Home / Tips dan Trik / Cara Mendengarkan Radio Di PC Tanpa Internet

Cara Mendengarkan Radio Di PC Tanpa Internet

Apakah ada cara mendengarkan radio di PC tanpa internet? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang sering Saya dengar belakangan ini. Secara teori, mendengarkan radio di PC tanpa internet merupakan sesuatu hal yang sangat mustahil. Apalagi, jika radio yang ingin anda dengarkan adalah radio online yang mana data dari radio online tersebut tentunya disalurkan melewati koneksi internet.

Cara Mendengarkan Radio Di PC Tanpa Internet

Sampai dengan saat ini, mendengarkan radio di PC tanpa internet Belumlah ada. Semua radio online yang disiarkan melalui PC haruslah menggunakan koneksi internet. Termasuk adalah aplikasi yang dibutuhkan untuk mendengarkan radio di PC juga belum lah ada apabila tidak menggunakan koneksi internet.

Lalu, apabila kita memang tidak bisa memiliki koneksi internet Apakah masih ada peluang kecil yang mana PC yang kita miliki tersebut bisa digunakan untuk mendengarkan radio? Jawabannya adalah bisa. Namun, yang perlu kita ketahui bersama Apabila kita ingin mendengarkan radio divisi tanpa internet adalah Stasiun Radio yang bisa kita dengarkan jumlahnya Tidaklah terlalu banyak, dan Stasiun Radio yang bisa kita Dengarkan adalah stasiun radio FM yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Untuk bisa mendengarkan radio di PC tanpa internet, tentunya kita harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan supaya kita bisa mendengarkan radio di PC tanpa internet adalah TV Tuner internal. Pentingnya perangkat TV Tuner internal ini bukanlah perangkat yang asing bagi kita. TV Tuner internal adalah salah satu alat yang ada pada komputer di mana alat tersebut berfungsi untuk mengubah sinyal analog baik sinyal televisi maupun radio ke sinyal digital yang nantinya diolah oleh komputer untuk ditampilkan sebagai siaran televisi maupun siaran radio.

Anda bisa membeli TV Tuner internal di toko komputer. Untuk memasang TV tuner internal di komputer juga bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa mengikuti langkah demi langkah yang ada pada waktuku manual TV Tuner internal tersebut. Apabila Anda masih bingung didalam memasang TV tuner internal, maka silahkan anda ikuti beberapa tutorial dasar cara memasang TV tuner internal di komputer.

Cara memasang TV tuner internal di komputer

  1. Langkah pertama, silakan Anda buka casing komputer dan temukan slot ekspansi yang cocok dengan jenis TV Tuner internal yang Anda beli. Biasanya TV Tuner internal bisa dipasang pada slot PCI. Beberapa TV Tuner internal menggunakan slot PCI Express 1X untuk mendapatkan performa maksimal.
  2. Setelah selesai memasang TV tuner internal pada slot yang sesuai, maka silahkan anda Nyalakan komputer
  3. Pasang kabel antena external ke bagian input antena pada TV Tuner internal.
  4. Selanjutnya, Silahkan lakukan instalasi driver dan software aplikasi bawaan dari TV tuner internal tersebut.
  5. Jalankan software aplikasi dari TV tuner internal, dan anda bisa menemukan aplikasi televisi dan juga aplikasi radio.
  6. Apabila diperlukan, lakukan scanning baik pada channel televisi maupun pada channel radio.
Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Di Iphone Secara Offline

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mendengarkan radio di PC tanpa internet. Perlu ditegaskan kembali bahwa Stasiun Radio yang bisa didapat daripenggunaan TV Tuner internal ini Tidaklah terlalu banyak. Hanya stasiun Radio FM lokal saja yang bisa diterima menggunakan TV Tuner internal. Namun demikian, tentunya channel-channel dari stasiun radio tersebut tidaklah membutuhkan kuota internet sehingga Anda bisa mendengarkan secara gratis selama 24 jam sehari selama stasiun radio tersebut tidak tutup. Mudah-mudahan, informasi sederhana ini bisa menambah wawasan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Mikrometer

Cara Mengukur Mikrometer Yang Perlu Dipahami Setiap Orang

Alat mikrometer memang bukanlah alat umum yang diketahui oleh setiap masyarakat. Hanya beberapa bidang pekerjaan …

One comment

  1. apakah sinyal radio mengandung sinyal internet?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *