Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Avanza Secara Umum

Cara Mengendarai Mobil Avanza Secara Umum

Faktor emosional serta kehati-hatian di dalam berkendara mobil Avanza di jalan umum Termasuk dalam salah satu faktor penentu keselamatan berkendara selain kemampuan di dalam mengendarai mobil itu sendiri. Kehati-hatian di dalam mengendarai mobil Avanza haruslah dimiliki oleh setiap pengendara yang pertama kali turun ke jalan, apa lagi yang masih dalam tahap belajar. Cara mengendarai mobil Avanza secara umum tentunya perlu dipahami oleh setiap pengendara yang baru pertama kali menggunakan mobil buatan Toyota tersebut.

Cara Mengendarai Mobil Avanza

Secara umum, cara mengendarai mobil Avanza yang tentunya bisa diterapkan pada jenis mobil yang lainnya. Mobil Avanza itu sendiri dibuat dalam dua versi, yaitu yang menggunakan sistem transmisi manual dan yang menggunakan sistem transmisi otomatis. Tentunya, mengendarai mobil Avanza yang menggunakan sistem transmisi manual jauh lebih sulit dibandingkan dengan mengendarai mobil Avanza yang menggunakan sistem transmisi otomatis.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai cara mengendarai mobil Avanza secara umum yang menggunakan sistem transmisi manual. Beberapa fitur dan fungsi yang ada di dalam mobil Avanza yang menggunakan transmisi manual haruslah dipahami terlebih dahulu, mulai dari pedal gas, pedal rem, pedal kopling, saklar lampu, serta tuas transmisi dan beberapa bagian lainnya.

Secara umum, Berikut ini adalah beberapa fungsi dari fitur yang ada pada mobil Avanza manual:

  1. Pedal gas berfungsi untuk menambah kecepatan laju mobil, Pedal gas ini berada pada bagian kanan
  2. Pedal rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan atau bahkan menghentikannya. Pedal gas pedal rem berada pada posisi Tengah
  3. Pedal kopling berfungsi sebagai penghubung antara transmisi dengan mesin. Pedal kopling berada pada bagian paling kiri. Pada saat kita hendak berpindah posisi gear atau Gigi, maka pedal kopling wajib untuk diinjak secara penuh supaya posisi gear atau transmisi dapat dipindahkan.
  4. Tuas transmisi berguna untukmemindah posisi gear atau gigi transmisi
  5. Saklar lampu atau switch berguna untuk menyalakan beberapa lampu yang ada di mobil, seperti lampu utama, lampu sein, lampu kabut serta lampu kota.
  6. Rem tangan atau hand rem merupakan sebuah fitur pada mobil yang berguna sebagai rem yang dipakai pada saat parkir.
Baca Juga:   Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semakin tinggi angka dari tuas perseneleng, maka Laju kendaraan akan semakin cepat. Posisi Gear yang kecil akan membuat torsi semakin besar dan tentunya tenaga yang dihasilkan pun akan semakin besar. Posisi gear atau gigi yang kecil misalnya adalah gigi 1 cocok digunakan untuk posisi jalan yang menanjak, membawa beban berat ataupun menarik kendaraan lainnya.

Cara Mengendarai Mobil Avanza Yang Dimulai Dari Posisi Berhenti

Apabila anda sudah memahami seluruh fitur pada mobil Avanza manual yang ada pada bagian atas, selanjutnya Mari kita belajar untuk mengendarai mobil Avanza yang di mulai dari posisi mesin mati atau berhenti.

  1. Langkah pertama, silahkan anda hidupkan mesin terlebih dahulu
  2. Langkah selanjutnya, silakan Anda injak pedal kopling secara penuh, namun jangan injak terlebih dahulu pedal gas.
  3. Geser tuas transmisi ke gear atau Gigi 1, sementara itu pedal kopling masih diinjak penuh
  4. Berikutnya, silahkan anda angkat secara perlahan-lahan pedal kopling sampai dengan mobil mau bergerak, lalu silakan Anda lepaskan pedal kopling sampai dengan mobil bisa berjalan dengan sendirinya
  5. Injaklah pedal gas sedikit demi sedikit Apabila Anda ingin menambah kecepatan
  6. Apabila Anda ingin menambahkan kecepatan mobil Avanza, silahkan anda lepas injakan pedal gas, lalu silahkan anda injak kembali pedal kopling secara penuh, lalu Silakan anda geser posisi tuas transmisi ke Gear 2 dengan cara menarik tuas transmisi ke belakang. Lakukan hal yang sama apabila anda ingin menambah kecepatan kendaraan kembali.
  7. Silahkan anda tekan pedal rem secara perlahan Apabila Anda ingin mengurangi laju kecepatan mobil anda. Pada saat mobil Avanza sudah hampir., silakan Anda injak pedal kopling secara penuh, lalu injak bola kedalam hingga kendaraan atau mobil Avanza benar-benar berhenti. Selanjutnya, silahkan anda geser tuas transmisi ke posisi Netral. Cara mengecek posisi Netral Pada tuas transmisi diantaranya adalah bagian tuas transmisi bisa bebas digerakkan baik ke kiri maupun kanan.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Langkah mendahului kendaraan lain

Pada saat kita hendak mendahului kendaraan lain, kita harus memperhatikan cara aman dengan kendaraan lain tersebut. Tentunya, tanpa perhitungan yang matang dan kehati-hatian di dalam mendahului kendaraan lain bisa menimbulkan kecelakaan. Anda harus memastikan bahwa janur yang nantinya hendak anda pakai untuk mendahului bebas dari berbagai macam hambatan, misalnya adalah orang, motor serta mobil lainnya.

Apabila anda hendak mendahului, jagalah jarak jangan terlalu mepet dengan kendaraan atau mobil yang ada di depannya, lanjutkan dengan menyalakan lampu sein saat hendak menyalip. Pada posisi jalan yang menikung, Anda harus menghindari untuk menyalip atau mendahului. Termasuk jalan yang ada di tanjakan, usahakan untuk menunggu hingga Jalan menjadi rata sebelum anda menyalip mobil lainnya. Jangan lupa untuk memakai klakson dan lampu flash sebagai sebuah kode bahwa anda akan menyalip. Selalu perhatikan kecepatan mobil atau kendaraan yang hendak Anda Saleh, Janganlah membiasakan diri untuk menyalip kendaraan yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi, misalnya 150 km per jam.

Cara memarkir mobil Avanza

Cara mengendarai mobil Avanza yang berikutnya adalah belajar bagaimana cara memarkir mobil. Cara memarkir mobil ini bisa dikatakan sebagai cara yang digunakan untuk mengatur haluan, yaitu mengatur posisi mobil dengan posisi tertentu. Tentunya, Anda harus paham mengenai panjang dan lebar dari mobil Avanza yang Anda gunakan. Manfaatkan fasilitas spion bagian kiri dan kanan serta Tengah untuk melatih diri. Secara tertulis, teknik di dalam cara memarkir mobil tidak ada sehingga Anda harus mempraktekkannya sendiri.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

Cara berbelok pada mobil Avanza manual

Untuk Anda yang hendak berbelok, silahkan anda kurangi kecepatan sedikit demi sedikit, lalu silahkan Anda mulai putar bagian setir kemudi sedikit demi sedikit. Pada saat Anda hendak parkir, tidak diperkenankan untuk memutar setir kemudi sampai benar-benar mentok dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini akan membuat sistem power steering pada mobil cepat rusak.

Langkah memindah posisi gear atau gigi pada mobil

Ketika anda hendak memindah gear atau posisi gigi menggunakan tuas transmisi, Anda harus tetap fokus pada kondisi jalan. Silahkan anda Pastikan bahwa pedal kopling telah Terinjak secara penuh, lalu silahkan anda geser tuas transmisi tepat ketika anda sudah menginjak kopling secara penuh. Hati-hati, anda tidak diperbolehkan Untuk menggeser posisi tuas transmisi pada gigi 3 ke gigi 4 pada saat posisi kendaraan sedang berjalan pelan. Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan posisi gear atau Gigi pada mobil. Ketidakcocokan posisi gear atau gigi pada mobil dengan kecepatan mobil, akan membuat bagian kampas kopling menjadi cepat aus atau selip.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengendarai mobil Avanza manual secara umum yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, tutorial singkat mengenai cara mengendarai mobil Avanza ini mampu memberikan gambaran kepada anda tentang bagaimana langkah-langkah di dalam berkendara mobil yang baik dan benar di Jalan Raya sehingga keselamatan anda dan pengguna jalan yang lain bisa dimaksimalkan, serta kondisi mobil akan tetap terjaga dan terawat. Selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *