliki dampak yang sangat besar bagi populasi baik alam, hewan, serta manusia.

Cara Menanggulangi Bencana Alam

Bencana alam memiliki banyak ragam dan jenis, mulai dari gempa bumi, banjir, badai salju, tsunami dan berbagai macam jenis bencana alam lainnya. Contoh lain yang sering terjadi di wilayah negara Indonesia misalnya adalah kekeringan, tanah longsor, gunung berapi yang meletus. Sementara itu, contoh bencana alam yang terjadi di luar negeri adalah gelombang panas, hujan s, hurican, badai tropis, angin tornado dan berbagai macam jenis bencana alam lainnya.

Contoh bencana alam yang disebabkan diatas adalah contoh bencana alam yang terjadi secara alami. Cara menanggulangi bencana alam secara alami tentunya berbeda dengan cara menanggulangi bencana alam yang muncul secara tidak alami. Beberapa contoh bencana alam yang muncul dengan tidak alami misalnya adalah kekurangan berbagai macam pangan dalam skala yang cukup besar, munculnya kelaparan, kondisi yang disebabkan munculnya benda luar angkasa seperti asteroid maupun badai matahari. Hanya saja, bencana alam yang disebabkan oleh benda-benda dari luar angkasa ini memang jarang sekali terjadi, apalagi di wilayah Indonesia.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Sampah Dengan Bijaksana

Tentunya, dibutuhkan cara menanggulangi bencana alam yang bertujuan supaya apapun jenis bencana alam yang terjadi bisa diminimalisir tingkat kerugiannya. Secara umum, terdapat 3 langkah umum yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara menanggulangi bencana alam, dimulai dari pembuatan sebuah sistem peringatan dini terhadap bencana alam, pengolahan sumber daya alam dengan bijaksana, serta proses pembuatan fisik yang dilakukan dengan baik.

Cara Menanggulangi Bencana Alam

1. Pembuatan sistem peringatan dini

Bencana alam yang terjadi baik di Indonesia maupun di dunia tentunya bisa Kapan saja datang tanpa sepengetahuan dan tidak terduga oleh siapapun juga. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita membutuhkan sebuah alat yang mampu untuk memberikan informasi lebih dini sebagai bagian dari proses penanggulangan dan pencegahan dari bencana alam. Tujuannya adalah supaya dampak buruk serta resiko dari bencana alam tersebut bisa diminimalisir.

2. Pengelolaan sumber daya alam atau SDA

Proses pengelolaan sumber daya alam secara bijaksana dan memanfaatkan dengan baik semaksimal mungkin tentunya akan meminimalkan dampak kerugian yang terjadi di kemudian hari. Beberapa contoh pengelolaan sumber daya alam yang bisa dilakukan dengan bijaksana mulai dari reboisasi atau melakukan penghijauan apa Tidak sembarangan di dalam membuang sampah, menebang pohon di hutan secara bijaksana dan tidak dilakukan dengan liar, di sepanjang pesisir pantai dilakukan Penanaman hutan bakau dan beberapa program pengelolaan sumber daya alam lainnya

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

3. Pembangunan infrastruktur yang baik

Cara menanggulangi bencana alam yang terakhir adalah proses pembangunan infrastruktur yang baik dan mendukung penanggulangan terjadinya bencana alam. Sebagai contoh, pembuatan bangunan yang tahan akan gempa, pembangunan tanggul dengan ketinggian yang cukup serta pokok pembangunan tempat untuk pembuangan sampah yang cukup memadai, serta beberapa pembangunan infrastruktur lain yang mendukung proses penanggulangan bencana alam.

Itulah tiga tahapan didalam cara menanggulangi bencana alam yang bisa kita lakukan bersama guna meminimalisir dampak kerugian yang timbul dari munculnya bencana alam. Mudah-mudahan, informasi singkat ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian sehingga kita bisa terhindar dari dampak dampak negatif yang muncul akibat dari bencana alam. Terima kasih dan selamat berkarya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Curah Hujan

Cara Menghitung Curah Hujan Dengan Cepat Dan Mudah

Di kesempatan yang baik ini, Izinkan saya untuk mengulas tentang cara menghitung curah hujan. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *