Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam dua versi yaitu versi matic dan versi manual. Tentunya, terdapat perbedaan cara mengendarai mobil Terios manual dengan Terios matic. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara mengendarai mobil matic Terios sehingga bagi Anda yang kebetulan ini sedang memiliki rencana untuk membeli mobil matic Terios maka anda akan mendapatkan referensi dasar di dalam mengendarai mobil matic Terios tersebut.

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Secara umum, walaupun termasuk ke dalam salah satu mobil matic, ternyata mobil matic Terios juga masih memiliki tuas transmisi yang berisi petunjuk huruf. Yang cukup berbeda hanyalah terletak pada bagian pedal bawah kemudi yang jumlahnya hanya ada dua. Bagian pedal yang dihilangkan adalah pedal kopling. Untuk mempermudah anda di dalam memahami Bagaimana cara mengendarai mobil Terios matic tersebut, maka Berikut ini akan saya jabarkan sedikit penjelasan mengenai fungsi dari tuas transmisi yang disediakan pada mobil matic Terios.

Secara umum, apabila anda sudah memiliki pengetahuan mengenai cara mengendarai mobil matic pada merek mobil lain, maka anda tidak akan mengalami kesulitan ketika mengendarai mobil matic Terios. Hal tersebut dikarenakan teknik dan prinsip kerja dari masing-masing tuas persneling pada mobil matic Terios adalah sama. Namun, tidak ada salahnya ketika kita mengulas kembali Apa saja fungsi dari masing-masing posisi di tuas transmisi mobil matic Terios.

Cara mengendarai mobil matic Terios

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari masing-masing posisi tuas transmisi yang berada pada mobil matic khususnya adalah dari Daihatsu Terios

Baca Juga:   Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

1. Posisi huruf P atau parkir

Ketika anda menempatkan tuas transmisi pada huruf P, maka mobil tidak akan bisa dipindahkan dan juga posisi gigi dalam kondisi terkunci. Posisi huruf P ini tentunya sangat tepat digunakan apabila kita hendak menghentikan mobil matic Terios dalam waktu yang cukup lama bukan berhenti sejenak, misalnya ada di lampu merah.

2. Posisi huruf N atau Netral

Tentunya, sesuai dengan nama bahwa posisi tuas transmisi pada huruf n ini mengindikasikan bahwa mobil Daihatsu Terios tidak berada dalam gigi apa pun. Posisi situasi ini cocok digunakan ketika kita hendak berhenti dalam jangka waktu yang tidak lama, misalnya ketika berada di lampu merah.

3. Huruf D atau Drive

Adalah posisi gear atau gigi transmisi yang artinya mobil siap untuk digerakkan atau dijalankan. Pada posisi inilah mobil bisa bergerak menyesuaikan kondisi jalan dan kecepatan yang diinginkan. Pada posisi ini, maka tentunya kita cukup menekan pedal gas, maka transmisi kecepatan Akan berpindah dengan sendirinya mengikuti kecepatan mobil bergerak.

Posisi gigi akan secara otomatis turun dan naik mengikuti ritme dari kondisi jalan serta dalamnya pedal gas ditekan. Rata-rata, posisi gigi akan berpindah ketika mesin berputar mencapai angka 2.000 RPM. Bagian yang perlu diperhatikan pada kondisi ini yaitu ketika Mobil melewati jalan yang menurun. Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan berakibat gigi akan selalu berpindah terus ke posisi gigi yang lebih tinggi menyesuaikan dengan kecepatan mobil melaju. Hal ini wajar terjadi karena memang jalanannya menurun Sehingga kecepatan mobil akan selalu bertambah.

Kondisi sebaliknya pun akan terjadi dimana jalan yang hendak dilewati cukup menanjak, maka diharapkan untuk bisa memindah tuas transmisi ke posisi gigi yang lebih rendah sehingga didapat putaran mesin yang cepat serta tenaga mesin akan lebih besar.

Baca Juga:   Cara memperbaiki dinamo ampere mobil Paling Mudah

Ada juga fasilitas yang namanya kickdown dimana fasilitas tersebut adalah ketika kita menekan pedal gas secara mendadak dan cukup dalam, maka akan didapat putaran mesin yang cukup tinggi serta tenaga mesin yang lebih besar sehingga mobil akan mampu berakselerasi dengan cepat. Fitur ini tentunya sangat cocok kita gunakan untuk mendahului kendaraan yang ada di depannya. Fitur ini juga akan mempermudah kita karena tidak perlu memindah gigi, namun cukup menekan gas dalam-dalam.

4. Angka 3 atau Gigi 3

Sesuai dengan angka yang tertera Pada tuas perseneleng, posisi ini tentunya akan membatasi kecepatan mobil Daihatsu Terios pada gigi 3.

5. Angka 2 atau Gigi 2

Pada posisi tuas persneling ada di gigi 2, maka sistem transmisi akan dikunci pada gigi 2. Hal tersebut juga akan membatasi kecepatan mobil hanya ada di gigi 2. Manfaat dari posisi tuas transmisi ini adalah untuk menanjak maupun guna mendahului kendaraan yang ada di depan yang mana membutuhkan tenaga yang cukup besar serta putaran mesin yang cukup tinggi.

Arti dari maksimal ada di gigi 2 yaitu transmisi akan tetap bisa berpindah turun dan naik apa namun hanya sebatas paling tinggi adalah pada gigi 2. Sebagai contoh, apabila mobil matic Terios melambat, maka posisi gigi akan otomatis berpindah ke 1, Namun apabila kita menambah kecepatan maka posisi Kiki akan otomatis naik 2. Namun hanya mentok di angka 2 saja.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

6. Huruf L atau low

Tuas transmisi yang berada pada huruf L atau ini setara dengan posisi gigi di angka 1. Tentunya, posisi ini sangatlah cocok digunakan untuk melibas jalan jalan yang menanjak cukup terjal, dan Gigi 2 sudah tidak mampu lagi untuk melewatinya. Ketika kita memindah tuas transmisi ke huruf L atau low maka putaran mesin yang didapat benar-benar tinggi dan tenaga yang keluar juga sangatlah besar, sehingga akan mampu dengan mudah melewati tanjakan tajam atau beban muatan yang cukup berat.

Posisi tuas transmisi di L atau low ini juga efektif digunakan untuk melewati jalan yang menurun dan cukup panjang. Hal tersebut akan lebih meringankan beban rem dengan adanya fasilitas engine break yang ada pada mesin. Dengan adanya fasilitas engine break, maka penggunaan rem akan dikurangi sehingga kemungkinan adanya overheat pada rem akan diminimalisir.

7. Huruf R atau Reverse

Sesuai dengan namanya, tuas transmisi pada posisi R digunakan untuk memundurkan mobil matic Terios. Anda cukup menggeser tuas transmisi pada posisi R, maka ketika anda menginjak pedal gas, mobil akan bergerak mundur.

Setelah anda mendapatkan beberapa penjelasan mengenai cara mengendarai mobil matic Terios di atas, maka mudah-mudahan anda sudah cukup mengenali fungsi dari masing-masing huruf yang ada pada tuas transmisi. Artinya, anda sudah mampu untuk menempatkan posisi tuas transmisi sesuai dengan kondisi jalan dan kebutuhan. Akhir kata, selalu asah kemampuan Anda didalam mengendarai mobil matic Terios supaya Anda siap turun ke jalan untuk berkendara menempuh perjalanan baik dekat maupun jauh. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Mobilio

Cara Mengendarai Mobil Matic Honda Mobilio

Belajar mengenai cara mengendarai mobil matic Honda Mobilio memang tergolong cukup susah dilakukan. Namun, Walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *