Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet adalah salah satu hal yang harus ditempuh oleh setiap pengguna mobil matic supaya lebih lihai di dalam mengendarai mobil matic baik di tanjakan yang sepi maupun di tanjakan yang rame dan tentunya terjadi kemacetan. Tentunya, dengan menguasai mobil matic di tanjakan macet akan mengurangi resiko kecelakaan, baik pada mobil yang ada di depannya maupun yang ada di belakangnya. Kemudahan didalam memindah posisi tuas persneling merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mobil matic. Dengan dihilangkannya fitur pedal kopling pada mobil matic akan membuat setiap pengguna lebih mudah di dalam mengganti posisi gear atau Gigi.

Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet tentunya lebih mudah dibandingkan dengan cara mengendarai mobil bertransmisi manual. Tentunya kondisi inilah yang membuat setiap pengemudi wanita merasa cukup kesulitan didalam memindah posisi tuas persneleng karena harus meng kombinasikan dalamnya tekanan pada pedal gas dan proses mengangkat pedal kopling.

Kesulitan-kesulitan itulah yang membuat setiap pengendara wanita untuk lebih memilih jenis mobil matic untuk menunjang kegiatan berkendara sehari-hari. Kesalahan kecil di dalam mengendarai mobil matic di tanjakan macet merupakan salah satu hal yang wajib untuk dihindari karena bisa mempengaruhi pengendara yang lainnya. Oleh sebab itulah Ada beberapa cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet supaya bisa mengamankan baik pengendara mobil matic itu sendiri maupun pengendara di sekitar mobil yang dikendarainya.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil CVT atau Mobil Matic

Secara umum, cara mengendarai mobil matic di tanjakan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hal tersebut dikarenakan pengendara tidak perlu dipusingkan dengan proses pemindahan gigi menggunakan tuas transmisi, namun secara otomatis transmisi yang ada pada mobil akan bergeser sendiri sesuai dengan kecepatan mobil tersebut.

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet

Untuk membantu anda di dalam memahami Bagaimana cara mengendarai mobil matic di tanjakan maka dibawah ini akan saya sampaikan beberapa poin penting di dalam mengendarai mobil matic di tanjakan.

  1. Tahap pertama, sebelum Anda masuk ke jalan yang menanjak ngapain melakukan analisa terlebih dahulu seberapa curam tanjakan yang hendak Anda lewati tersebut. Sebagai contoh, misalnya ketika ada tanjakan di daerah perkotaan, maka rata-rata memiliki tanjakan yang landai. Dengan kondisi tersebut, maka tentunya tuas transmisi pada posisi D lebih dari cukup untuk melewati tanjakan tersebut.
  2. Pada Tahap kedua, apabila anda hendak masuk ke tanjakan yang terdapat pada daerah pegunungan, maka rata-rata panjang tersebut memiliki tingkat kecuraman yang tinggi. Oleh sebab itulah, anda bisa menggunakan posisi tuas persneling pada D2 supaya Anda lebih mudah melewati tanjakan tersebut. Ketika anda menemukan tanjakan yang benar-benar sangat curam maka anda bisa memanfaatkan posisi tuas persneling pada L atau “Low” supaya tenaga mobil bisa lebih kuat untuk menanjak.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

Cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet tentunya sangat berbeda dengan cara mengemudi mobil manual karena ketika kita mengemudi mobil manual maka akan banyak bagian yang perlu digunakan, yaitu dengan menekan pedal rem, lalu pedal kopling dan setelahnya Baru melakukan pemindahan posisi tuas transmisi ke Netral atau N.

Berbeda dengan penggunaan mobil matic dimana kita hanya membutuhkan langkah untuk menginjak pedal rem. Pada saat kita hendak mengendarai mobil matic di tanjakan yang macet, maka tentunya hanya dibutuhkan logika matang serta memanfaatkan pedal gas dan pedal rem sehingga mobil mampu melaju dan berhenti di tanjakan Berulang kali,tentunya dengan menyesuaikan situasi dan kondisi jalan di tanjakan tersebut.

Cukup mudah bukan cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet. Mudah-mudahan, dengan adanya Artikel perang jembatan kali ini, maka anda sudah bisa mendapatkan gambaran secara umum bagaimana cara mengendarai mobil matic di tanjakan macet dengan baik dan benar sehingga akan mengamankan baik pengemudi mobil maupun Pengendara kendaraan disekitarnya. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Baca Juga:   Penyebab Power Window Mobil Macet

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *