Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

Jalanan yang menanjak merupakan salah satu hal yang cukup ditakuti oleh para pengemudi mobil pemula. Alasan tersebut tentunya cukuplah wajar dan dapat diterima karena memang diperlukan rasa tenang serta pengalaman yang lebih banyak pada kegiatan mengemudi mobil, apalagi ketika hendak melewati jalan yang cukup menanjak. Tentunya, cukup berbeda ketika kita mengemudi mobil yang melewati jalan rata yang mana hal tersebut hanya perlu untuk memastikan serta mengatur injakan dari pedal gas serta teliti didalam menggunakan pedal rem. Lalu, Bagaimana cara mengendarai mobil kopling di tanjakan? Untuk memberikan gambaran kepada Anda bagaimana cara mengendarai mobil kopling di tanjakan, pada kesempatan yang baik ini saya akan membahasnya untuk anda.

Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

Secara umum mengendarai mobil kopling di tanjakan bentuknya cukup berbeda dengan mengendarai mobil otomatis di tanjakan. Rasa panik akan bertambah apabila ketika kita berkendara mobil di tanjakan, menemukan kondisi terjadi kemacetan. Perasaan gugup bercampur tegang tentunya akan muncul di hati para pemula. Resiko yang cukup besar dialami oleh pemula ketika mengendarai mobil kopling di tanjakan adalah mobil yang dikendarai mundur karena respon dari injakan gas dan kopling kurang cepat dan tidak sinkron. Untuk itulah perlu dipelajari Bagaimana cara mengendarai mobil kopling di tanjakan dengan baik dan benar, sehingga Anda terhindar dari kejadian tersebut.

Sebelum mengarah ke masalah teknis Bagaimana cara mengendarai mobil kopling di tanjakan, rasa gugup dan tegang ketika kita menghadapi tanjakan di saat mengendarai mobil haruslah dihilangkan terlebih dahulu. Perasaan tersebut yang akan sangat mengganggu kita didalam berkonsentrasi mengoperasikan beberapa fitur yang ada pada mobil manual, terutama pada injakan kopling dan gas. Ketika kita tidak mampu mengendalikan dua pedal tersebut, makan tentunya kita akan merasa kesulitan di dalam menghadapi Medan Jalan yang menanjak. Apalagi, jika suasana jalan yang menanjak tersebut cukup terjal dan cukup ramai sehingga ada sebuah ketakutan dimana kita harus berhenti ditanjakan, baru harus mulai berjalan kembali tanpa sedikitpun mobil meluncur mundur.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung

Cara mengendarai mobil kopling di tanjakan

Berikut ini adalah beberapa tips cara mengendarai mobil kopling di tanjakan yang bisa anda pelajari terlebih dahulu, kemudian bisa Coba anda praktekan Apabila Anda menemukan kondisi jalan menanjak di saat berkendara. Silahkan disimak.

  1. Pada saat kita mulai masuk berjalan yang cukup menanjak, langkah pertama, kita tentunya perlu melakukan perhitungan tingkat kemiringan dari jalan yang ada di depan kita. Apabila kondisi jalanan yang ada di depan kita tidak terlalu tajam, maka tentunya kita dapat mengendarai mobil dengan menggunakan posisi gear atau gigi di angka 2 atau 3. Sementara itu, ketika kondisi jalanan yang hendak dilewati sudah terlihat cukup curam kemiringannya, maka alangkah baiknya jika kita memakai posisi gear atau gigi di angka 1.
  2. Pada saat kita berada di tengah jalan yang menanjak kemudian terjadi kemacetan karena terlalu banyak kendaraan, maka tentunya kita perlu melakukan pengereman. Pengereman tersebut bisa dilakukan dengan tiga metode, yaitu memakai hand rem atau rem tangan, kemudian diikuti dengan menggunakan rem kaki, lalu dipastikan kita memakai posisi setengah kopling. Kegiatan ini memang membutuhkan latihan yang cukup lama dan perlu pembiasaan. Ketenangan dan rasa nyaman sangat dibutuhkan pada proses ini.Di dalam mengantisipasi kondisi ini, beberapa pabrik mobil seperti mobil Nissan X Trail, merupakan salah satu mobil yang cukup tangguh serta nyaman dengan adanya tambahan fitur yang bernama Hill start assist yang mana fitur tersebut memiliki fungsi pada saat di tanjakan bisa menggantikan fungsi perpindahan dari pedal gas ke pedal rem. Dengan begini, maka setiap pengguna akan diminimalisir kesalahannya.
  3. Pada saat mobil hendak. Lama karena terjadi kemacetan di tanjakan, maka kita bisa memanfaatkan hand rem atau rem tangan. Dengan begini, maka mobil dan kaki kita bisa istirahat sejenak. Apabila kita hendak memakai teknik ini, maka silakan Anda tarik terlebih dahulu Danrem, baru lakukan pemindahan posisi tuas perseneleng ke Netral. Selanjutnya, apabila kondisi jalan sudah mulai lancar maka silakan Anda masukan tuas persneling ke gigi 1, lalu silahkan anda ikan peda yang diikuti dengan melepas hand rem.
  4. Rem kaki bisa digunakan ketika kondisi jalanan macet tidak terlalu lama. Ini dilakukan dengan cara menginjak pedal kopling secara perlahan bersamaan dengan menginjak pedal rem. Ketika mobil hendak melaju kembali, maka anda bisa mengangkat terlebih dahulu kaki kanan daripada ngerem, lalu pindahkan dengan cepat ke posisi pedal gas untuk diinjak secara perlahan sambil dikombinasikan dengan mengangkat kaki dari pedal kopling.
  5. Pada saat kita menggunakan pengereman setengah kopling, kita bisa manfaatkan pada saat mobil berhenti dalam durasi yang cukup singkat. Untuk melakukannya, anda bisa melakukan kombinasi penginjakan pedal gas dan pedal kopling. Cukup berlatih untuk mensinkronkandalamnya injakan kedua pedal tersebut supaya mobil bisa tertahan dan perlahan-lahan maju.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Cara mengendarai mobil kopling di tanjakan ini Tentunya bisa anda pelajari dengan cara mengulang dan mengulang. Carilah kondisi jalan yang cukup menanjak untuk berlatih di dalam menaklukan kondisi jalan yang menanjak. Berlatihlah untuk berhenti ditengah jalan, lalu berlatihlah untuk mulai memajukan mobil tanpa mengalami mundur. Semakin anda sering berlatih menyesuaikan diri ketika berkendara di tanjakan, maka akan semakin aman Anda ketika sedang menghadapi jalan yang menanjak dan kondisi macet. Terima kasih dan selamat mencoba semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *