Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

Knalpot adalah salah satu bagian sepeda motor yang jarang sekali mengalami permasalahan. Namun, walaupun demikian tentunya knalpot bisa saja mengalami kerusakan, salah satunya adalah kebocoran. Selain mengurangi tenaga dari sepeda motor itu sendiri, masalah kebocoran pada knalpot juga akan membuat suara gas buang dari sepeda motor menjadi kurang nyaman didengar. Dari latar belakang itu pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas sedikit mengenai cara mengatasi knalpot bocor paling benar yang bisa anda aplikasikan sendiri apabila anda mengalaminya.

Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Cara mengatasi knalpot bocor pada motor bukanlah hal yang baru bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang sudah menggemari dan menekuni dunia otomotif sepeda motor.berbagai macam permasalahan pada bagian knalpot tentunya kerap mereka dapati dan tentunya kerap mereka perbaiki. Dengan memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif sepeda motor, tentunya masalah kecil pada knalpot yang bocor bisa ditangani dengan cepat dan mudah.

Apabila sebuah knalpot pada sepeda motor mengalami kebocoran, tentunya bisa berpengaruh pada komponen-komponen sepeda motor lainnya. Sebagai contoh, ketika kebocoran knalpot sepeda motor dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka tentu saja kondisi mesin sepeda motor akan terpengaruh. Salah satu contoh kecil adalah dengan semakin melemahnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor. Biasanya, pada saat digunakan untuk menanjak akan terasa sangat berat.

Knalpot yang bocor pada sepeda motor juga tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin boros. Oleh sebab itu alangkah baiknya apabila secepatnya kita belajar bagaimana cara memperbaiki knalpot motor sehingga apabila suatu saat nanti kita menjumpai permasalahan knalpot bocor pada sepeda motor yang kita miliki, kita dengan mudah bisa memperbaikinya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Knalpot bocor memang bisa dengan mudah diperbaiki dengan cara mengganti dengan knalpot yang baru. Cara ini adalah cara yang paling efektif dan paling mudah dilakukan untuk mengatasi knalpot yang bocor. Namun, cara ini tentunya tidak hemat karena harga dari knalpot itu sendiri cukup mahal. Apabila adalah alternatif lain, yang tentu lebih murah, maka kita bisa menerapkannya.

Tentunya kita bisa memilih metode yang kira-kira bisa memperbaiki knalpot yang bocor, namun dengan biaya yang paling ringan. Untuk metode yang paling ringan di dalam memperbaiki knalpot yang bocor adalah dengan menambahnya. Cara menambal knalpot bocor tentunya bisa dipelajari lantaran proses menambal knalpot yang bocor tidak serumit yang kita bayangkan.

Baiklah, untuk menyingkat waktu dibawah ini adalah beberapa cara memperbaiki knalpot motor bocor yang bisa anda coba aplikasikan pada sepeda motor yang kebetulan sedang mengalami masalah tersebut.

Cara mengatasi knalpot bocor:

  1. Aluminium Foil

    Bagian knalpot sepeda motor yang paling riskan mengalami kebocoran adalah pada bagian packing. Kita bisa memanfaatkan Aluminium Foil untuk mengganjal bagian packing knalpot. Alasan penggunaan Aluminium Foil untuk mengganjal bagian packing knalpot adalah karena Aluminium Foil merupakan bahan yang tahan panas sehingga tentunya akan awet digunakan mengganjal packing knalpot tersebut.
    Cara yang digunakan untuk mengganjal packing knalpot menggunakan Aluminium Foil adalah dengan cara melipat kertas Aluminium Foil sampai dengan berbentuk seperti tali, lalu tinggal dilanjutkan dengan cara membulatkan sehingga membentuk lingkaran. Silahkan anda memasang Aluminium Foil yang telah dibentuk tadi pada bagian packing sehingga bagian tersebut bisa rapat oleh gulungan Aluminium Foil.

  1. Plastik Steel

    Plastik Steel juga salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Cara memasang plastik Steel untuk menambal knalpot yang bocor juga cukup mudah, yaitu dengan meletakkan plastik Steel pada bagian knalpot yang bocor. Plastik Steel di dalam menambal knalpot yang bocor sifatnya adalah sementara. Artinya, apabila suatu saat nanti anda ingin menambal knalpot dengan bahan Aluminium, maka bagian plastik Steel yang digunakan untuk menambal sementara tersebut bisa dihilangkan dengan mudah.

  2. Lem Besi

    Cara mengatasi knalpot bocor yang berikutnya adalah dengan menggunakan lem besi. Lem besi adalah salah satu jenis lem yang cukup mudah ditemukan di toko-toko bangunan. Apabila kita hendak melakukan pengeleman pada bagian knalpot yang bocor, maka pastikan bagian tersebut sudah bersih serta kering dan terhindar dari berbagai macam jenis kotoran. Tahapan yang dilakukan di dalam mengaplikasikan lem besi untuk menambal knalpot yang bocor adalah dengan cara mencampurkan lem putih dan lem hitam secara merata dan kemudian menempelkannya pada bagian knalpot yang bocor.

  3. Seal Tape Aluminium

    Cara menambal knalpot buat yang terakhir adalah dengan menggunakan Seal Tape Aluminium. Seal Tape Aluminium ini banyak digunakan untuk menambah berbagai macam peralatan dapur seperti panci, wajah serta bisa juga digunakan untuk menambal kebocoran yang biasanya terjadi pada atap rumah.
    Ternyata, Seal Tape Aluminium juga bisa digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu anda cukup melepas bagian perekat/ pelindung Seal Tape Aluminium yang ada di atas lalu menempelkannya pada knalpot yang berlubang atau bocor tersebut. Setelah itu, silahkan anda nyalakan sepeda motor sampai kira-kira setengah jam dengan tujuan supaya Seal Tape Aluminium tersebut bisa dengan kuat menempel pada bagian knalpot yang bocor.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengatasi knalpot bocor yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini dengan harapan apabila anda menemukan masalah dengan knalpot sepeda motor anda, anda sudah tidak perlu lagi bingung-bingung tidaklah mengatasinya. Di samping itu, anda juga bisa mencoba memperbaiki terlebih dahulu knalpot yang bocor tersebut tanpa harus membeli knalpot baru yang harganya relatif cukup tinggi tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *