Home / Jaringan / Internet / Cara Mendengarkan Radio Streaming

Cara Mendengarkan Radio Streaming

Sebelum kita membahas mengenai cara mendengarkan radio streaming, marilah kita tengok terlebih dahulu keberadaan radio di jaman sebelum populer seperti sekarang ini. Di zaman dahulu sebelum era digital atau era Milenium seperti saat ini, keberadaan radio sangat dikenal di kalangan masyarakat, mulai dari Orang tua, remaja hingga anak-anak. Radio juga tidak hanya dikenal oleh masyarakat perkotaan, namun juga di masyarakat pedesaan. Disaat itulah radio berada pada puncak kepopulerannya sehingga banyak sekali yang memiliki aktivitas rutin mendengarkan radio setiap hari. Pada saat itu, internet Belumlah terpopuler sekarang ini. Oleh sebab itu radio bisa dikatakan sebagai salah satu media hiburan yang sangat membantu menghilangkan di masyarakat.

Cara Mendengarkan Radio Streaming

Selain radio, memang ada alternatif lain yang bisa dijadikan sebagai media hiburan, yaitu player pemutar kaset dan juga bayar CD. Media-media itulah yang sangat berperan aktif di dalam menghibur masyarakat baik yang ada di pedesaan maupun di perkotaan. Pada saat itu radio bahkan Sangat bermanfaat untuk mempererat jalinan pertemanan, berbagai informasi mengenai lingkungan dan lalu lintas serta berbagai macam hal lainnya.

Disaat internet belum populer Stasiun Radio masih memakai alat-alat yang cukup sederhana. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena belum adanya peralatan-peralatan model digital seperti pada saat sekarang ini. Oleh sebab itulah aktivitas mendengarkan radio tentunya masih memakai metode konvensional dan seadanya. Oleh sebab itulah radio hanya bisa dinikmati dan didengar memakai peralatan radio penerima atau radio transistor.

Baca Juga:   Cara Menghapus Data Google Drive Yang Sudah Penuh

Radio adalah salah satu peralatan elektronika yang bisa dikatakan sangat sederhana, akan tetapi sangat bermanfaat dan juga sangat praktis. Oleh sebab itulah radio bisa dikatakan sebagai penunjang sarana hiburan, pendidikan, informasi, serta berperan sebagai media sosial pada saat itu. Walaupun eranya telah bergeser, radio tentunya tidak akan mengalami kepunahan. Bahkan eksistensi dari radio sekarang ini selalu bertambah.

Hanya saja perkembangan radio sekarang ini bukan lagi menggunakan metode konvensional, namun sudah berpindah ke metode digital. Radio di zaman sekarang ini sudah banyak menggunakan media internet sebagai sarana untuk memancarkan siarannya. Radio internet lebih dikenal dengan istilah radio streaming.Radio streaming merupakan sebuah teknologi radio yang diintegrasikan dengan internet. Oleh sebab itu, radio streaming tentunya bisa diakses dan didengar oleh siapapun di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Syaratnya adalah kita memiliki koneksi internet dan bisa mengakses audio streaming.

Lalu, Bagaimana cara mendengarkan radio streaming itu? Tentunya disediakan berbagai macam metode yang bisa anda terapkan guna mengakses layanan radio streaming. Karena aksesnya sudah menggunakan internet, maka jangkauan channel yang bisa diakses dari radio streaming sangatlah banyak. Anda diberikan keleluasaan untuk memilih dan memilah channel-channel mana yang hendak di dengar.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Online dan Gratis

Cara mendengarkan radio streaming

  1. Cara pertama bisa dilakukan menggunakan software Browser yang bisa langsung diakses melalui komputer. Tentunya apabila anda memiliki komputer yang terkoneksi dengan internet lembaga hanya dengan bermodalkan software browser saja Anda bisa langsung mendengarkan radio streaming dengan cara mengunjungi website radio streaming kesayangan anda.
  2. Cara yang kedua bisa dilakukan dengan cara mengunjungi blog ataupun Website yang sudah mensubmit fasilitas radio streaming. Radio streaming yang banyak tersebar di internet tentunya bisa dijamin oleh beberapa blog atau website sehingga pengunjung dari website atau blog bisa mendengarkan langsung tanpa harus mengunjungi website resmi dari radio streaming tersebut.
  3. Cara yang ketiga bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas media player yang ada di komputer. Rata-rata Media Player seperti Windows Media Player, VLC, Winamp dan media player lainnya memiliki fasilitas dan dukungan untuk mendengarkan radio streaming. Anda bisa memanfaatkan software tersebut untuk mengakses radio streaming secara langsung.
  4. Cara yang keempat adalah dengan memakai software aplikasi radio online. Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, tentunya Anda harus mendownload aplikasi radio online terlebih dahulu supaya Anda bisa menikmati siaran radio streaming. Tentunya anda tidak perlu khawatir karena software aplikasi radio bisa gratis anda dapatkan. Software aplikasi gratis radio online juga disediakan dalam banyak versi, terutama untuk pengguna komputer dan pengguna smartphone Android Dan Iphone.
Baca Juga:   Inilah Situs File Sharing Gratis Yang Harus Diketahui

Itulah ringkasan mengenai cara mendengarkan radio streaming yang bisa saya bahas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan 4 cara mendengarkan radio streaming di atas Bisa Anda coba Terangkan dan anda manfaatkan salah satu dari metode di atas sehingga Anda bisa menikmati siaran radio streaming dengan nyaman dan aman. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *