Home / Umum / Alam / Cara Menanggulangi Longsor Dengan Baik Dan Benar

Cara Menanggulangi Longsor Dengan Baik Dan Benar

Dampak negatif dari terjadinya tanah longsor yang sering melanda sejumlah wilayah di negara Indonesia adalah rusaknya bangunan dan juga tidak sedikit yang memakan korban jiwa. Memang, kita tidak akan pernah mengetahui kapan terjadinya tanah longsor, sementara itu Badan Penanggulangan Bencana sudah sangat sering melaksanakan berbagai macam upaya menanggulangi tanah longsor. Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki rekor permasalahan bencana tanah longsor cukup besar, salah satu contohnya adalah longsor yang terjadi di Banjarnegara pada tahun 2015 yang lalu.

Cara Menanggulangi Longsor

Kejadian tanah longsor rata-rata terjadi pada daerah yang memiliki tanah dengan banyak kelereng serta memiliki kemiringan lebih dari 45 derajat. Namun demikian, wilayah-wilayah daftar juga tentunya memiliki kemungkinan terjadi tanah longsor walaupun peluangnya sangat kecil. Oleh sebab itulah, pemerintah selalu mempersiapkan lokasi pusat siaga bencana di sejumlah wilayah lengan longsor ketika musim sudah menjelang Puncak Hujan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa cuaca ekstrem sering sekali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Tentunya, perubahan iklim itulah yang menyebabkan perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Dampak negatif dari terjadinya perubahan iklim ya itu resiko bencana tanah longsor yang semakin tinggi. Dengan adanya perubahan iklim yang cukup ekstrim, maka sebagai warga negara yang baik kita harus Waspada Terhadap perubahan iklim tersebut. Kita harus hati-hati akan adanya bencana banjir yang rata-rata diikuti dengan bencana tanah longsor.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Efek Rumah Kaca

Tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia juga kerap kali disebabkan karena curah hujan yang sangat tinggi. Berbagai macam fasilitas tentunya akan mengalami kerusakan manakala tanah longsor melanda. Berbagai macam bangunan kadangkala ikut tertimbun oleh longsornya tanah. Dari berbagai macam latar belakang di atas maka tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara menanggulangi longsor yang baik dan benar sehingga bencana tanah longsor bisa diminimalisir sehingga resiko akibat dari terjadinya bencana tanah longsor tersebut juga bisa dikurangi.

Cara menanggulangi longsor dengan baik dan benar:

  1. Beberapa wilayah yang sering terjadi tanah longsor haruslah dikenali. Biasanya, lereng yang curam merupakan daerah yang mudah sekali terjadi longsor.
  2. Jangan membuat bangunan maupun fasilitas umum pada wilayah yang sering terjadi tanah longsor.
  3. Buatlah sebuah sistem drainase yang berfungsi untuk menjaga aliran air yang berasal dari lereng, melewatkan aliran air supaya tidak lewat lereng, mengurangi proses penyerapan air ke dalam lereng serta membuang air yang ada di dalam lereng keluar. Intinya, jagalah sistem drainase supaya tidak mengalami penyumbatan maupun peresapan air kedalam tanah di wilayah sekitar lereng.
  4. Buatlah sistem drainase yang tepat dengan menggunakan terasering. Sistem drainase yang ada pada teras harus dirawat dengan baik supaya tidak menjadi bagian peresapan air kedalam tanah
  5. Melakukan penanaman berbagai macam jenis tanaman yang memiliki akar yang dalam dan juga penanaman pada jarak yang sesuai. Fungsi dari hal tersebut adalah menahan air supaya resiko terjadinya bencana alam tanah longsor bisa diperkecil.
  6. Pondasi yang kuat apabila ingin membuat bangunan sehingga bangunan tersebut bisa lebih kokoh Apabila terjadi bencana tanah longsor.
  7. Cegahlah air masuk dengan cara menutup rekahan rekahan yang ada di sekitar lereng.
  8. Kitabisa mencegah keruntuhan batuan di sekitar lereng dengan cara membuat tanggul penahan atau sering disebut dengan istilah rockfall
Baca Juga:   Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Itulah beberapa tahapan mengenai cara menanggulangi longsor dengan baik dan benar. Mudah-mudahan, setelah kita mengetahui beberapa tahapan diatas maka kita bisa mencoba untuk mengerjakannya supaya resiko dari bencana tanah longsor bisa diminimalisir. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Marilah kita membahas tentang fungsi medan magnet pada berbagai macam kegiatan migrasi ataupun perpindahan hewan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *