Home / Umum / Kesehatan / Cara Menanggulangi Merokok Yang digalakan Pemerintah

Cara Menanggulangi Merokok Yang digalakan Pemerintah

Cara menanggulangi merokok yang digalakkan pemerintah sudah diatur di dalam 7 program penanggulangan. Pada hari Sabtu, tepatnya tanggal 30 Mei 2015 Tjandra Yoga Aditama mengirim email yang berisi 7 program tentang cara menanggulangi rokok tersebut. Tentunya tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan hari dimana tanpa tembakau sedunia di tanggal 31 Mei 2015.

Cara Menanggulangi Merokok

Sebenarnya, pada bungkus rokok yang sudah beredar di pasaran sudah sangat jelas dicantumkan mengenai dampak serta bahaya merokok yang bisa dialami oleh penggunanya. Tulisan mengenai peringatan kesehatan dan ancaman kesehatan yang bakal dialami oleh perokok sudah sangat tertulis dengan jelas. Hanya saja, walaupun peringatan sudah tertulis dengan jelas tetap saja masyarakat baik di Indonesia maupun di dunia menjadi perokok aktif tanpa memperdulikan kesehatannya.

Secara umum, perlawanan terhadap merokok sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia bahkan beberapa organisasi serta kelembagaan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itulah maka pada tanggal 31 Mei selalu dirayakan dan juga dikampanyekan World no tobacco Day Atau kalau di Indonesia lebih kita kenal dengan hari tanpa adanya asap rokok.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Perlu kita ketahui bersama hape World no tobacco Day merupakan salah satu anggota yang berasal dari badan WHO yang mana WHO merupakan badan kesehatan dunia. Oleh sebab itulah bisa dikatakan bahwa berbagai macam bahaya dari merokok merupakan bahaya yang besar dan tidak main-main.

Cara menanggulangi merokok

Dibawah ini adalah beberapa cara menanggulangi merokok yang sudah dikalahkan pemerintah lewat 7 program penanggulangan merokok.

1. Dibuatnya peraturan perundang-undangan

Undang-undang nomor 36 tahun 2009 merupakan salah satu undang-undang yang dimiliki oleh Indonesia dimana undang-undang tersebut berisi tentang kesehatan yang didalamnya terdapat pasal-pasal yang berfungsi untuk mengatur kegiatan merokok. Selain undang-undang nomor 36 tahun 2009, terdapat juga Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 yang mana Peraturan Pemerintah tersebut berisi aturan yang lebih rinci mengenai isi dari undang-undang nomor 36 tahun 2009 yang berfokus pada proses penanggulangan merokok. Selain dua aturan tersebut, terdapat juga peraturan dari Menteri Kesehatan, peraturan dari BPOM atau badan pengawasan Obat dan Makanan serta terdapat juga sejumlah peraturan daerah lengkap dengan aturan dari gubernur, bupati serta walikota.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dan Merdu

2. Mengadakan sejumlah penyuluhan kesehatan untuk masyarakat

Penyuluhan tersebut tentunya berisi materi mengenai dampak negatif dari merokok untuk kesehatan. Berbagai macam media tentunya dimanfaatkan untuk membantu proses penyuluhan tersebut, mulai dari memanfaatkan berbagai macam tempat serta sarana untuk pelayanan kesehatan beserta berbagai macam tempat-tempat umum yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

3. Memberikan peringatan kesehatan dalam bentuk grafis

Pada setiap bungkus rokok selalu dicantumkan gambar-gambar yang berisi tentang peringatan kesehatan yang ditimbulkan dari kegiatan merokok. Peringatan kesehatan dalam bentuk proses tersebut mulai diterapkan di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2014.

4. Aturan tentang iklan rokok

Memang, opini-opini yang terbentuk di masyarakat sangat dipengaruhi oleh munculnya iklan rokok. Bahkan, kegiatan merokok atau tidak juga ikut dipengaruhi oleh iklan tersebut. Untuk itulah di Indonesia sudah dibentuk berbagai macam aturan yang mengatur mengenai iklan iklan rokok baik di media cetak maupun Media elektronik. Walaupun sebagian besar juga terdapat pelanggaran-pelanggaran.

5. Dibentuknya KTR atau kawasan tanpa asap rokok

Guna memberikan wilayah yang bersih dari asap rokok, maka dibuatlah kawasan tanpa asap rokok. Hal tersebut tentunya sebagai salah satu jaminan untuk masyarakat sehingga bisa menghirup dan mendapatkan udara yang sehat, bersih serta bebas dari adanya asap rokok. Hal tersebut terbukti bahwa sekarang ini sudah cukup banyak tempat-tempat ataupun kawasan bebas asap rokok mulai dari bioskop sampai dengan mall-mall yang berukuran cukup besar.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Raksa Dan Alkohol Untuk Mengisi Termometer

6. Bantuan untuk orang yang ingin berhenti merokok

Dalam hal ini, pemerintah juga menyediakan berbagai macam fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat dinikmati oleh setiap orang yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok.

7. Program jaminan kesehatan nasional

Program jaminan kesehatan nasional ini juga bisa dinikmati oleh setiap perokok aktif yang akhirnya jatuh sakit. Perokok yang akhirnya jatuh sakit tersebut nantinya akan ditangani oleh program jaminan kesehatan nasional.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menanggulangi rokok yang sudah dikalahkan pemerintahan Sampai dengan saat ini. Mudah-mudahan, setelah kita mengetahui beberapa cara menanggulangi merokok, maka kita bisa berupaya untuk mengurangi kegiatan merokok. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *