Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan Macet

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan Macet

Bagi sejumlah orang, mengemudi mobil merupakan hal yang cukup sulit. Tentunya dibutuhkan kecepatan, keberanian serta ketelitian yang cukup tinggi ketika seseorang mengemudi mobil untuk dikendarainya di jalan raya. Bagi anda yang sudah terbiasa mengendarai mobil tentunya tidak terlalu bermasalah. Hanya saja, kadangkala sebagai seorang pengemudi yang baik kita harus siap mengendarai mobil dalam segala kondisi dan situasi, baik dalam kondisi jalan membelok, jalan lurus, jalan menurun, jalan macet, serta jalan menanjak. Untuk kondisi jalan terakhir ini pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya khusus untuk anda. Artikel mengenai cara mengendarai mobil manual di tanjakan macet tentunya sebagai salah satu referensi yang bisa anda gunakan sebagai panduan di dalam menempuh perjalanan ketika menemukan kondisi jalan menanjak dan ditambah dalam kondisi macet.

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan Macet

Sebenarnya, cara mengendarai mobil manual bagi pemula apabila tidak dalam kondisi jalan menanjak dan macet bukanlah hal yang terlalu sulit. Pada kondisi tersebut hanya dibutuhkan teknik mengkombinasikan kan tiga buah pedal dalam ruang kemudi. Namun kondisinya akan berbeda apabila kita ingin belajar bagaimana cara mengendarai mobil manual saat tanjakan macet, yang mana kondisi macet merupakan salah satu tantangan tersendiri di dalam mengendarai mobil manual.

Secara umum, setiap medan memang memerlukan teknik tersendiri untuk bisa dilewati. Pada kondisi jalan yang datar dan lurus tentunya membutuhkan teknik yang berbeda dengan kondisi jalan yang menanjak, apalagi jika ditambah situasi yang macet. Demikian juga cara mengendarai mobil manual di tanjakan dalam kondisi tapi tentunya berbeda dengan cara mengendarai mobil manual di tanjakan ketika dalam kondisi ramai atau macet.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba menjabarkan sejumlah tips atau cara mengendarai mobil manual untuk pemula terutama yang sedang menghadapi medan di jalan yang menanjak dan juga dalam kondisi macet. Pada saat anda berkendara pada jalan yang menanjak dan maja tentunya anda sangat sering di dalam menggunakan pedal gas dan pedal kopling secara bergantian.

Cara mengendarai mobil manual di tanjakan macet

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengendarai mobil manual di tanjakan macet:

  1. Apabila tanjakan yang hendak dilalui tidak terlalu tinggi, maka posisi tuas persneling pada 2 dan 3 sudah cukup tenaga untuk mengangkat beban kendaraan. Akan tetapi, apabila jenis tanjakan cukup tinggi, maka lebih baik anda menggunakan posisi tuas persneling pada angka 1. Takutnya, apabila kita memaksakan posisi persneling pada angka 2 atau 3, malah tidak kuat yang akhirnya mesin kendaraan akan mati atau kendaraan mundur.
  2. Ketika sedang asik-asiknya menanjak, tiba-tiba di depan cukup ramai dan kondisinya macet, maka secara reflek kita harus menghentikan laju kendaraan. Tentunya keringat dingin akan bercucuran bagi pemula yang menghadapi kondisi tersebut.
  3. Hilangkan rasa panik secepat mungkin. Cara yang bisa anda tempuh di dalam mengatasi kondisi jalan macet di tanjakan bisa dilakukan dengan beberapa pilihan. Pilihan pertama adalah dengan perlahan-lahan, silahkan anda injak pedal kopling dan pedal rem sampai dengan mobil dalam kondisi berhenti. Tahan terus untuk posisi tersebut, kemudian silahkan anda masukkan tuas persneling ke posisi netral. Setelah tuas persneling berada pada posisi netral, barulah anda bisa mengangkat pedal kopling. Baji diingat bahwa pedal rem harus tetap diinjak supaya mobil tetap dalam kondisi diam.
  4. Alternatif lain selain memakai pedal rem yang diinjak, dapat pula memakai alternatif yaitu memakai hand rem. Silakan anda angkat handrem, kemudian setelah hand rem perangkat secara sempurna barulah anda dapat melepas pedal rem yang sebelumnya sedang diinjak. Dalam kondisi ini, tentunya mobil bisa berhenti dan posisi kaki kita dapat beristirahat untuk sementara waktu guna menghilangkan rasa pegal-pegal.anda bisa mencoba untuk menggoyang-goyangkan kaki supaya lebih rileks.
  5. Sebenarnya, bagi sejumlah pengguna yang sudah cukup mahir dan ekspert di dalam mengoperasikan mobil, maka anda bisa mengkombinasikan penggunaan pedal kopling dan rem dengan mengatur tingkat kedalaman injakan pada kedua pedal tersebut. Biasanya, dengan posisi pedal kopling diinjak setengah dan pedal gas diinjak setengah, maka akan membuat mobil diam di tempat.
  6. Teknik berikutnya adalah bagian yang tersulit untuk dipelajari guna bisa mengendarai mobil manual di tanjakan yang macet dengan sukses. Pada tahapan ini tentunya membutuhkan keterampilan dan latihan yang ekstra keras supaya benar-benar mampu melaksanakannya.
  7. Langkah awal supaya mobil bisa kembali berjalan pada posisi diam di tanjakan yang macet adalah dengan menekan pedal gas secara perlahan diikuti dengan mengangkat pedal kopling sedikit demi sedikit untuk menyeimbangkannya.
  8. Langkah berikutnya, apabila tenaga mobil sudah cukup mampu di dalam mengangkat beban mobil apa yang maka silahkan lepaskan secara perlahan hand rem yang sebelumnya mengunci laju mobil.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Alarm Mobil Avanza Yang Error

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengendarai mobil manual di tanjakan macet dengan baik dan benar sehingga anda mampu melewati berbagai macam rintangan yang kadangkala ditemukan pada saat anda menempuh perjalanan jauh. Terima kasih dan selamat belajar, semoga cepat sukses di dalam menguasai dan mengendarai mobil manual di tanjakan yang sedang macet. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *