Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Dijalan Tol Dengan Aman dan Nyaman

Cara Mengendarai Mobil Dijalan Tol Dengan Aman dan Nyaman

Setiap pengendara mobil yang masih baru di dalam memiliki SIM serta baru pernah masuk ke dalam jalan tol, pastinya akan merasakan betapa senangnya bisa masuk ke jalan tol sekaligus merasa tegang karena baru pertama kali masuk jalan tol. Untuk itulah dibutuhkan cara mengendarai mobil dijalan tol dengan aman dan nyaman supaya kita bisa selamat sampai tujuan serta tidak membahayakan orang lain.

Cara Mengendarai Mobil Dijalan Tol

Perasaan senang biasanya muncul dikarenakan tahapan didalam belajar mengemudi mobil selama ini mengalami peningkatan sehingga akhirnya bisa masuk ke dalam jalan tol tersebut. Namun, adanya perasaan tegang disebabkan karena jalan tol merupakan sebuah jalan yang memiliki karakteristik jalur cepat sehingga setiap pengendara harus mampu memacu kendaraan dengan kecepatan tertentu, biasanya harus diatas kecepatan 80 km per jam.

Padahal sebenarnya, pada saat belajar mengendarai mobil dijalan raya biasa belum pernah atau jarang mengendarai mobil sampai dengan kecepatan 80 km per jam. Untuk itulah, dibutuhkan keberanian dan kehati-hatian yang sangat tinggi pada saat berkendara di jalan tol. Dibutuhkan juga Respon yang cepat dan juga tenang sehingga semua proses berkendara bisa terkontrol dengan baik. Apabila respon anda di dalam berkendara tidak cepat cape maka lebih baik anda mengurungkan niat untuk mengemudi di jalan tol.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Kewaspadaan dan respon cepat sangat dibutuhkan pada saat mengemudi di jalan tol

Alasan hal diatas bisa diterapkan pada saat ketika kita sedang berkendara di jalan tol, namun tiba-tiba di depan kita terjadi kemacetan yang menutup Jalan, maka dengan cepat kita harus mengurangi kecepatan atau bahkan bisa berpindah jalur apabila memungkinkan sehingga kecelakaan di depan bisa dihindari. Respon yang cukup terukur dan cepat untuk menghadapi berbagai macam kondisi di jalan tol yang tentunya bisa datang tiba-tiba tentunya sangat diperlukan. Adanya ban selip akibat dari rasa panik merupakan Resiko yang kadangkala dialami oleh pengendara yang masuk ke jalan tol.

Cara Mengendarai Mobil Dijalan Tol

Dibawah ini adalah beberapa cara mengendarai mobil dijalan tol sehingga bisa lebih aman dan nyaman:

  1. Selalu menjaga jarak supaya dalam kondisi aman dengan mobil yang ada di depannya. Di sejumlah negara di wilayah Eropa seperti denmark’s, Austria, dan Perancis sudah menerapkan tentang aturan jarak antar mobil di jalan tol, yaitu 2 detik. Artinya yaitu beda waktu antara mobil yang satu dengan mobil yang lain adalah sekitar 2 detik. Lalu, Bagaimana cara memprediksi waktu 2 detik tersebut? Kondisi ini bisa terlihat dengan menjadikan tiang lampu penerang jalan sebagai patokan.
  2. Rasa bosan biasanya akan muncul pada saat kita berkendara di jalan tol dengan jalan yang lurus dan mulus serta kecepatan konstan. Perasaan bosan tersebut sebenarnya tidaklah berbahaya. Namun, yang membahayakan adalah efek dari rasa bosan tersebut yang kadangkala membuat pengendara menjadi ngantuk ataupun melamun. Tentu, dampak dari adanya ngantuk dan melamun tersebut sudah sering kita lihat di media massa, misalnya terjadi kecelakaan di jalan tol akibat menabrak kendaraan lain di depannya atau keluar jalur yang semuanya disebabkan oleh rasa ngantuk. Tentunya mendengarkan musik merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa bosan. Menghilangkan rasa ngantuk pada saat berkendara di jalan tol juga bisa dilakukan dengan cara mengobrol dengan penumpang di dalam mobil yang kita kendarai.
  3. Jangan gunakan jalur paling kanan apabila anda mengendarai mobil dengan kecepatan yang rendah. Berbagai macam pengalaman tentunya pernah didapat, misalnya adanya pengguna jalan tol yang menggunakan jalur paling kanan, namun kecepatan kendaraan masih tergolong rendah. Kondisi ini tentunya akan mempersulit pengendara lain di dalam mendahului kendaraan yang ada di dalamnya. Perlu kita ketahui bersama bahwa jalur kanan pada jalan tol merupakan jalur yang dipakai untuk mendahului.
  4. Wajib untuk diingat, ketika kita hendak berpindah jalur, maka silahkan anda lihat mobil yang ada di belakang kendaraan kita lewat kaca spion. Jangan asal nyelonong atau memotong lajur lain semaunya sendiri. Kadangkala brosur ini sering dilupakan oleh para pemula yang baru masuk ke jalan tol. Pada saat kita melihat ke kaca spion, Anda harus memastikan bahwa jarak bayangan mobil yang berada di jalur sebelah kita harus cukup jauh berada di belakang. Wajib untuk diingat bahwa jarak Aman yang diperlukan setiap mobil akan semakin jauh manakala kecepatan dari mobil tersebut semakin tinggi.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

Sekian Uraian singkat mengenai cara mengendarai mobil dijalan tol dengan aman dan nyaman sehingga kita bisa lebih memiliki persiapan yang matang ketika hendak masuk berkendara di jalan tol. Mudah-mudahan, informasi yang singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan kepada anda gambaran gambaran umum tentang teknik dan cara mengendarai mobil di jalan tol sehingga keselamatan anda dan juga pengendara yang lainnya selalu terjaga. Terima kasih dan selamat menempuh perjalanan di jalan tol.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *