Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil CVT atau Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil CVT atau Mobil Matic

Sebelum kita membahas mengenai cara mengendarai mobil CVT atau mobil matic apa alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kepanjangan dari CVT. CVT memiliki kepanjangan continuous variable transmission yaitu sebuah sistem transmisi dimana tidak mempunyai gigi persneleng layaknya pada mobil dengan transmisi manual maupun mobil yang memiliki transmisi secara otomatis namun bersifat konvensional.

Cara Mengendarai Mobil CVT

Tuas persneling tentunya tidak dibutuhkan pada mobil CVT ini. Hal tersebut dikarenakan letak dari gear atau Gigi 1, 2,3,4 tetap berada pada satu gigi atau gear. Sebagai penggantinya dipakai dua jenis pulih, yakni poli yang digerakkan dan puli penggeraknya. Belt atau sabuk dari serat baja adalah bagian penghubung antar kedua puli tersebut.

Salah satu kelebihan dari mobil CVT adalah halusnya proses perpindahan gigi serta tidak adanya hentakan. Hal tersebut tentunya disebabkan juga karena proses dari pergerakan transmisi memakai belt. Hanya saja, apabila kita lihat dari kemampuan akselerasi, mobil yang menggunakan transmisi CVT tentunya tidak sebagus mobil yang menggunakan transmisi manual maupun otomatis konvensional.

Beberapa kelebihan dari transmisi CVT adalah sebagai berikut:

  1. Pengendara lebih mudah memakainya, karena cukup memainkan rem dan gas saja, seperti mengendarai motor matic.
  2. Proses perpindahan gigi dan akselerasi Lebih lembut dan tanpa ada hentakan
  3. Sistem CVT memiliki kemampuan engine break yang cukup kuat yang mana akan cukup membantu Anda pada saat melewati jalan yang menurun Sehingga beban berat dari rembesan dikurangi.
  4. Karena pemakaian RPM mesin yang cukup stabil, maka mobil CVT lebih irit bahan bakar
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan Macet

Sementara itu, beberapa kekurangan pada mobil CVT adalah:

  1. Sistem transmisi yang menggunakan CVT tentunya lebih sulit diperbaiki Apabila terjadi kerusakan. Hal tersebut disebabkan karena sistem transmisi CVT memiliki desain yang cukup rumit dan kompleks
  2. Mesin akan dengan cepat mengalami kerusakan apabila mobil bertransmisi CVT dikendarai secara kasar.

Cara mengendarai mobil CVT:

Supaya anda memahami teknik dan cara mengendarai mobil CVT yang baik dan benar, maka dibawah ini akan sedikit diulas Bagaimana langkah demi langkah di dalam berkendara mobil CVT:

1. Pahami terlebih dahulu semua peralatan kemudi mobil

Setiap mobil CVT tentunya mempunyai bagian kemudi yang cukup berbeda dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. Sebagai contoh, mobil CVT hanya memiliki dua pedal, yaitu pedal rem dan pedal gas untuk akselerasi tanpa didampingi pedal kopling. Disamping itu, bagian tuas pada mobil CVT juga dilengkapi dengan beberapa huruf keterangan.

2. Pahami seluruh panel tuas transmisi dan arti huruf yang tertulis

Pada bagian panel tuas transmisi di mobil CVT tentunya sudah dilengkapi dengan keterangan huruf-huruf. Secara umum masing-masing huruf yang ada pada tuas transmisi mobil CVT adalah R,N, D, P. Sejumlah mobil CVT juga ada yang menggunakan sistem 3, 2, angka satu atau huruf L, tanda + dan -, serta huruf B.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

Susunan angka dan huruf tentunya sangat ditentukan oleh merek mobil, jenis mobil serta jenis transmisi matic. Namun, secara umum fungsi dari masing-masing huruf bisa dijabarkan sebagai berikut.

  1. B adalah boost atau braek.fitur ini Tentunya dipakai guna memperoleh engine breake ketika melewati jalan yang menurun atau meningkatkan nilai RPM ketika sedang berkendara di jalan yang cukup menanjak.
  2. N adalah posisi tuas persneleng yang dipakai ketika mobil hendak berhenti dalam jangka waktu yang pendek, semisal ketika berhenti dalam kondisi macet atau Pada lampu merah
  3. P adalah sebuah posisi perseneleng yang digunakan pada saat mobil dalam kondisi parkir yang cukup lama
  4. R adalah posisi tuas persneling yang digunakan untuk memundurkan mobil CVT
  5. D dipakai ketika mobil hendak digunakan untuk maju ketika pedal gas ditekan atau diinjak.

Angka 3, 2 dan 1 serta L memiliki manfaat yang mirip dengan tuas transmisi yang ada di mobil manual. Fasilitas ini digunakan untuk overdrive transmisi mobil ketika mobil membutuhkan akselerasi, break serta tenaga yang lebih tinggi.

3. Pada saat menghidupkan mesin mobil, pastikan posisi transmisi ada di N atau P

Anda sudah paham dengan beberapa fitur yang ada di mobil CVT, lanjutkan dengan latihan menyalakan mesin mobil CVT. Pastikan terlebih dahulu posisi dari tuas transmisi berada pada N atau P sebelum anda memutar kunci kontak ke posisi ON. Tujuannya adalah supaya mobil tidak bisa langsung bergerak begitu mesin mobil berhasil dinyalakan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

4. Sebelum memindah tuas transmisi, silahkan anda injak rem mobil CVT

Pada saat hendak mengawali perjalanan menggunakan mobil bertransmisi manual, maka tentunya setiap pengendara akan memanfaatkan rem tangan serta kopling ketika hendak memindah tuas transmisi ke posisi gigi 1. Tentunya berbeda ketika menggunakan sistem transmisi otomatis, anda wajib untuk lebih hati-hati. Sebelum anda memindah tuas transmisi, maka pastikan anda sudah menginjak pedal rem secara sempurna. Tujuan dari prosedur itu adalah guna mencegah mobil langsung bergerak setelah tuas transmisi diposisikan ke D atau R.

Rata-rata, pada saat mobil sedang diparkir dari posisi p yang akan diganti keposisi bergerak maju, bagian tuas transmisi akan melewati posisi R. Apabila anda tidak menginjak Rem, maka mobil bisa akan langsung mundur secara tiba-tiba. Hal tersebutlah yang rata-rata memacu terjadinya kecelakaan pada parkiran.

Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara mengendarai mobil CVT atau mobil matic secara umum yang bisa anda manfaatkan sebagai bagian dari ilmu belajar sehingga apabila anda benar-benar ingin praktek mengendarai mobil CVT, maka anda sudah memiliki gambaran umum. Tinggal belajar mencoba saja untuk meningkatkan keterampilan di dalam berkendara mobil CVT di Jalan Raya. Terimakasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *