Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Ertiga Matic Dengan Memahami Fungsi Overdrive

Cara Mengendarai Ertiga Matic Dengan Memahami Fungsi Overdrive

Cara mengendarai Ertiga matic mungkin bisa dikatakan mirip dengan cara mengendarai mobil mobil matic pada umumnya. Hanya saja, apabila kita tengok pada bagian perseneleng Suzuki Ertiga matic, kita akan menemukan sesuatu yang berbeda. Hal tersebutlah yang membuat Suzuki Ertiga matic memiliki perbedaan pada bagian transmisi dengan transmisi pada mobil matic lainnya. Apabila anda perhatikan pada bagian tuas persneling di Ertiga matic, anda akan menemukan sebuah tombol berwarna hitam yang disebut dengan fitur overdrive.

Cara Mengendarai Ertiga Matic

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari fitur overdrive tersebut? Pada pembahasan kali ini yang mengolah cara mengendarai Ertiga matic dengan cara memahami fungsi overdrive, saya akan ulas sedikit mengenai fitur tersebut. Overdrive pada Ertiga matic memiliki kegunaan yaitu guna menurunkan gear position serta melakukan penahanan pada posisi Gear supaya tidak naik Sehingga kecepatan putaran mesin semakin tinggi yang nanti membuat meningkatnya torsi mesin. Hal tersebut juga sudah di disampaikan oleh Joko Utomo selaku tes di PT Suzuki Indomobil yang memangku jabatan sebagai general manager marketing brand.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Agya Matic Dengan Mudah

Cara Mengendarai Ertiga Matic

Tentunya, untuk urusan perjalanan menanjak, fitur dari overdrive yang ada di Ertiga matic Janganlah berguna. Dengan adanya fitur tersebut, dengan enteng Ertiga matic akan melalui tanjakan-tanjakan tersebut tanpa kehilangan tenaga dan ngos-ngosan. Langkah di dalam mengaktifkan fungsi dari overdrive juga amatlah mudah, Yaitu anda cukup menekan tombol berwarna hitam yang ada di bagian sisi kanan di tuas persneling ketika anda sedang berkendara dengan posisi gear di “D”.

Setelah itu, anda cukup berkendara seperti biasa dengan cara menginjak pedal gas. Manfaat dari fitur overdrive di Ertiga matic ini akan terasa ketika mobil dibawa untuk menanjak dan membutuhkan tenaga yang cukup besar.

Secara umum, fungsi dari overdrive di Ertiga matic amatlah berguna. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Ertiga matic sudah disediakan transmisi otomatis yang memiliki modal empat kecepatan konvensional. Di dalam mesinnya, Ertiga matic masih menggunakan K14B VVT yang memiliki kapasitas1.4 liter dengan tenaga 95 psyang sama-sama ditanamkan pada Ertiga manual. Jadi sekarang anda sudah paham bukan fungsi dari overdrive ini? Jadi, pada saat menanjak, silakan Anda manfaatkan fungsi overdrive, jangan hanya menggunakan posisi “D” saja di tuas perseneleng

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Alarm Mobil Avanza Yang Error

Memusatkan pikiran dan konsentrasi pada saat berkendara

Sejumlah pengguna mobil tentunya sudah terbiasa dengan mengendarai mobil mobil manual. Ketika anda berpindah menggunakan mobil Ertiga matic, Anda harus melakukan pembiasaan pada kaki kiri supaya bebas bergerak dan bebas tugas dari kegiatan menginjak pedal kopling. Hal tersebut disebabkan karena pada mobil Ertiga matic, hanya disediakan dua pedal yaitu pedal rem dan pedal gas. Apabila kaki kiri anda terlalu aktif didalam bergerak dan tidak disengaja mengenai pedal rem, maka hal tersebut akan membuat kondisi mesin cepat rusak karena akan membuat mobil tiba-tiba serasa dikurangi posisi Gearnya.

Kondisi di atas tentunya mirip dengan kondisi dimana anda menggunakan mobil manual pada kecepatan tinggi, namun tiba-tiba anda menurunkan posisi persneling ke Gear yang lebih rendah. Apabila memungkinkan, silahkan jauhkan posisi kaki kiri anda dari 2 Pedal tersebut supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.Tetap fokus di dalam mengendarai, gunakan posisi persneling yang tepat dan jangan biarkan posisi kaki kiri anda terlalu dekat dengan pedal rem.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengendarai Ertiga matic dengan memanfaatkan fitur yang namanya overdrive. Mudah-mudahan, teknologi yang ada di Ertiga matic ini mampu memberikan rasa nyaman yang lebih baik pada saat anda berkendara di jalan yang menanjak. Terima kasih dan semoga bermanfaat Selamat menempuh perjalanan dengan nyaman dan aman.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *