Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Honda Jazz Matic RS

Cara Mengendarai Honda Jazz Matic RS

Pada tahap latihan cara mengendarai Honda Jazz matic RS, sebagai sebuah mobil dengan jumlah roda sebanyak 4 maka proses menyeimbangkan tidaklah diperlukan. Hal tersebut tentunya berbeda dengan mengendarai roda dua, dimana menjaga keseimbangan supaya sepeda motor tidak Tidak jatuh sangatlah diperlukan. Mengendarai mobil dengan ukuran lebih besar tentunya sangat berbeda tekniknya dengan mengendarai sepeda motor. Untuk itulah perlu adanya latihan di dalam mengendarai Honda Jazz matic RS yang merupakan salah satu jenis mobil yang dikeluarkan oleh produsen Honda.

Cara Mengendarai Honda Jazz Matic RS

Cara aman mengendarai Honda Jazz matic RS

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba mengulas Bagaimana cara mengendarai Honda Jazz matic RS yang tentunya sudah banyak beredar di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Honda Jazz matic RS tentunya menggunakan mode transmisi otomatis. Proses mengoperasikan mobil dengan transmisi otomatis cukuplah berbeda dengan mengoperasikan mobil dengan transmisi manual. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil Honda Jazz matic adalah kemudahan pada proses mengendarai di Jalan Raya Apabila dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual.

Tujuan Honda di dalam mengembangkan mobil bertransmisi otomatis supaya setiap pengguna bisa mendapatkan rasa nyaman di dalam berkendara, Terlebih jika sedang berkendara di jalan dengan kondisi cukup macet maupun jalan yang memiliki tanjakan cukup tajam. Tentunya, apabila kita menggunakan mobil dengan sistem manual dan dalam kondisi jalan seperti itu maka rasa capek akan lebih cepat terasa.

Daya konsentrasi yang dimiliki oleh para pengguna Honda Jazz matic RS tentunya akan lebih meningkat karena sudah merasakan kemudahan dan kenyamanan di dalam berkendara. Dengan demikian, angka kecelakaan di Jalan Raya secara tidak langsung bisa dikurangi.

Rata-rata kaum hawa di Indonesia juga lebih memilih jenis mobil Honda Jazz matic yang disebabkan karena proses pemindahan transmisi atau Gigi Tidaklah terlalu ribet. Selain itu, apabila kebetulan menemui kondisi jalan macet, maka kondisi tersebut Tidaklah terlalu bermasalah.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil F1 Dengan Memahami Tombol Fungsi

Proses mengendarai mobil Honda Jazz matic RS ini tentunya akan lebih mudah apabila anda sudah berpengalaman di dalam mengendarai mobil dengan transmisi manual. Proses adaptasi saja yang anda perlukan serta mengenali terlebih dahulu cara kerja dari mobil Honda Jazz matic RS ini.

Lalu, Bagaimana dengan anda yang belum pernah sama sekali mengendarai mobil baik itu mobil matic maupun mobil manual? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas Bagaimana cara mengendarai Honda Jazz matic RS supaya Anda mendapatkan gambaran umum di dalam berkendara menggunakan mobil matic

Cara mengendarai Honda Jazz matic RS

Cara mengendarai Honda Jazz matic area sini kita awali dengan memahami fungsi dari masing-masing huruf yang ada pada bagian tuas persneling Honda Jazz matic RS. Beberapa keterangan yang ada pada bagian tuas persneling Honda Jazz matic RS adalah sebagai berikut:

1. Huruf P atau parkir/part

Posisi persneling ini dipakai pada saat mobil sedang parkir. Walaupun pada jaman sekarang ini rata-rata mobil sudah dilengkapi fasilitas yang namanya hand break, tetap saja Anda harus menempatkan posisi persneling pada P ketika anda sedang parkir ataupun pada saat Anda hendak. Dalam waktu yang cukup lama. Supaya transmisi mobil Honda Jazz matic RS anda lebih awet serta tidak cepat mengalami kerusakan, Maka silakan Anda gunakan posisi transmisi ini. Sistem pada transmisi ini dipakai guna me Lock bagian roda supaya tidak berjalan sendiri baik maju maupun mundur.

2. Huruf R atau Reverse

Posisi persneling ini dipakai pada saat Anda hendak memundurkan mobil. Istilah lainnya adalah atret yang mana anda bisa memanfaatkan posisi gear ini. Sejumlah pengguna termasuk anda mungkin saja sudah mengetahui fungsi dari posisi Gear R ini.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

3. Huruf N atau neutral

Posisi persneling ini dimanfaatkan untuk beberapa keperluan dimana membutuhkan kondisi Netral Atau bebas. Secara umum posisi ini digunakan pada saat mobil bebek bergerak dan dalam kondisi Roda tidak dikunci.

4. Huruf D

Posisi ini digunakan pada saat Anda Mengendarai mobil di jalanan dan bergerak maju. Posisi persneling D digunakan atau dipakai manakala jalan yang anda lalui dalam kondisi datar, bukan jalan yang menanjak. Perpindahan pada posisi perseneleng tentunya tidak perlu Anda kerjakan ketika mengendarai Honda Jazz matic RS. Hal tersebut disebabkan karena Honda Jazz matic RS ini proses perpindahan kecepatannya sudah bisa berjalan secara otomatis.

Posisi persneling dengan huruf 2. Maksud dari angka 2 tersebut adalah posisi gear kedua. Sebenarnya, sistem ini mirip dengan yang dimiliki pada huruf D, namun Letak perbedaan nya terletak pada fungsi dari posisi gear ke 2 tersebut. Posisi gear ini cocok digunakan ketika mobile hendak melaju di tanjakan ataupun di turunan yang cukup terjal.

5. Huruf L atau low.

Low disini Bisa diartikan dengan posisi gear paling rendah. Artinya adalah ketika Anda memindah tuas transmisi pada posisi L, maka Gear yang sedang aktif adalah gear paling rendah. Dengan kondisi ini, maka mobil Honda Jazz matic RS memiliki tenaga yang sangat kuat baik untuk menanjak dan menurun dengan jalan cukup terjal, atau bahkan untuk menarik mobil lain dan juga mengangkat beban yang berat.

Demikianlah beberapa penjelasan huruf serta fungsi yang ada pada tuas transmisi yang dimiliki oleh mobil Honda Jazz matic RS yang tentunya perlu anda pelajari dan pahami karena hal tersebut memiliki fungsi yang amat penting pada proses pengenalan dan juga proses belajar mengendarai mobil Honda Jazz matic RS.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Selain itu, ada juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika anda hendak belajar bagaimana cara mengendarai Honda Jazz matic RS tersebut.Hal-hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bagian yang pertama, ketika anda hendak memindahkan posisi tuas transmisi, selalu tekan tombol yang ada pada tuas transmisi. Apabila anda tidak menekan tombol yang ada pada tuas transmisi, maka proses pemindahan tidak akan bisa dilakukan.
  2. Bagian yang kedua, posisi tuas transmisi haruslah Anda hafalkan, karena tentunya anda tidak perlu bolak-balik menengok posisi tuas transmisi pada saat sedang berkendara. Apabila Anda terlalu sering menengok posisi tuas transmisi, maka tentunya konsentrasi anda akan terganggu karena harus bolak-balik menengok ke bagian depan dan ke arah tuas transmisi.
  3. Bagian yang ketiga, selalu injak pedal rem sebelum anda melakukan pemindahan tuas transmisi. Hal tersebut disebabkan karena tanpa kita menginjak pedal gas pun, mobil akan tetap berjalan pada saat sudah masuk ke posisi transmisi yang berguna untuk menggerakkan mobil. Posisi transmisi yang mampu menggerakkan mobil matic adalah R, L, 2 dan R.
  4. Bagian yang ke empat, pastikan anda bisa duduk dalam kondisi nyaman, posisi memegang stir mobil dengan P, serta keleluasaan kaki di dalam menginjak baik pedal rem maupun pedal gas.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengendarai Honda mobil Jazz matic RS dengan baik dan benar. Mudah-mudahan, tutorial pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan gambaran kepada anda yang sekarang ini sedang mencari referensi dan bahan belajar bagaimana cara mengendarai mobil Honda Jazz matic RS dengan baik dan benar sehingga Anda bisa dengan cepat menguasai mobil Honda Jazz RS di Jalan Raya. Terima kasih dan selamat belajar.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *