Home / Umum / Alam / Cara Menanggulangi Tsunami Dan Mengenal Penyebabnya

Cara Menanggulangi Tsunami Dan Mengenal Penyebabnya

Sebelum kita membahas Bagaimana cara menanggulangi tsunami serta mengenal beberapa penyebabnya, marilah kita terlebih dahulu membahas apa sebenarnya tsunami Secara umum. Tsunami merupakan sebuah bencana alam yang terjadi disebabkan oleh adanya sebuah gangguan impulsif di dalam air laut yang mana hal tersebut terjadi akibat adanya perubahan dari bentuk dasar laut dengan cara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi akibat dari tiga sebab, diantaranya adalah adanya letusan gunung berapi, adanya gempa bumi, Serta adanya land slide atau longsoran yang terjadi pada dasar laut.

Cara Menanggulangi Tsunami

Diantara ketiga penyebab terjadinya tsunami di atas, gempa bumi adalah salah satu penyebab utama dari terjadinya tsunami. Karakteristik Gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat mempengaruhi besar kecilnya munculnya gelombang air tsunami. Semakin besar gempa yang terjadi di dasar laut, maka ketinggian gelombang tsunami juga akan semakin besar.

Gempa bumi juga merupakan salah satu penentu dari munculnya gangguan impulsif yang bisa menyebabkan gelombang tsunami besar. Selain gempa bumi, terjadinya erupsi vulkanik bisa juga menyebabkan tsunami Dahsyat. Contohnya yaitu terjadinya letusan pada Gunung Krakatau yang terjadi di tahun 1883.Gempa bumi yang terjadi di dasar laut akan menyebabkan terjadinya gangguan air laut. Hal tersebut dikarenakan terjadinya perubahan profil pada dasar laut.

Baca Juga:   Cara Hewan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

Perubahan profil pada dasar laut secara umum dikarenakan munculnya gempa bumi tektonik yang dapat menimbulkan adanya gerakan atau pergeseran tanah secara tegak lurus dengan permukaan bumi atau permukaan air laut. Ketika pergerakan tanah terjadi secara horizontal dengan permukaan bumi atau permukaan laut, maka gelombang tsunami tidak akan terjadi.

Ketika terjadi gempa pada dasar laut, walaupun pergerakan tanah terjadi secara horizontal, jika kekuatan dari gempa tersebut cukup besar, tentu saja bisa membuat tebing-tebing ataupun Bukit di dasar laut runtuh. Gerakan dari reruntuhan bukit-bukit ataupun tebing-tebing di dasar laut merupakan gerakan tegak lurus dengan permukaan bumi ataupun permukaan laut. Dengan demikian, kondisi ini tetap bisa menimbulkan gelombang tsunami karena reruntuhan tersebut membuat kondisi dasar laut menjadi tidak stabil dan tentunya akan mengganggu gaya gravitasi Dan juga air laut. Contoh kondisi ini terjadi Pada tahun 1976 di Larantuka serta pada tahun 1980 di Padang.

Beberapa jenis gempa yang memiliki kemungkinan bisa menyebabkan tsunami adalah:

  1. Pusat gempa terjadi di kedalaman kurang dari 60 km
  2. Gempa tersebut terjadi pada dasar laut
  3. Pergeseran gempa masuk ke dalam golongan sesar turun atau sesar naik. Kondisi seperti ini rata-rata terjadi di zona sesar dan zona bukaan
  4. Kekuatan gempa yang terjadi lebih dari 6 skala Richter
Baca Juga:   Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungannya

Cara menanggulangi tsunami bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Evakuasi secara intensif perlu pertama kali dilakukan supaya masyarakat disekitar terselamatkan
  2. Pengungsi dikelola dengan baik dan benar
  3. Apabila ada orang yang hilang, maka harus dilakukan pencarian secara terus menerus
  4. Melakukan proses pengumpulan jenazah
  5. Menghidupkan kembali jalur logistik serta melakukan proses pendistribusian dan resupply bahan logistik berbagai macam barang-barang yang diperlukan
  6. Jalur dan jaringan komunikasi antar kota atau antar daerah yang terhambat atau mengalami kerusakan harus dipulihkan secepatnya
  7. Kondisi kota yang rusak, banyak lumpur dan penuh dengan puing-puing harus segera dibersihkan
  8. Memanfaatkan berbagai macam dana baik dari pemerintah Maupun dana hasil sumbangan dengan sebaik-baiknya untuk proses penanggulangan tsunami
  9. Melibatkan peranan Civil Society dan menyambutnya secara baik

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menanggulangi tsunami dan mengenal apa saja yang menjadi penyebab tsunami. Mudah-mudahan informasi singkat pada artikel Ini bisa memberikan wawasan dan ilmu baru bagi pengunjung sekalian. Terima kasih, semoga kita selalu dijaga agar tidak terkena bencana tsunami dan selalu dalam kondisi aman. Terima kasih dan salam sukses untuk anda sekalian.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Artikel menarik lainnya

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Marilah kita membahas tentang fungsi medan magnet pada berbagai macam kegiatan migrasi ataupun perpindahan hewan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *