Home / Umum / Kesehatan / Cara Menanggulangi DBD Dengan Benar

Cara Menanggulangi DBD Dengan Benar

Menanggulangi DBD atau demam berdarah harus dipahami oleh setiap masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan penyakit DBD merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa mengancam siapa saja. DBD atau demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang dikarenakan oleh sejenis virus dengue yang proses penyebarannya dilakukan oleh nyamuk aedes aegypti dimana nyamuk tersebut bisa berkembang biak di daerah pemukiman yang kumuh.

Cara Menanggulangi DBD

Pada saat nyamuk aedes aegypti tersebut menggigit seseorang yang sebelumnya sudah terinfeksi oleh virus dengue, maka virus tersebut akan ikut masuk kedalam nyamuk. Pada saat nyamuk yang sudah terinfeksi virus dengue tersebut menggigit orang lain, tentu saja virus yang ada di dalam nyamuk aedes aegypti tersebut akan masuk ke dalam aliran darah orang yang digigit tersebut. Jadi, sebenarnya penyakit DBD tidaklah menular dari satu orang ke orang lain apa yang namun ditularkan lewat gigitan nyamuk aedes aegypti.

Sejumlah orang yang mengalami serangan penyakit demam berdarah dalam kondisi ringan tidak mengalami tanda-tanda yang mencurigakan. Rata-rata, gejala DBD akan mulai terlihat setelah 4 sampai dengan 10 hari dari waktu manusia tergigit oleh nyamuk aedes aegypti yang terinfeksi. Lalu, apa saja gejala dan tanda awal demam berdarah yang paling umum terjadi?

Baca Juga:   Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Gejala dan tanda demam berdarah yang paling sering terjadi:

  1. Pasien mengalami demam tinggi sampai dengan 41 derajat Celcius
  2. Pasien merasakan sakit kepala
  3. Pasien merasakan nyeri pada tulang otot serta sendi
  4. Pasien mengalami rasa sakit di bola mata serta rasa nyeri
  5. Munculnya bintik merah atau ruam pada kulit
  6. Pasien mengalami muntah dan mual
  7. Pasien mengalami pendarahan dalam skala kecil pada bagian gusi dan hidung walaupun jarang terjadi

Rata-rata, penyakit demam berdarah akan mulai mereda atau sembuh dalam jangka waktu satu minggu, bahkan lebih. Ketika pasien demam berdarah tidak mendapatkan penanganan khusus dari dokter, dampak negatif yang akan terjadi adalah rusak dan bocornya bagian pembuluh darah. Terjadi penurunan juga pada jumlah gumpalan sel trombosit.

Kondisi tersebutlah yang nantinya akan membuat pendarahan di mulut dan hidung, terus-menerus mengalami muntah, pendarahan pada bagian bawah kulit, mengalami masalah pada hati paru-paru serta jantung. Apabila anda sudah sembuh dari sakit demam berdarah tersebut, maka setelahnya anda akan mempunyai tingkat kekebalan yang cukup baik terhadap virus dengue tersebut. Akan tetapi, tiga virus demam berdarah lainnya masih tetap bisa masuk ke dalam aliran darah anda.

Adapun Resiko yang lebih parah Ketika anda terserang demam berdarah Yang mana lebih dikenal dengan istilah demam berdarah dengue yaitu Ketika anda terinfeksi kembali oleh virus dengue tersebut untuk kedua kalinya, ketiga kalinya bahkan keempat kalinya. Beberapa peneliti dari virus dengue masih berupaya di dalam menemukan vaksin yang paling baik guna mencegah wabah demam berdarah. Untuk sekarang ini kita baru bisa melaksanakan penanggulangan DBD sehingga resiko terserang virus dengue lewat nyamuk aedes aegypti bisa diminimalisir.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Cara menanggulangi DBD dengan benar:

  1. Hindarilah gigitan nyamuk apabila anda hendak bepergian atau tinggal pada wilayah yang mana kondisinya sedang terjangkit wabah demam berdarah.
  2. Cegahlah masuk berbagai macam jenis nyamuk dengan cara menggunakan jaring pada jendela ataupun pada pintu masuk serta memanfaatkan telah. Manfaatkan juga peralatan elektronik seperti AC dan kipas angin.
  3. Pada saat nyamuk banyak yang keluar dari sarangnya, lebih baik anda tidak keluar rumah. Beberapa jadwal dimana nyamuk mulai keluar dari sarangnya adalah pada waktu sore, subuh serta senja. Hindarilah pada waktu-waktu tersebut keluar rumah ketika wabah demam berdarah sedang melanda.
  4. Gunakanlah pakaian yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh anda, seperti celana panjang, kemeja dengan lengan panjang, kaos kaki lengkap dengan sepatunya. Pakaian-pakaian tersebut tentunya akan mampu melindungi kulit anda dari serangan gigitan nyamuk, terutama pada daerah yang populasi nyamuknya cukup ada.
  5. Pakailah obat nyamuk sesuai dengan aturan. Jenis obat nyamuk cukup banyak dan semuanya bisa anda gunakan baik yang menggunakan jenis disemprot maupun dibakar, bahkan dioleskan pada kulit. Apabila anda menggunakan obat nyamuk yang dioleskan pada kulit, Pakailah obat nyamuk yang didalamnya mengandung unsur 10% DEET. Namun harap diingat bahwa bayi ataupun anak-anak yang berumur kurang dari 3 tahun tidak dianjurkan menggunakan obat nyamuk jenis ini.
  6. Kurangi perkembangbiakan nyamuk dengan cara menghilangkan genangan genangan air baik yang ada di dalam rumah maupun yang ada di luar rumah. Hal tersebut disebabkan karena Populasi nyamuk yang membawa virus dengue tersebut rata-rata tinggal di tempat tersebut.
Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Demikianlah pembahasan mengenai cara menanggulangi DBD atau penyakit demam berdarah dengan baik dan benar. Metode ini perlu kita laksanakan secara bersamaan di seluruh wilayah tempat tinggal kita supaya perkembangan nyamuk yang membawa virus dengue bisa diputus. Mudah-mudahan, kita bisa menerapkan beberapa langkah diatas dan tempat tinggal kita bisa terbebas dari adanya nyamuk aides aigepty tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari WHO Dan Peranannya

Arti Dari WHO Dan Peranannya

Marilah kita bahas arti dari WHO serta peranannya. WHO adalah salah satu organisasi PBB serta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *