Home / Umum / Alam / Cara Menanggulangi Erosi Tanah Secara Efektif

Cara Menanggulangi Erosi Tanah Secara Efektif

Salah satu ciri tanah yang subur adalah tanah yang diatasnya tumbuh berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan. Tentunya berkebalikan dengan tanah yang gundul di mana rata-rata tanah gundul memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah dibandingkan dengan tanah yang ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan. Selain itu, tanah yang subur dan tumbuh banyak tumbuh-tumbuhan diatasnya akan lebih sulit terkena erosi. Lalu, Bagaimana cara menanggulangi erosi tanah apabila kondisi tanah sudah terlanjur gundul?

Cara Menanggulangi Erosi Tanah

Sebelum membahas mengenai cara menanggulangi erosi tanah, perlu kita ketahui bersama bahwa rata-rata erosi tanah terjadi akibat dari penggundulan sebuah lahan, misalnya adalah penebangan pohon di hutan secara terus-menerus dan tanpa batas, apalagi jika hal tersebut dilakukan pada area lahan yang memiliki tingkat kemiringan cukup terjal. Apalagi, di musim penghujan tentunya kondisi tanah akan semakin labil yang mana hal tersebut akan sangat mendukung terjadinya erosi tanah.

Bagaimana ciri-ciri tanah yang subur dan baik? Tanah yang subur memiliki tekstur serta struktur tanah yang baik, di mana kondisi butiran-butiran tanah tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Di samping itu tanah yang subur mengandung banyak kadar garam yang berfungsi guna mensuplai kebutuhan tumbuh-tumbuhan yang ada di atasnya. Selain itu, tanah yang subur juga tentunya terkandung banyak air yang nantinya digunakan untuk melarutkan kadar garam yang ada didalamnya.Texture dan struktur tanah terlihat proporsional Jika dilihat dari ukuran partikel yang paling besar bisa didapat di dalam kelompok jenis tanah lempung atau Clay yang mana dari setengah dari masing-masing partikel memiliki ukuran 0.0002 mm sampai dengan seukuran molekul. Struktur tanah merupakan susunan dari butir-butir sebuah tanah.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Energi Air

Secara umum, tanah terdiri dari unsur yaitu 1 sampai 5% bahan organik, 90% Bahan mineral, air, serta 0,9% udara. Beberapa faktor yang memiliki pengaruh terhadap unsur tanah diantaranya adalah komposisi bahan atau batuan induk dan mineral, sifat serta kecepatan dan pembentukan tanah lokal, serta umur dari tanah itu sendiri.

Cara Menanggulangi Erosi Tanah Secara Efektif

Adapun cara menanggulangi erosi tanah secara efektif bisa dilakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Beberapa daerah yang gundul dilakukan penanaman tumbuhan kembali atau sering dikenal dengan istilah reboisasi.
  2. Tidak mengijinkan untuk melakukan penebangan pohon di hutan yang dilakukan secara serampangan dan terus menerus serta dalam jumlah yang banyak.
  3. Pada Bagian lereng gunung ditanami dengan menggunakan tanaman yang berselang-seling atau sering dikenal dengan istilah strip cropping.
  4. Pada tanah pertanian yang memiliki posisi miring, dibuat teras-teras bertingkat atau yang dikenal dengan istilah terasering.
  5. Apabila kita hendak membaca tanah, lakukan berdasarkan garis kontur, dimana nantinya bekas tanah yang dibajak dapat menahan air. Proses ini disebut dengan istilah Contur plowing.
  6. Untuk menanggulangi habisnya unsur hara yang ada di dalam tanah, maka Kita bisa menanam jenis tanaman yang berlainan. Kondisi ini tentunya akan membuat unsur hara tanah yang tersedot selalu berganti sesuai dengan perubahan jenis tanaman. Metode ini disebut dengan istilah crop Rotation.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Banjir Secara Umum

Kesuburan tanah yang digunakan sebagai lahan pertanian tentunya sangat dipengaruhi oleh tingkat erosi sebuah wilayah yang terjadi. Tanah pertanian yang tidak cocok untuk digunakan sebagai media tanam bertani adalah jenis tanah yang sering mengalami erosi. Tingkat kesuburan tanah juga sangat dipengaruhi oleh proses pengaturan pengairan atau drainase pada sebuah lahan. Sebagai contoh, Apabila ada genangan air di atas permukaan tanah, maka hal tersebut akan membuat tingkat kesuburan tanah menjadi terganggu.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh bintarto bahwa permukaan bumi tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya sebagai media tanam karena disebabkan oleh berbagai macam hal. Hal-hal yang bisa mengganggu proses penanaman pohon diantaranya adalah tanah yang tertutup dengan es tebal, misalnya terjadi di wilayah kutub atau di pegunungan yang cukup tinggi.

Beberapa wilayah juga tidak cocok digunakan untuk menanam berbagai macam jenis tanaman yang berfungsi sebagai pencegah erosi diantaranya adalah wilayah yang gersang, wilayah yang memiliki suhu terlalu tinggi seperti di gurun, wilayah yang memiliki tingkat kesuburan rendah. Ada juga beberapa wilayah yang terdiri atas batu Cadas dimana keseluruhan dari wilayah tersebut bentuknya cukup sulit untuk diolah. Hanya Sebagian kecil wilayah saja yang memiliki kemampuan untuk bisa digunakan.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Bencana Alam

Selanjutnya ada juga lahan yang sangat bisa dimanfaatkan oleh manusia dan memiliki nilai potensi yang cukup bagus. Adapun contoh-contoh lahan potensial yang bisa digunakan oleh manusia untuk kepentingan non pertanian diantaranya adalah:

  1. Digunakan untuk membuat industri
  2. Digunakan untuk membuat lokasi perdagangan
  3. Digunakan untuk membuat wilayah pemukiman
  4. Digunakan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas sosial umum seperti prasarana, hiburan, transportasi, serta beberapa fasilitas sosial lainnya.

Demikianlah tutorial mengenai cara menanggulangi erosi tanah secara efektif dan efisien yang bisa Anda coba terapkan di rumah masing-masing. Apabila kebetulan rumah Anda berada di tempat yang tinggi dan cukup dekat dengan lereng, maka Anda harus selalu berhati-hati ketika hujan sedang turun.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Marilah kita membahas tentang fungsi medan magnet pada berbagai macam kegiatan migrasi ataupun perpindahan hewan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *