Home / Umum / Alam / Cara Menanggulangi Sampah Dengan Bijaksana

Cara Menanggulangi Sampah Dengan Bijaksana

Masalah sampah merupakan masalah klasik yang sudah terjadi cukup lama di wilayah Indonesia. Dibutuhkan cara menanggulangi sampah dengan bijaksana sehingga masalah sampah ini bisa teratasi dengan cepat dan baik. Bisa dikatakan sampah adalah salah satu bagian yang bisa menimbulkan berbagai macam efek negatif baik di sungai, di jalan serta di dalam rumah. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi tempat-tempat tersebut kerap kali menjadi tempat yang digunakan untuk membuang sampah.

Cara Menanggulangi Sampah

Secara umum, sampah rata-rata berasal dari hasil pembuangan maupun limbah pabrik serta limbah rumah tangga. Lalu, Bagaimana cara menanggulangi sampah yang baik dan benar supaya berbagai macam permasalahan sampah kata-kata sing dan lingkungan tetap dalam kondisi bersih?

Sebenarnya, terdapat berbagai macam cara menanggulangi sampah yang tentunya akan membuat jumlah sampah berkurang. Sebagai contoh, pada sebuah daerah yang memiliki organisasi dengan nama abang sama. Bank sampah ini memiliki fungsi dan tugas guna mengurangi jumlah sampah dengan cara menabung sampah. Apabila kita menabung sampah pada bank sampah tersebut, maka sampah yang kita tabung akan diganti menjadi uang. Sampah sampah yang di tabung tersebut kemudian dijual kembali kepada tukang sampah dengan harga yang tentunya dinaikkan dari harga yang asli. Nantinya, selisih harga dari penjualan sama tersebut akan diberikan kepada penabung sampah.

Baca Juga:   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Habitatnya

Secara umum, ada empat tahapan cara menanggulangi sampah yang bisa kita praktekan di lingkungan tempat tinggal kita. Tahapan cara menanggulangi sampah tersebut disingkat dengan 4R.

4 cara menanggulangi sampah

1. Replace atau mengganti

Pada tahapan ini, kita usahakan untuk mengganti berbagai macam barang yang kita gunakan yang memiliki ketahanan tidak baik dan cepat menghasilkan sampah dengan mengganti barang-barang yang memiliki ketahanan serta keawetan yang baik terbang tentunya menghasilkan sedikit sampah. Sebagai contoh, penggunaan Gelas Kaca. Secara umum Gelas Kaca merupakan barang yang Riskan pecah. Kita bisa mengganti keberadaan Gelas Kaca dengan gelas plastik yang tentunya lebih tahan pecah.

2. Reuse atau memakai kembali

Reuse atau memakai kembali Youtube proses dimana kita menggunakan kembali berbagai macam barang yang sebelumnya telah digunakan sehingga barang-barang tersebut memiliki manfaat yang lebih baik. Sebagai contoh misalnya adalah mainan dan kerajinan tangan.

3. Reduce atau mengurangi

Reduce atau mengurangi adalah sebuah tahapan dimana kita mengurangi pemakaian berbagai macam barang supaya sampah-sampah yang dihasilkan dari proses penggunaan barang tersebut juga ikut berkurang.

Baca Juga:   Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

4. Recycle atau mendaur ulang

Sesuai dengan namanya, kita usahakan untuk melakukan daur ulang sampah menjadi sebuah barang baru yang memiliki manfaat yang sama maupun manfaat yang berlainan. Dengan cara tersebut maka tumpukan sampah yang ada di lingkungan kita akan semakin sedikit dan tentunya permasalahan sampah akan semakin diminimalisir.

Selain cara menanggulangi sampah di atas, ada beberapa tahapan lagi yang bisa kita lakukan guna mengurangi masalah sampah yang kadangkala sudah menumpuk di mana-mana. Beberapa cara menanggulangi sampah yang lain adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan penimbunan sampah

Sampah-sampah yang banyak berserakan tentunya bisa kita timbun di bawah tanah. Tujuan dari proses penimbunan sampah adalah supaya proses penguraian sampah bisa berlangsung dengan cepat dan tentunya sebagai antisipasi dari munculnya bau yang tidak sedap yang berasal dari sampah. Sampah yang boleh ditimbun adalah jenis sampah organik.

2. Proses pembakaran sampah

Sebenarnya, proses pembakaran sampah ini tidaklah dianjurkan, namun bisa digunakan untuk mengurangi timbulnya tumpukan sampah. Tujuan dari pembakaran sampah ini sebenarnya untuk menghilangkan sampah sampah yang berserakan, namun nantinya akan timbul permasalahan baru yaitu pencemaran udara.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

3. Proses pengelompokan sampah

Proses pengelompokan sampah nantinya akan dilakukan guna memisahkan atau mengelompokkan jenis-jenis sampah yaitu sampah anorganik dan sampah organik. Tujuan dari pengelompokan sampah ini adalah supaya proses daur ulang bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Itulah beberapa cara menanggulangi sampah yang bisa kita lakukan bersama supaya kondisi lingkungan tempat tinggal kita bisa lebih bersih dan terjaga dari berbagai macam sampah yang berserakan yang mana hal tersebut bisa mengganggu pemandangan serta membuat udara di lingkungan kita menjadi tidak sedap. Terima kasih dan selamat berkarya.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Apakah anda sudah mengerti arti dari bunga? Tentunya, berbagai macam bunga yang ada di dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *