Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil F1 Dengan Memahami Tombol Fungsi

Cara Mengendarai Mobil F1 Dengan Memahami Tombol Fungsi

Anda merupakan salah satu penggemar balapan mobil F1 dan ingin mengetahui cara mengendarai mobil F1 tersebut? Sebelum kita masuk ke pembahasan Bagaimana cara mengendarai mobil F1, alangkah baiknya kita berbicara terlebih dahulu mengenai canggihnya teknologi yang sekarang ini sudah masuk ke sejumlah sektor, termasuk di dalamnya adalah pada sektor otomotif. Bukti merambatnya kecanggihan teknologi pada mobil adalah penerapan yang dilakukan di mobil formula 1 Atau F1.

Cara Mengendarai Mobil F1

Mobil F1 disebut juga dengan mobil yang menggunakan teknologi jet darat, adalah sebuah mobil yang sudah menerapkan kecanggihan teknologi komputer yang tentunya dipadukan dengan kecanggihan teknologi otomotif.  Gabungan dari kecanggihan teknologi tersebut menciptakan sebuah mobil F1 yang dapat melaju sampai dengan kecepatan 300 km per jam cukup dalam hitungan detik saja.

Pada postingan kali ini, saya akan sedikit mengulas cara mengendarai mobil F1 dengan terlebih dahulu memahami beberapa tombol fungsi yang ada pada mobil tersebut. Letak kecanggihan pada mobil F1 terletak pada bagian gagang setirnya. Bagian setir dari mobil F1 tentunya berbeda dengan mobil standar dimana rata-rata pada mobil standar dilengkapi dengan tombol klakson.  Sejumlah tombol dengan berbagai fungsi terletak pada bagian setir di mobil F1. Tentunya, bagi pengguna Awam mobil F1 tentunya akan merasa bingung mengenai fungsi dari tombol yang ada pada setir mobil F1 tersebut.

Fungsi dari tombol fungsi yang ada di mobil F1

Apabila anda merasa penasaran dengan fungsi-fungsi tombol yang ada pada bagian setir mobil F1, maka di bawah ini akan saya ulas apa saja fungsi dari masing-masing tombol yang ada di setir mobil F1. Tata letak serta bentuk dari setir mobil F1 tentunya berbeda beda. Namun apa ya walaupun pada setiap tim memiliki perbedaan tata letak dan bentuk setir mobil F1, namun secara umum pada setiap setir mobil F1 mempunyai fungsi yang sama. Berikut ini adalah penjabaran nya.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

1. Tombol fungsi berwarna hijau  bertuliskan huruf N

Tombol tersebut berfungsi untuk menetralkan mesin pada mobil F1. Dengan menekan tombol ini, maka kondisi mesin mobil F1 dalam kondisi Netral.

2. Tombol fungsi berwarna hijau dan bertuliskan +10

Berbagai data yang ada di dalam mobil F1 bisa dilihat dengan menekan tombol ini. Dengan menekan tombol ini, maka pembalap bisa sekaligus membuka 10 halaman informasi yang ada di dalam mobil F1.

4. Tombol fungsi berwarna merah

Pada bagian tepi kemudi, disediakan tombol merah yang dapat diputar serta memiliki keterangan angka pada bagian atasnya. Fungsi dari tombol merah tersebut yaitu untuk mengatur transmisi mobil F1. Dengan menggunakan tombol tersebut, membuat pembalap bisa menyesuaikan pengaturan posisi transmisi mobil dengan cukup cepat, melakukan penyesuaian kekuatan cengkraman mobil serta menyesuaikan kekuatannya.

5. Tombol fungsi Lipstik berwarna merah

Tombol berbentuk seperti lipstik yang berwarna merah ini memiliki fungsi sebagai radio switch. Tombol ini bisa dipakai oleh pembalap guna berkomunikasi dengan tim yang berada di pitstop, baik untuk menerangkan kondisi lintasan yang sedang dilalui maupun menerangkan kondisi keadaan mobil.

6. Tombol fungsi berwarna kuning dan memiliki tulisan OT

Tombol Ini adalah sebuah tombol yang dipakai guna meningkatkan proses kinerja mesin ketika hendak dipakai untuk mendahului pembalap yang ada di depannya. OT Mempunyai kepanjangan dari Overtake. Penggunaan dari tombol ini rata-rata digunakan bersama-sama dengan DRS serta KERS. Fitur dari DRS  dan KERS adalah guna membantu mempermudah pembalap di dalam mendahului mobil yang ada di bagian depan.

Baca Juga:   Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

7. Tombol fungsi berwarna putih dan bertuliskan X

Sebenarnya, tombol ini tidaklah memiliki kecanggihan yang luar biasa Apabila dibandingkan dengan kecanggihan tombol-tombol yang menyatu pada bagian kemudi mobil F1. Tombol dengan tulisan X ini digunakan untuk mengaktifkan halaman data pada  bagian kemudi dan juga menerima data pengemudi.

8. Tombol fungsi berwarna hijau bertuliskan +1

Dengan menggunakan tombol ini, maka setiap pembalap bisa membolak-balik informasi data yang ada di -board mobil F1.

9. Tombol fungsi berwarna kuning bertuliskan P

Pit Lane Speed limiter merupakan fungsi dari tombol ini. Dengan memanfaatkan tombol ini, maka akan berakibat kecepatan mobil F1 akan tertahan pada kecepatan 80 km per jam guna menghindari adanya sanksi ketika melaju di bagian Pit. Hanya saja, dalam berlatih  mengendarai mobil F1 biasanya sangat dilarang untuk menggunakan fitur ini.

10. Tombol fungsi switch yang memiliki warna hijau

Proses kontrol dari Kinetic energy recovery system (KERS)  dikerjakan oleh bagian ini. Tombol ini dipakai guna menyimpan sejumlah energi kinetik sebagai aliran listrik serta bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja supaya lebih ekstra pada mobil F1.Setiap pembalap bisa menentukan banyaknya energi yang  dapat disimpan di dalam mobil dengan memakai tombol ini. Simpanan energi tersebut nantinya bisa dilepaskan dengan menggunakan tombol bertuliskan OT.

11. Tombol fungsi berwarna merah

Drag reduction system (DRS) dikontrol memakai tombol ini. Proses pengurangan hambatan yang berasal dari udara serta meningkatkan kecepatan laju mobil F1 pada lintasan lurus menggunakan tombol merah yang satu ini. Apabila fitur ini digunakan pada jalan yang menikung, maka mobil F1 tidak akan stabil. Jadi, bisa disimpulkan bahwa fasilitas ini hanya bisa digunakan pada lintasan yang lurus saja. Rata-rata, pada setiap lintasan akan disediakan 2 zona yang mana fasilitas Drs ini bisa dimanfaatkan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

12. Tombol fungsi berwarna biru dan memiliki tulisan confirm

Tombol tersebut dipakai pada saat suara mesin yang bising menghalangi pendengaran Anda ketika sedang berkomunikasi dengan bagian yang ada di Luar lintasan.  Ketika pembalap menekan tombol tersebut bisa diartikan pula bahwa pembalap sudah menegaskan bahwa dia sudah memperoleh sebuah pesan tanpa kewajiban untuk menjawabnya.

13. Tombol fungsi drink

Sesuai dengan namanya, tombol ini bisa digunakan untuk melepas dahaga yang dialami pembalap pada saat sedang berlomba di lintasan. Alasan disediakan tombol ini karena mengendarai mobil F1 di lintasan merupakan salah satu pekerjaan yang cukup melelahkan. Dengan memanfaatkan tombol ini, maka air bisa keluar dalam hitungan sekian detik.

14. Tombol fungsi ban

Dengan memanfaatkan tombol fungsi ban ini, maka tentunya sejumlah pengguna mobil F1 akan lebih terbantu. Setiap pembalap tentunya bisa menyesuaikan bagian ini guna menginformasikan kepada komputer bahwa ban sudah dipasang pada mobil F1. Tujuannya adalah supaya pemilik mobil F1 bisa melakukan penyetelan mesin yang sesuai.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengendarai mobil F1 dengan terlebih dahulu memahami beberapa tombol fungsi yang ada di Bagian setir kemudi. Mudah-mudahan, setelah anda mengetahui teori dari fungsi tombol yang ada di setir mobil F1, maka anda akan lebih terbiasa di dalam mengendarai mobil F1 tersebut terutama di Jalan Raya. Terimakasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *