Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan Secara Aman

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan Secara Aman

Cara mengendarai mobil manual di belokan secara aman sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Ketika kita sudah berhasil menguasai mobil manual di jalan lurus, tentunya kita mampu untuk mengendalikan mobil manual di belokan, asalkan peeling kita cukup baik di dalam memperkirakan jarak dari masing-masing bagian kendaraan yang kita gunakan.

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan

Namun, walaupun cara mengendarai mobil manual di belokan cukuplah mudah, tentunya Alangkah baiknya apabila kita mengetahui dasar-dasar di dalam mengendarai mobil manual di belokan supaya kegiatan berkendara kita lebih aman dan nyaman sehingga keselamatan kita dan keselamatan pengendara lain bisa lebih terjaga.

Cara mengendarai mobil manual di belokan secara umum

Dibawah ini adalah teknik teknik dasar didalam bermanuver atau melakukan belokan menggunakan mobil manual:

  1. Langkah pertama, Apabila kondisi jalan datar, silahkan anda injak pedal kopling mobil manual secara penuh. Tujuan dari kopling yang ditekan secara penuh adalah supaya tenaga mobil bisa lebih lancar dan juga untuk menjaga agar mesin mobil tidak mati yang disebabkan oleh kondisi pengereman mendadak Apabila terjadi adanya halangan, baik adanya lobang maupun kendaraan lain yang ada di depan kita.
  2. Langkah kedua, silakan Anda mulai putar setir kemudi sesuai dengan arah belokan. Apabila belokan mengarah ke kiri, maka silakan Anda putar setir kemudi ke kiri. Begitu juga sebaliknya, apabila arah belok kanan menuju ke kanan, maka silakan Anda putar setir kemudi ke kanan. Putar apa sesuai dengan kebutuhan.
  3. Perhatikan selalu marka jalan, jangan sampai Anda membelok namun roda mobil bagian sebelah kanan melewati marka jalan. Harap ingat,Pastinya dilarang untuk mendahului kendaraan lain. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya marka jalan berupa garis lurus tanpa putus-putus.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

Setelah anda berhasil bermanuver atau melewati belokan yang ada di Jalan Raya menggunakan mobil manual, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan kembali, yaitu:

Kondisi mobil yang ikut berhenti Setelah melewati tikungan atau belokan

Untuk menggerakkan mobil kembali, kita cukup mengangkat pedal kopling secara perlahan, karena dengan mengangkat pedal kopling secara perlahan, maka mobil perlahan-lahan akan bergerak. Dari proses melepas kopling secara tiba-tiba langsung penuh. Apabila kita terlalu cepat di dalam melepas pedal kopling, maka ada dua kemungkinan yaitu mobil melaju dengan menyentak atau mesin mobil mati.

Untuk menggerakkan mobil dari posisi mobil yang tidak berhenti, namun berkurang kecepatannya.

Untuk melanjutkan perjalanan dari kondisi ini, maka kita cukup mengangkat kembali pedal kopling secara perlahan-lahan, diimbangi dengan pedal gas yang diinjak secara perlahan-lahan dan disinkronkan dengan Proses pelepasan pedal kopling.

Itulah sejumlah cara mengendarai mobil manual di belokan secara umum yang bisa Anda praktekan setiap kali anda berkendara dan melewati belokan maupun tikungan, baik tikungan tajam maupun tikungan sedang. Mudah-mudahan, Penjelasan diatas bisa memberikan manfaat bagi pengunjung sekalian sehingga kegiatan berkendara Anda Di jalan umum akan semakin nyaman dan aman. Terima kasih dan selamat mencoba.

Baca Juga:   Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *