Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Innova

Cara Mengendarai Mobil Matic Innova

Penasaran Bagaimana cara mengendarai mobil matic Innova? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk menjabarkan secara rinci Bagaimana cara mengendarai mobil matic Toyota Innova yang tentunya sudah sangat menjamur popularitasnya di masyarakat Indonesia. Mobil matic Innova adalah salah satu terobosan yang dibuat oleh pabrikan Toyota guna memenuhi kebutuhan pasar keluar ke Indonesia yang memberikan kenyamanan yang lebih.

Cara Mengendarai Mobil Matic Innova

Mobil matic Innova adalah salah satu mobil yang memiliki kabin cukup luas dan lega sehingga cukup nyaman untuk ditumpangi banyak penumpang. Selain itu, suspensinya yang empuk membuat Setiap penumpang akan lebih nyaman lagi di dalamnya. Fasilitas lain yang tidak kalah pentingnya adalah Tersedianya transmisi matic pada mobil Inova sehingga pengendara akan lebih mudah di dalam mengoperasikannya serta tidak cepat lelah apabila menempuh perjalanan yang cukup jauh. Lalu, Bagaimana cara mengendarai mobil matic Innova supaya lebih aman dan nyaman serta awet? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Mengendarai Mobil Matic Innova

Rata-rata, tuas transmisi yang digunakan pada mobil matic Innova ketika berjalan di kondisi normal adalah pada posisi D atau Drive. Sementara itu, posisi tuas transmisi untuk L, 2 dan 3 secara umum jarang untuk digunakan. Selanjutnya, apabila kita mengendarai mobil matic Innova pada kecepatan 40 km per jam kemudian ingin mendahului kendaraan di depannya, maka anda bisa memindah sementara tuas transmisi pada posisi 2 supaya posisi gear turun ke gigi 2. Pada posisi ini, anda tentunya akan mendapatkan tenaga yang lebih pada mobil matic Innova. Selanjutnya, setelah anda berhasil mendahului kendaraan yang ada di depannya, maka anda bisa mengembalikan posisi tuas transmisi pada D.

Sebagai tambahan informasi saja, posisi gigi 1 pada mobil matic Innova mampu mencapai kecepatan sekitar 15 km per jam. Sementara itu, gigi dua bisa mencapai kecepatan sekitar 30 km per jam.ada juga khusus di dalam mengendarai mobil matic Innova, di mana ketika kita menekan pedal gas sampai mentok yang dinamakan kickdown,, maka secara otomatis posisi gigi akan turun dan kita juga akan mendapatkan tenaga yang cukup bagus dari mobil matic Innova tersebut.

Pada saat kita menggunakan tuas transmisi di posisi D, ketika RPM mesin sudah mencapai angka 1.500/2.000, mata secara otomatis posisi gigi akan naik. Namun, apabila kita coba pedal gas sampai mentok atau di kickdown, maka ketika RPM mesin mencapai 5.500 baru secara otomatis gigi Akan berpindah.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Brio

Selanjutnya, Ketika anda ingin mengubah posisi tuas transmisi dari posisi ke posisi L, 2, 3,, terlebih dahulu silahkan anda lihat Berapa kecepatan yang sedang ditempuh oleh mobil matic Innova tersebut. Sesuaikan proses pemindahan tuas persneling dengan kecepatan yang sedang ditempuh oleh mobil matic Innova sehingga mobil anda akan lebih awet lagi. Anda bisa menggunakan sedikit referensi top speed mobil matic Innova dibawah ini.

  1. Posisi gigi 1 bisa menempuh kecepatan maksimal 40 KM per jam dengan RPM lebih dari 5.000
  2. Posisi gigi 2 bisa menempuh kecepatan maksimal 80 km per jam dengan RPM lebih dari 5.000
  3. Posisi gigi 3 bisa menempuh kecepatan maksimal 120 km per jam dengan RPM lebih dari 5.000
  4. Posisi gigi 4 bisa menempuh kecepatan maksimal 160 km per jam dengan RPM lebih dari 5.000

Berdasarkan pengalaman yang pernah didapat oleh penulis, kecepatan maksimal yang bisa ditempuh oleh mobil matic Innova adalah 150 km per jam pada RPM 4000. Selanjutnya, mobil tersebut sudah tidak bisa naik kecepatannya. Padahal posisi gas sudah mentok. Oleh sebab itu, harus dihindari apabila anda sedang mengendarai mobil matic Innova dengan kecepatan 100 km per jam, anda memindah tuas transmisi dari D Posisi 2. Pastinya akan terjadi yang namanya engine over Run. Kalau sudah terjadi hal seperti itu, maka siap-siap saja untuk mengeluarkan uang cukup banyak guna memperbaiki sistem transmisi pada mobil matic Innova.

Bagi yang senang memacu kendaraan atau istilahnya kebut-kebutan, maka anda bisa memainkan posisi tuas transmisi pada L, 2, 3 dan D. Jadi intinya perlakuannya mirip dengan mobil manual. Pertama-tama, kita gunakan posisi L, terus injak pedal gas sampai dengan RPM menyentuh angka 5000. Setelah itu baru pindah ke posisi 2. Setelah posisi 2 mencapai kecepatan maksimal, Silakan anda geser tuas transmisi 3 dan seterusnya.Apabila anda melakukan pengereman dan kecepatannya turun, silahkan anda turunkan pula posisi tuas transmisi.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Apabila Anda ingin ngebut secara biasa maupun ngebut di jalan yang berkelok-kelok serta berada di luar kota yang biasanya memiliki tanjakan dan turunan yang cukup curam, maka silakan Anda posisikan tuas transmisi diangkat 3. Pada tuas transmisi diangkat 3, mobil matic Innova tidak terlalu ngeloyor karena proses perpindahan gigi yang berada pada RPM cukup tinggi.

Selain itu, proses membelok baik ke kiri maupun ke kanan bisa lebih mudah dikendalikan. Selain itu, anda juga bisa mencoba tuas transmisi di posisi D, namun Berdasarkan pengalaman membawa mobil matic Innova Pada tuas transmisi di jalanan yang berkelok-kelok dan menikung kurang santai dan kurang bertenaga. Pada posisi D mobil lebih enak digunakan untuk kebut-kebutan di dalam kota dengan kecepatan 80 km per jam ke bawah.

Selanjutnya, apabila anda hendak melewati jalanan yang menurun cukup panjang, silahkan anda memasukkan tuas persneling pada posisi gigi 2. Jangan gunakan gigi tiga karena hal tersebut membuat mobil terlalu ngeloyor. Dengan memasukkan tuas transmisi ke gigi 2, maka kita juga tidak perlu menginjak pedal rem secara terus-menerus. Hal tersebut sebagai antisipasi supaya rem tidak kepanasan atau overheat. Anda tentunya bisa bereksperimen, nyaman yang mana, Apakah menggunakan gigi 2 atau Gigi 3 pada kondisi tersebut.

Sementara itu, posisi gigi 1 digunakan ketika kita hendak melewati jalan yang tingkat kemiringannya cukup ekstrem, beban mobil cukup berat serta mobil sudah tidak kuat lagi digunakan untuk menanjak apabila menggunakan posisi gigi dua. Sementara itu, gigi D digunakan untuk perjalanan sehari-hari. Tentunya posisi ini adalah posisi yang paling irit dan paling santai dalam membawanya. Apabila Anda ingin sedikit ngebut di dalam kota, silahkan anda gunakan gigi 3. Namun tentunya hal tersebut akan membuat mobil lebih boros, namun lebih puas di dalam mengendarainya.

Masing-masing orang tentunya berbeda di dalam membawa mobil matic Innova. Nantinya, masing-masing pengguna akan lebih mudah menyesuaikan apabila sudah terbiasa di dalam membawa mobil matic Innova. Kadang, yang tidak mau pusing dengan posisi tuas transmisi, cukup menggunakan posisi D saja. Intinya, cukup bermodalkan rem dan gas kita bisa santai di dalam mengendarai mobil matic Innova. Namun tentunya apabila kita senang kebut-kebutan, posisi D bukanlah merupakan posisi yang tepat.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Mengalami Macet

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita menggunakan mobil matic Innova yaitu:

Terdapat dua cara didalam mengemudikan mobil matic Innova, ketika kita hendak mundur yaitu cara halus dan cara kasar. Cara halusnya adalah dimulai dengan cara menempatkan tuas transmisi BD, lalu ke posisi n sampai mobil berhenti. Setelah itu, baru memindah posisi tuas transmisi ke R. Dengan menerapkan Teknik ini, maka tentunya transmisi otomatis mobil matic Innova akan lebih awet. Selanjutnya, cara kasarnya adalah dengan langsung memindah posisi tuas transmisi dari D ke N. Namun sebelum mobil benar-benar berhenti, tuas transmisi sudah dipindah ke posisi R. Tehnik ini Tentunya akan sangat mempengaruhi usia dari transmisi otomatis.

Penggantian oli transmisi disarankan dilakukan setiap 20.000 kilometer. Walaupun sebenarnya berdasarkan buku panduan disarankan untuk mengganti setiap sekian 1000 kilometer. Apabila tidak memerlukan, janganlah terlalu sering menggunakan gigi pada posisi 3, 2, 1. Posisi gigi tersebut tentunya digunakan pada saat hendak melewati tanjakan, bukan untuk keperluan percepatan.

Kerusakan hebat pada transmisi bisa diakibatkan karena proses menurunkan gigi dari posisi ke 3, 2 dengan cara mendadak. Kerusakan minimal terjadi pada bagian selang oli transmisi yang disebabkan oleh tekanan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan selang bocor atau jebol.

Kondisi kickdown transmisi pada mobil matic Innova tentunya berbeda dengan mobil yang lainnya seperti Honda ataupun Mitsubishi. Respon yang dimiliki oleh mobil matic Innova tidaklah secepat pada mobil merk lainnya. Oleh sebab itu, hati-hati pada penggunaan fitur kickdown tersebut.

Demikianlah panduan singkat mengenai cara mengendarai mobil matic Innova yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Mudah-mudahan tutorial penggunaan mobil matic Innova di atas mampu memberikan gambaran umum kepada Anda bagaimana cara menggunakan mobil yang baik dan benar sehingga mobil akan lebih awet dan anda akan lebih aman dan nyaman di dalam berkendara. Terima kasih atas kunjungan anda selamat belajar dan semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *