Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Mobil matic Honda Brio adalah salah satu produk unggulan dari Honda yang dibuat untuk membantu memberikan kenyamanan kepada keluarga anda ketika hendak menikmati perjalanan bersama keluarga. Satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap pengendara mobil matic adalah belajar bagaimana cara mengendarai mobil matic Honda Brio yang mana mobil matic Honda Brio tersebut tentunya memiliki beberapa fitur yang perlu kita pahami terlebih dahulu.

Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Supaya Anda lebih mudah di dalam mempelajari cara mengendarai mobil matic Honda Brio, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas mengenai tutorial serta panduan mudah di dalam mengendarai mobil matic Honda Brio, sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti pada saat hendak berkendara menggunakan mobil matic Honda Brio tersebut.

Walaupun secara umum cara mengendarai mobil matic Honda Brio hampirlah sama dengan cara mengendarai mobil matic dengan merk lainnya, namun tentunya panduan serta Langkah Demi Langkah tetap diperlukan supaya Anda lebih mantap lagi di dalam mengawali berkendara menggunakan mobil matic Honda Brio.

Mobil matic Honda Brio buatan pabrikan Honda ini merupakan salah satu jenis mobil yang memiliki segudang fitur dan tentunya siap memanjakan keluarga Indonesia di dalam menempuh perjalanan baik dalam jarak yang dekat maupun jauh. Untuk mengawali anda di dalam mempelajari cara mengendarai mobil matic Honda Brio, Berikut ini akan saya jabarkan bagian demi bagian langka berkendara di jalanan menggunakan mobil matic Honda Brio.

Cara mengendarai mobil matic Honda Brio

Di dalam mengendarai mobil matic Honda Brio tentunya kita harus memperhatikan kondisi jalan sehingga kita bisa menyesuaikan posisi tuas transmisi sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah pembahasannya.

Baca Juga:   Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

1. Ketika jalan dalam kondisi normal

Pada kondisi jalan normal, artinya mobil bisa melaju dengan kecepatan sedang, lalu lintas juga terlihat normal, Jalan dalam kondisi yang cukup baik, Lampu yang ada di jalan juga cukup mampu menerangi kondisi disekitarnya, maka posisi tuas transmisi ada di D adalah salah satu pilihan yang terbaik supaya mobil matic Honda Brio bisa melaju dengan lancar.

2. Ketika jalan dalam kondisi macet

Bisa dipastikan, mengemudi mobil manual lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan mengemudi mobil matic Honda Brio apabila dalam kondisi macet. Apabila kita mengendarai mobil bertransmisi manual, maka kita harus menekan pedal rem, kemudian menekan pedal kopling baru memindah posisi tuas transmisi ke N. Tentunya hal tersebut berbeda dengan mengendarai mobil matic dimana kita cukup menahan pedal rem dalam beberapa detik saja sesuai dengan kebutuhan.

3. Ketika mobil hendak berhenti Lama

Ketika kondisi jalanan cukup macet, dimana mobil bisa BERHENTI dalam durasi lebih dari 15 detik, sebagai contoh pada perempatan lampu merah, maka disarankan untuk menggunakan tuas transmisi di posisi N, kemudian ditambah lagi dengan mengaktifkan hand rem atau rem tangan. Teknik tersebut tentunya bisa digunakan untuk menghemat pemakaian bahan bakar serta sebagai langkah jaga-jaga dari adanya kemungkinan pengendara yang melepas pedal rem secara tidak sengaja.

4. Ketika mobil hendak melintasi jalan yang menanjak

Sebelum kita melewati jalan yang menanjak tersebut, tentunya setiap pengemudi mampu mengira-ira seberapa terjal tanjakan tersebut. Apabila tanjakan tersebut berada di tengah kota, maka rata-rata tanjakan tersebut Tidaklah terlalu terjal.

Anda bisa menggunakan posisi D untuk melewati tanjakan tersebut. Namun, apabila tanjakan terdapat di daerah pedesaan ataupun pegunungan, maka anda bisa menggunakan posisi tuas transmisi di D di karena biasanya tanjakan yang ada di pedesaan atau di daerah pegunungan cukuplah terjal. Bahkan, anda bisa menggunakan tuas transmisi di L atau low apabila kondisi tanjakan benar-benar Extreme.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Kopling Di Tanjakan

5. Ketika mobil hendak melintasi jalan yang menurun

Pada kondisi ini, maka setiap pengendara mobil matic Honda Brio disarankan untuk memindah tuas transmisi ke posisi yang ideal, supaya proses pengereman bisa dibantu oleh engine breake. Dengan adanya bantuan engine breake, maka rem mobil akan terjaga suhunya. Selain itu Teknik ini juga mampu menjaga sirkulasi oli dan BBM di dalam mesin.

Ketika anda hendak melintasi Jalan menurun yang ada di pedesaan Dimana tingkat kecurangan nya standar, maka anda bisa menggunakan posisi tuas transmisi di D, sedangkan apabila kondisi turunan cukup curam, maka silahkan anda geser tuas transmisi ke low/L.

6. Ketika mobil hendak menyalip kendaraan lain

Tentunya Anda harus mampu memperkirakan tenaga mesin yang dibutuhkan ketika hendak menyalip kendaraan lain. Kondisi ini tentunya harus dilakukan terlebih dahulu karena kita tidak bisa melakukan pemindahan gigi secara manual pada mobil matic Honda Brio. Jangan sampai mobil matic Honda Brio kehilangan percepatan ketika sedang dalam proses mendahului kendaraan lain.

Untuk bisa memperoleh percepatan yang maksimal ketika hendak menyalip, silahkan anda tekan pedal gas cukup dalam supaya posisi gear atau transmisi berpindah pada gear ratio yang paling tinggi yang mana akan membuat mobil bergerak cepat ke depan serta mampu untuk melewati kendaraan yang ada di depannya. Setelah anda berhasil menyalip atau melewati kendaraan yang ada di depannya, maka silahkan anda lepaskan secara perlahan-lahan pedal gas sehingga mobil matic Honda Brio akan memperoleh kecepatan yang stabil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Pengemudi mobil matic juga tentunya bisa memanfaatkan mode sport atau D2 sehingga bisa memperoleh percepatan yang cukup tinggi sehingga lebih mudah pada proses mendahului kendaraan lain. Setelah berhasil menyalip kendaraan di depannya, maka silakan kembalikan tuas transmisi pada posisi D.

7. Ketika mobil berada di jalur bebas hambatan atau jalan tol

Pada kondisi ini, tentunya setiap pengendara mobil matic Honda Brio bisa memakai posisi D pada tuas transmisi dengan cukup stabil. Supaya kecepatan tetap stabil dan posisi gear tetap tinggi serta hemat bahan bakar, maka pengendara diharapkan untuk tidak terlalu sering menginjak gas spontan. Apabila diperlukan, maka pengemudi mobil bisa mengaktifkan tombol overdrive yang mana fungsi dari tombol tersebut adalah untuk mendapatkan kecepatan pada gigi tertinggi serta menghemat BBM.

8. Ketika mobil hendak parkir atau berhenti

Pada saat Anda hendak memarkir mobil atau berhenti, silahkan anda tekan pedal rem sampai mobil benar-benar berhenti, kemudian geser tuas transmisi di N atau Netral. Selanjutnya silahkan anda tarik hand rem, lalu silahkan anda geser lagi tuas transmisi ke huruf P atau parkir. Langkah terakhir, silahkan anda matikan mesin mobil dengan cara memutar kunci kontak.

Demikianlah tutorial singkat dan lengkap mengenai cara mengendarai mobil matic Honda Brio yang bisa saya ulas dan jabarkan Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, tutorial lengkap ini mampu memberikan gambaran kepada anda secara umum bagaimana cara mengendarai mobil matic Honda Brio dengan aman dan nyaman, sehingga kegiatan berkendara Anda menggunakan mobil besutan Honda ini menyenangkan. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *