Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Agya Dengan Memahami Fitur Yang dimilikinya

Cara Mengendarai Mobil Matic Agya Dengan Memahami Fitur Yang dimilikinya

Memahami fitur yang dimiliki oleh Toyota Agya TRD-S matic merupakan salah satu bagian dari belajar cara mengendarai mobil matic Agya dengan baik dan benar. Memang, rasanya seperti mimpi bagi saya ketika dipercayai untuk duduk di bangku kemudi Toyota Agya TRD-S Matic. Kendaraan roda empat Agya matic tentunya belum pernah saya kendarai Apalagi saya termasuk salah satu orang yang tinggal di pedesaan. Modal pengalaman dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraan roda empat tentunya menjadi bekal saya sehingga rasa berani dan percaya diri untuk tetap duduk di bangku kemudi mobil matic Agya tetap saya hadapi.

Cara Mengendarai Mobil Matic Agya

Demi keselamatan apa yang terlebih dahulu saya pastikan bagian pedal gas dan pedal rem dengan cara saya perhatikan dengan seksama. Langkah berikutnya Ternyata saya tidak bisa memasukkan kunci kontak pada bagian setarter. Ternyata posisi  setir kemudi haruslah dalam  kondisi lurus ketika kita hendak menstater mobil Toyota Agya matic.

Cara Mengendarai Mobil Matic Agya

Saya mencoba untuk memutar setir sedikit ke kanan  dan ke kiri Sambil mencoba terus menggerakkan posisi kunci kontak ke bagian starter dan ternyata akhirnya Star terpisah berfungsi,  mesin mobil bisa dihidupkan, hand rem bisa dilepas, rem dapat diinjak, lalu tombol yang ada pada pangkal hendel ditekan serta transmisi saya coba pindahkan ke posisi D4, lalu saya lepaskan rem secara perlahan tanpa ada injakan pada pedal gas dan ternyata mobil Agya matic bisa melaju ke depan dengan sendirinya.

Tombol yang ada pada bagian pangkal hendel ditekan ketika kita hendak mengubah posisi tuas transmisi. Berikutnya, saya mencoba untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi R yang tentunya diawali dengan menekan bagian tombol yang ada di Pangkal handle transmisi. Mobil Agya matic pun bisa mundur Dengan sempurna. Kelihatannya, mobil Toyota Agya matic bisa dikendarai lebih mudah disebabkan karena kita tidak perlu direpotkan untuk menekan pedal kopling ketika hendak memindah tuas transmisi.

Berikutnya, saya melakukan uji coba dengan cara mengutak-atik bagian saklar lampu, baik pada bagian saklar untuk lampu kabut dan lampu dekat. Semua bagian itu dapat diatur dengan cara memutar pada bagian ujung hendel. Sementara itu untuk lampu sen kanan Bisa dinyalakan dengan cara menarik hendel ke belakang, lalu lampu sen kiri bisa menarik hendel kedepan. Untuk lampu dim, bisa menarik hendel kebagian atas. Hendel ke bawah digunakan untuk menyalakan lampu sorot jauh.

Wiper tidak lupa saya coba  guna menggerakan bagian pembersih air hujan yang ada pada kaca bagian depan. Setelah semuanya paham, saya mencoba untuk mengendarai mobil dengan cara mengeluarkan dari Garasi. Semuanya berjalan dengan lancar dan Saatnya untuk mengemudikan Toyota Agya matic tersebut ke jalan umum bersama dengan keluarga.

Dengan berdoa terlebih dahulu,  kami mulai menempuh perjalanan dimalam hari. 3 orang bisa masuk ke kursi bagian belakang, lengkap dengan 3 safety belt.  Sebenarnya, 4 orang pun bisa masuk dalam kondisi darurat. Penempatan tas serta barang-barang bawaan bisa masuk ke bagasi belakang karena cukup luas.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Selanjutnya, mobil Toyota Agya matic bisa melaju dengan kecepatan sedang, yang mana prinsip untuk berkendara aman tetap saya ingat selalu, terutama pada jarak 3 detik untuk selalu dalam kondisi aman. Maksudnya,  kita selalu menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan kita, ketika mobil di depanmelewati salah satu tanaman yang berada di tepi jalan, maka selama 3 detik berikutnya, kita baru sampai pada tanaman tersebut. Itulah yang namanya jarak aman 3 detik.

Pada saat kita mengendarai mobil  Toyota Agya matic di jalan yang lantai dan lurus, maka kita bisa memposisikan transmisi pada D4. Kita bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi 3 Apabila kita hendak melewati tanjakan yang sedikit tinggi. Posisi 2, bisa kita gunakan ketika hendak melewati jalan dengan tanjakan yang ekstrim. Tuas transmisi yang lain diantaranya adalah N untuk posisi Netral dimana posisi tersebut mengindikasikan mobil dalam kondisi berhenti dan dapat maju mundur dengan cara didorong.

Kemudian, posisi transmisi yang lain adalah P dimana posisi tersebut digunakan untuk parkir. Pada transmisi ini, tentunya mobil Toyota Agya matic bisa berhenti dengan sempurna tanpa bisa digerakkan baik mundur maupun maju. Selanjutnya, terdapat tombol Shift lock pada posisi di depan transmisi P. Fungsi dari tombol ini adalah untuk mengunci posisi  tuas transmisi pada sebuah posisi tertentu agar tidak dapat dipindah-pindah.

Selanjutnya Diperjalanan kami menemui adanya lampu merah. Saya Mencoba Untuk menggeser tuas transmisi ke posisi P. Ternyata, seluruh roda bisa terkunci secara otomatis pada posisi ini. Jadi, secara otomatis mobil Toyota Agya matic tidak bisa bergerak baik mundur maupun maju. Dalam kondisi ini pula tentunya pedal rem tidak perlu diinjak. Hanya saja, kita harus selalu waspada ketika hendak menggeser tuas transmisi ke posisi D4.

Anda harus memastikan lebih dulu bahwa pedal rem sudah ditekan, karena  pada tuas transmisi terdapat posisi R atau Reverse yang berada diantara tuas transmisi P dengan D4. Apabila kita tidak ingat untuk menekan pedal rem, maka akibatnya mobil toyota Agya matic akan sedikit mundur pada saat tuas transmisi lewat posisi R dan suara yang sedikit mengerikan akan terdengar dari dalam mesin. Intinya, pastikan bahwa pedal rem sudah diinjak pada saat anda hendak menggeser posisi tuas transmisi dari P ke D4.

Persimpangan yang ada lampu merahnya sudah berhasil saya lewati, Saya sesekali memantau bagian belakang mobil lewat kaca spion sebelah kanan dan kiri, termasuk menggunakan kaca spion yang ada di tengah. Spion sebelah kiri dan kanan dapat diputar keempat Arah, yaitu kiri kanan dan atas bawah. Hal tersebut bila dilakukan bisa dilakukan secara elektrik tentunya dengan memanfaatkan tombol Mirror yang berada dibagian sebelah kanan speedometer.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki TV Mobil Yang Mengalami Mati Total

Selanjutnya, pada speedometer juga disediakan jarum penunjuk kecepatan dalam skala KPJ, petunjuk digital KM yang sudah pernah ditempuh serta petunjuk volume tangki bahan bakar serta penunjuk waktu atau jam. Disediakan setik yang bergambar jam yang digunakan untuk mengatur waktu yang ada pada jam tersebut. Selain itu, setting kilometer digital juga bisa dilakukan guna menampilkan informasi jarak yang telah ditempuh, rata-rata KM atau jarak yang dapat ditempuh setiap 1 liter bahan bakar, sisa jarak atau KM yang dapat ditempuh dengan bahan bakar yang  terdapat pada tangki bahan bakar, Fasilitas yang dapat kita gunakan untuk mereset menjadi Mall kemudian menghitung kembali jarak atau KM nantinya hendak ditempuh/trip.

Sarana hiburan juga  disediakan pada Toyota Agya matic yaitu adanya fitur CD MP3 lengkap dengan USB player. Disediakan pula radio AM-FM. Saya mencoba untuk menekan tombol besar yang ada di tengah Siti player guna menghidupkan alat tersebut. Hasilnya adalah radio berhasil dihidupkan. Untuk mengatur volume, kita bisa memutar bagian tombol besar tersebut. Guna menggeser channel radio, kita dapat dengan mudah menekan dengan cukup lama tombol track atau tune sampai terdengar bunyi “tit”, yang nantinya proses pencarian akan otomatis dilakukan.

Bagian selanjutnya adalah AC yang bisa diatur dengan cara memutar  tombol yang ada di bagian depan pengemudi. Disediakan kecepatan hembusan AC mulai dari 1 sampai dengan 4. Semakin besar angkanya, maka tentunya akan semakin dingin suhu yang didapat. Tombol yang ada di sebelahnya juga bisa digunakan untuk mengatur tingkat kedinginan dari suhu AC tersebut.

Anda termasuk orang yang gemar merokok? Mobil Toyota Agya matic sudah mempermudah anda dengan fasilitas pematik api yang sudah disediakan di bagian -board. Anda cukup menekan tombol tersebut beberapa detik, maka bara api akan didapat. Anda bisa menyalakan rokok dengan menggunakan Bara tersebut. Selain itu, bagian tersebut juga bisa digunakan  untuk charge  Ponsel. Caranya cukup modal, Yaitu anda cukup memasukkan charge ponsel special, maka tentunya kita tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai ponsel atau smartphone pada saat bepergian jauh.

Salah satu fasilitas yang digunakan untuk mengamankan penumpang anak-anak  adalah dengan adanya fasilitas “lock” yang ada di dalam pintu bagian dalam. Tombol “lock” tersebut berada di bagian dalam pintu belakang yang mana ketika tombol “lock” tersebut aktif, maka pintu tidak bisa dibuka dari bagian dalam mobil, namun harus dibuka dari bagian luar mobil. Tentunya, fasilitas ini sangat aman bagi anak-anak yang hendak ditempatkan di bagian belakang mobil.

Seperti pada umumnya, fasilitas power window dilengkapi pada setiap pintu dimana masing-masing penumpang bisa menaikkan dan menurunkan kaca jendela Lewat Pintu tersebut. Selain itu, di bagian pengemudi juga disediakan 4 buah tombol fungsi yang digunakan untuk mengontrol kaca jendela sehingga bisa menaikkan dan menurunkan kaca jendela dari pengemudi. Selain itu, pada pengemudi juga disediakan tombol window lock yang digunakan untuk  mengunci kaca jendela supaya tidak bisa diturunkan ataupun dinaikkan oleh penumpang kelewat pintu mobil yang bersangkutan. Fasilitas ini tentunya akan meningkatkan keamanan pada mobil Toyota Agya matic tersebut.

Baca Juga:   Cara Belajar Mengendarai Mobil

Bagasi belakang pada mobil Toyota Agya matic bisa dibuka dengan cara menarik tuas bagasi yang posisinya ada disebelah kanan bawah pengemudi. Pada bagian tersebut juga terdapat tuas yang bisa digunakan untuk membuka bagian  penutup bahan bakar. Bagasi luar juga tentunya bisa kita buka dengan menggunakan kunci kontak mobil. Sementara itu, kap mesin yang berada di depan bisa dibuka dengan cara menarik bagian tuas yang posisinya berada di atas pedal gas dan rem.

Ketika tuas tersebut ditarik, maka tentunya kap mesin depan tidak serta-merta akan terbuka. Tentunya kita harus mengangkat secara manual dengan cara  meraba terlebih dahulu bagian dalam kap. Anda harus hati-hati, Jangan sampai salah pegang. Apabila bingung silahkan anda tanyakan pada orang yang sudah berpengalaman dan benar-benar mengerti Bagaimana cara membuka kap mobil Toyota Agya matic.

Tidak terasa, perjalanan saya sudah sampai di tujuan. Saya mencoba untuk  memarkir kendaraan, lalu memposisikan tuas transmisi di P. Sebelum saya keluar dari mobil, terlebih dahulu saya coba luruskan roda mobil, selalu kemudian mematikan mesin mobil dan mencabut kunci kontaknya. Setelah itu, saya coba untuk menggerakan setir kemudi sedikit ke kiri dan ke kanan sampai dengan terdengar bunyi “klik” yang menandakan bahwa setir kemudi sudah dalam kondisi terkunci.

Tidak lupa pula saya gunakan hand rem untuk lebih mengamankan mobil dari pergerakan yang tidak diinginkan. Setelah itu, saya keluar dari mobil Toyota Agya matic dan saya ikuti dengan menekan tombol lock yang berada pada remote control. Alarm pun berbunyi dan menandakan bahwa mobil sudah dalam kondisi terkunci semuanya. Apabila ada salah satu pintu yang tidak tertutup dengan rapat, maka tentunya alarm akan berbunyi. Anda tidak perlu panik, cukup menekan kembali tombol unlock yang ada pada remote, lalu coba lagi untuk memastikan penutupan pintu mobil sudah dilakukan dengan rapat. Setelah itu silahkan anda tekan kembali tombol lock yang ada pada remote control.

Demikianlah tutorial singkat mengenai Cara Mengendarai Mobil Matic Agya yang mana acara tersebut merupakan hasil pengalaman di dalam menempuh perjalanan menggunakan mobil Toyota Agya matic. Dengan melihat pengalaman tersebut, yang tentunya anda bisa mengambil artikel ini sebagai bahan referensi dan rujukan di dalam mengoperasikan mobil Toyota Agya matic dengan baik dan benar sehingga perjalanan Anda semakin menyenangkan karena berbagai macam fitur serta fasilitas yang diberikan pada mobil Toyota Agya matic ini sangatlah menarik. Terima kasih dan selamat belajar, semoga cepat menguasai kendaraan mobil Toyota Agya matic ini.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *