Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengendarai mobil matic Ayla yang didalamnya masih menggunakan sistem transmisi otomatis konvensional yang menggunakan empat tingkat kecepatan. Kesederhanaan teknologi transmisi otomatis pada mobil matic Ayla yang membuat sebutan konvensional, yaitu teknologi mobil matic yang belum terlalu kompleks. Pada model mobil matic Ayla ini tidak didukung oleh mode power atau sport. Tentunya, berkendara menggunakan mobil matic Ayla hampirlah sama dengan mengendarai mobil berteknologi transmisi manual.

Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Mobil yang menggunakan transmisi otomatis atau lebih dikenal dengan sebutan automatic transmission/AT adalah sebuah teknologi yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama kaum hawa. Kondisi jalan yang sering macet seperti Jakarta tentunya sangat membutuhkan keberadaan mobil matic Ayla. Dengan menggunakan mobil matic Ayla di jalan raya yang cukup macet, maka tingkat kesabaran dari pengemudi akan tetap terjaga dan rasa aman dan nyaman tetap didapat. Dengan menggunakan mobil matic Ayla, maka setiap pengendara akan bisa dengan sabar menghadapi seluruh tekanan psikologis Akibat adanya kemacetan yang cukup panjang.

Ternyata, tidak semua pengendara mobil manual bisa langsung berpindah serta beradaptasi di dalam mengendarai mobil automatic, walaupun proses berkendara bisa dilakukan lebih nyaman. Tentunya, Letak perbedaan dari mobil bertransmisi manual dengan mobil bertransmisi otomatis adalah pada bagian tuas persneling. Pada tuas persneling mobil Ayla diberikan pilihan R, P, D, N, D-3 atau 3 (OD), 2 dan L.selain berbeda pada bagian tuas persneling, mobil manual juga membutuhkan injakan pedal kopling pada saat hendak memindah posisi tuas transmisi. Berbeda dengan proses perpindahan tuas transmisi pada mobil Ayla matic yang cukup membutuhkan penekanan pada pedal rem untuk menghindari mobil langsung berjalan.

Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Berikut ini adalah beberapa langkah mengoperasikan mobil matic Ayla secara umum berdasarkan penggunaan tuas transmisi.

1. Parkir/park yang dilambangkan huruf P.

Ketika tuas transmisi ada pada posisi P, maka mobil tidak akan bisa berjalan disebabkan sistem dari parking lock assembly bekerja, namun mesin mobil dapat dihidupkan. Ketika tuas transmisi otomatis berada pada posisi P, maka kondisi tekanan oli yang ada pada transmisi akan secara langsung diumpan balikan ke bagian bak penampungan. Kondisi ini Tentunya belum bisa mengoperasikan berbagai macam alat kontrol pada sistem penggerak transmisi atau control device.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Avanza Matic Dengan Benar

Tentunya setiap produsen transmisi otomatis akan selalu membuat pertimbangan dari beragam aspek untuk menjaga keselamatan penggunanya. Sebagai contoh, mesin mobil hanya bisa dihidupkan ketika tuas transmisi ada di posisi Netral/N dan posisi parkir/P. Anda tentunya bisa membayangkan ketika mesin mobil bisa dihidupkan disemua transmisi. Pastinya, setelah mobil berhasil distarter, maka mobil tersebut akan bisa langsung jalan. Tentunya kondisi ini sangatlah berbahaya baik bagi pengendara maupun bagi Jalan lainnya.

2. Mundur/reverse yang dilambangkan huruf R.

Apabila tuas transmisi otomatis berada pada huruf R, maka mobil dapat berjalan mundur kebelakang. Rata-rata, mobil bertransmisi otomatis akan sedikit terasa adanya hentakan pada saat kita memindah tuas transmisi ke posisi R dari posisi P. Hal tersebut terjadi karena adanya kenaikan tekanan oli di dalam bagian hidrolis pada ruang transmisi. Kenaikan adanya tekanan oli ini, atau yang sering disebut dengan Booster, mempunyai maksud guna menaikkan kekuatan cengkram mekanik yang ada pada plat kopling dan plat baja di dalam sistem transmisi otomatis. Tujuan dari hal tersebut adalah guna menghindari terjadinya selip kopling ketika dilakukan proses pergeseran torsi bagian roda penggerak yang berasal dari mesin.

3. Netral/ neutral yang disimbolkan dengan huruf N.

Apabila tuas transmisi otomatis berada pada posisi N, maka kondisi mesin mobil dapat dinyalakan, namun tidak bisa berjalan. Rata-rata, posisi transmisi N ini dipilih oleh pengguna pada saat mobil hendak berhenti sebentar. Contohnya, ketika di perempatan jalan lampu merah menyala. Dengan memanfaatkan posisi tuas transmisi pada N, maka kitabisa sedikit menghemat komponen kanvas rem serta bagian pelat baja atau kanvas kopling. Dengan memilih posisi tuas transmisi di posisi N, kita juga mendapatkan keuntungan yaitu mobil tidak bergerak sendiri atau istilahnya nyelonong. Disamping itu, posisi transmisi N juga digunakan ketika mobil dalam kondisi parkir paralel. Mesin mobil bisa dihidupkan juga ketika posisi tuas transmisi ada di N.

4. Drive yang dilambangkan dengan huruf D.

Ketika anda hendak menjalankan ke depan mobil matic Ayla, maka silahkan anda posisikan tuas transmisi di D. Secara otomatis, semakin cepat mobil matic Ayla bergerak, maka perpindahan percepatan akan berlangsung secara otomatis, mulai dari posisi Gear 1 sampai dengan Gear 3. Proses perpindahan tersebut tentunya benar-benar berlangsung otomatis, tanpa kita harus menginjak pedal kopling.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Dasbor Mobil Secara Umum

Cukup dengan menekan atau menginjak pedal gas, maka perpindahan percepatan akan berjalan secara otomatis. Tentunya, proses perpindahan kecepatan secara otomatis tersebut terjadi manakala kecepatan mobil matic Ayla meningkat. Proses perpindahan posisi gear ini dikontrol oleh sensor yang namanya VSS atau vehicle speed sensor. Mobil juga dimungkinkan melakukan akselerasi ketika tuas transmisi ada di posisi D.

Langkah supaya mobil bisa berakselerasi dilakukan dengan cara menginjak pedal gas dalam-dalam. Dengan begitu, maka dengan otomatis besarnya rasio gear menurun satu tingkat. Misalnya, ketika sebelum akselerasi posisi gear ratio ada di 4, maka secara otomatis akan turun ke Gear 3. Begitu juga ketika sebelum akselerasi posisi gear berada pada angka 3, maka secara otomatis akan turun ke angka 2. Begitu juga seterusnya. Akselerasi ini Tentunya dibutuhkan pada saat Anda hendak mendahului atau menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Ketika tuas pedal gas diinjak, maka TPS atau throttle position sensor akan mengatur tegangan listrik. Bagian tersebut nantinya akan menginformasikan dengan sinyal kebagian sistem transmisi otomatis yang berupa bagian elektronik ( TCU atau transmission control unit dan bagian PCM atau powertrain control module) guna melakukan pengalihan tekanan oli kepada ke gear yang lebih rendah sehingga mobil bisa berakselerasi.

Ketika sensor VSS pada mobil mencatat adanya peningkatan kecepatan pada angka tertentu, maka secara otomatis posisi gear akan kembali naik dan Laju kendaraan akan kembali lebih cepat. Perlu diketahui bahwa masing-masing mobil matic memiliki besarnya rasio Gear yang berbeda yang semuanya diatur secara komputer oleh bagian PCM dan TCU.

5. Overdrive yang disimbolkan dengan huruf D-3 atau OD.

Sebenarnya, fungsi dari posisi gear OD atau D-3 cukuplah sederhana, namun banyak yang belum tahu. Ketika anda memindah posisi tuas transmisi ke D-3 atau OD, maka posisi Gear berpindah dari Gear 1 ke Gear OD. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar akan semakin hemat dan emisi gas buang akan dikurangi. Posisi transmisi OD atau D-3 Yoga akan melakukan pembatasan perpindahan kecepatan secara otomatis paling tinggi pada Gear 3. Secara umum ini Tentunya akan terasa cocok apabila anda mengendarai mobil matic Ayla dengan kecepatan maksimal 60 km per jam.

Baca Juga:   Cara Belajar Mengendarai Mobil

6. Intermediate yang dilambangkan dengan D-2 atau 2.

Tuas transmisi ini digunakan untuk membatasi kecepatan maksimal pada posisi Gear 2 sehingga perpindahan percepatan otomatis tidak akan bisa sampai ke posisi Gear 3. Selain itu, pada posisi transmisi ini, sistem akan secara otomatis menghidupkan compression packing atau sering disebut dengan istilah engine brake pada mobil manual. Tentunya fasilitas ini berfungsi untuk memberikan pengereman menggunakan mesin ketika mobil melaju di turunan sehingga beban dari badan semakin diperingan.

Namun perlu diingat bahwapemakaian compression freaking yang cukup lama akan menjadikan suhu oli transmisi meningkat, Kondisi oli yang tepat sekali kotor sehingga akan mengakibatkan umur pakai oli akan lebih pendek. Pada posisi transmisi ini, tenaga pada mesin mobil matic Ayla juga meningkat sehingga mampu digunakan untuk berjalan di tanjakan yang panjang dan tajam.

7. Low disimbolkan dengan huruf L.

Posisi transmisi ini Tentunya mirip dengan D-2 atau 2 yang mana pada posisi transmisi L ini, posisi Gear ditahan pada angka 1. Secara umum, posisi Gear 1 pada setiap kendaraan akan memiliki kekuatan yang cukup besar sehingga dia cocok digunakan untuk melintasi jalanan yang menanjak atau menurun dengan tingkat keterjalan cukup ekstrim. Dengan menempatkan posisi gear pada L ini, maka mobil matic Ayla cukup mampu digunakan untuk melewati Medan yang cukup sulit. Apabila anda sudah masuk ke jalan yang normal, yaitu jalan yang rata maka silahkan kembalikan tuas transmisi di D.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara mengendarai mobil matic Ayla yang mudah-mudahan mampu memberikan pencerahan bagi anda terutama di dalam memahami posisi tuas transmisi yang ada pada mobil matic Ayla. Pemahaman mengenai tuas transmisi yang ada di mobil matic Ayla ini sangatlah penting karena bermodalkan hal tersebutlah Anda bisa mulai mencoba di dalam mengoperasikan dan mengendarai mobil matic Ayla dengan benar. Hasilnya adalah kondisi kendaraan mobil matic Ayla akan terjaga dan keselamatan anda akan bisa lebih ditingkatkan. Terima kasih dan selamat belajar.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *