Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Cara mengecat motor sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan. Bahkan sebenarnya cara-cara mengecat motor ini bisa dilakukan oleh siapapun baik oleh pemula maupun oleh yang sudah profesional di bidang pengecatan sepeda motor. Yang dibutuhkan dalam proses pengecatan sepeda motor supaya bisa didapat hasil yang maksimal adalah kita harus memiliki keuletan serta kesabaran yang tinggi karena cara mengecat body motor tentunya membutuhkan beberapa tahapan yang harus dikerjakan dalam jangka waktu tertentu.

Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Cara mengecat motor sendiri membutuhkan berbagai macam pengetahuan, tehnik, serta beberapa informasi lain terkait dengan bahan material yang digunakan pada sepeda motor itu sendiri. Tentunya, cara mengecat body motor berbahan plastik akan berbeda dengan cara mengecatbody motor dengan bahan besi atau alumunium. Oleh sebab itulah, anda dituntut untuk mengetahui secara umum sifat-sifat material dari bahan dasar sepeda motor. Tujuan dari mempelajari sifat-sifat material bahan dasar sepeda motor bentuknya Supaya hasil pengecatan yang akan didapat nantinya lebih maksimal.

Sekarang ini berbagai macam jenis sepeda motor banyak diproduksi di pasaran. Pada sepeda motor matic, pada sepeda motor Vespa, ada sepeda motor bebek dan juga ada sepeda motor sport. Cara mengecat motor Vespa secara khusus tentunya berbeda dengan cara mengecat motor bebek ataupun sport. Namun, apabila kita tengok tahapan-tahapan umum di dalam proses pengecatan sepeda motor, maka akan didapat alur yang sama.

Dari latar belakang di atas, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengecat motor menggunakan kompresor. Tujuan dari tutorial cara mengecat motor dengan kompresor ini dikarenakan alat semprot kompresor akan memiliki kemampuan yang baik di dalam mendorong butiran-butiran Cat ke bodi sepeda motor Sehingga nantinya cat akan dapat menempel kuat pada body motor. Hal tersebut tentunya akan memilih efek dimana cat motor tersebut akan menempel lebih kuat dan tahan lama.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

Baiklah, Berikut ini adalah cara mengecat motor yang benar:

Sebelum kita mempelajari bagaimana cara mengecat motor yang bagus dan benar, Alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu beberapa bahan dasar yang harus disediakan oleh Anda supaya proses pengecatan sepeda motor bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Bahan-bahan untuk kegiatan mengecat sepeda motor:

  1. 1 kaleng thinner
  2. Satu kaleng cat motor
  3. 1 pcs clear coat
  4. 1 pcs Boxing
  5. Amplas khusus sepeda motor secukupnya
  6. Dempul secukupnya
  7. Kompon atau kit secukupnya

Selain bahan di atas, sediakan pula alat-alat sebagai berikut:

  1. Satu unit kompresor angin
  2. Satu unit sped cat
  3. Selang angin dengan panjang secukupnya

Setelah semua alat dan bahan untuk proses pengecatan sepeda motor disiapkan, marilah kita mulai Langkah Demi Langkah mengecat sepeda motor supaya menghasilkan hasil pengecatan yang mengkilap dan maksimal. Tentunya cara mengecat body motor agar mengkilap harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati supaya pekerjaan kita tidak sia-sia.

1. Cara pertama

Pada Tahapan pertama pengecatan sepeda motor, proses pengamplasan perlu dilakukan di seluruh permukaan bodi yang akan dicat. Proses pengamplasan pada permukaan body sepeda motor bertujuan supaya body sepeda motor bisa kembali halus sehingga cat bisa menempel dengan rata dan sempurna. Anda tentunya boleh menyesuaikan tingkat kehalusan Amplas Sehingga nantinya permukaan body sepeda motor yang akan dicat bisa cepat halus.

Ukuran Amplas body sepeda motor berbahan material plastik tentunya berbeda dengan yang berbahan dasar material aluminium. Sebagai contoh apa yang misalkan kita akan mengamplas permukaan body sepeda motor berbahan plastik bisa menggunakan amplas dengan ukuran 400. Sementara itu, apabila kita hendak mengamplas body sepeda motor yang berbahan besi ataupun aluminium maka kita bisa menggunakan amplas yang memiliki ukuran 200

2. Cara kedua

Setelah anda menyelesaikan proses pengamplasan pada permukaan body sepeda motor, maka tahapan berikutnya adalah melakukan penyemprotan epoxy. Sebelum anda menyemprotkan epoxy apa yang maka tentunya Anda harus mencampurkan epoxy menggunakan thinner terlebih dahulu. Tingkat kekentalannya bisa anda sesuaikan, asal jangan terlalu kental dan juga jangan terlalu encer. Kombinasikan kekentalan yang sedang-sedang saja. Tujuan dari penggunaan epoxy ini adalah gunung menutup bagian pori-pori supaya nantinya bagian permukaan bodi sepeda motor yang akan dicat semakin rata dan halus.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Kadangkala, setelah kita melakukan penyemprotan menggunakan epoxy dan sudah mulai mengering maka kita menemukan bagian dari pori-pori yang tidak tertutup secara sempurna. Biasanya hal tersebut disebabkan karena adanya permukaan yang kurang rata, akibat dari adanya goresan pada body sepeda motor ataupun karena lecet. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menutup bagian yang tidak sempurna tersebut menggunakan dempul.

Setelah dempul kering, maka kita bisa melakukan pengamplasan ulang sampai dengan didapat hasil permukaan body sepeda motor yang rata dan halus. Kemudian penyemprotan menggunakan epoxy bisa diulang kembali sampai dengan dempul tertutup dengan benar-benar rata.

Pastikan bahwa proses penyemprotan epoxy yang kedua ini sudah dilakukan dengan sempurna dan tidak ada bagian pori-pori yang terbuka. Apabila anda sudah memastikan bahwa hasil penyemprotan menggunakan epoxy sudah sempurna, maka anda bisa melakukan pemanasan hasil penyemprotan sampai benar-benar kering. Untuk memastikan proses penyemprotan epoxy benar-benar kering, kita bisa menunggu 1 kali 24 jam.

3. Cara ketiga

Tahapan ketiga ialah proses penyemprotan body sepeda motor menggunakan cat dasar. Jangan lupa untuk mencampur cat dengan menggunakan thinner dengan jumlah yang disesuaikan supaya tingkat kekentalan dari cat dasar tersebut bernilai jangan terlalu kental dan juga jangan terlalu encer. Lakukan penyemprotan cat dasar pada seluruh permukaan bodi sepeda motor dengan rata dan pelan-pelan saja supaya hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan. Tunggulah beberapa saat hingga cat dasar mengering

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

4. Cara keempat

Setelah dipastikan cat dasar sudah benar-benar kering, kita bisa melanjutkan proses penyemprotan clear. Untuk jenis-jenis ini disediakan 2 campuran, yaitu menggunakan thinner dan menggunakan obat Clearnya. Untuk tingkat kekentalannya juga harus dipaskan saja dan disesuaikan dengan kebutuhan apa yang tidak encer dan juga tidak kental. Setelah clear disemprotkan pada seluruh bagian permukaan body motor, maka proses Menunggu supaya cat tersebut benar-benar kering juga harus dilakukan. Tujuan dari pengeringan tersebut Supaya hasil yang didapat benar-benar maksimal dan tidak mengecewakan.

Sebagai catatan, Kadangkala kita dibingungkan dengan pilihan berbagai macam merk cat, dempul, tiner dan juga clear. Untuk masalah ini, silahkan anda sesuaikan saja dengan kondisi masing-masing dan juga menyesuaikan dengan kantong anda.

5. Cara kelima

Cara yang kelima ini bisa dikatakan sebagai cara untuk membuat supaya body lebih mengkilap. Cara mengecat body biar mengkilap ini Tentunya butuh proses yang cukup muda Asalkan kita benar-benar paham di dalam mengerjakannya. Cara cara ini diawali dengan tahapan mengkompon atau memoles. Tujuan dari mengompon atau malas ini adalah menghilangkan debu debu serta kotoran lain yang ada di permukaan body yang baru saja dicat. Setelah Anda selesai melakukan kompon pada permukaan body sepeda motor, maka akan terlihat yang cukup mencolok dari hasil pengecatan yang Anda kerjakan tersebut.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara mengecat motor yang baik dan benar sehingga warna dari sepeda motor yang anda miliki bisa kembali mengkilap dan tidak kusam lagi. Mudah-mudahan tutorial mengenai cara mengecat body motor dengan kompresor yang saya bahas pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan kepada anda gambaran gambaran secara umum Langkah Demi Langkah mengembalikan warna cat sepeda motor yang sudah kusam. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *