Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

Cara mengendarai mobil matic Toyota Rush ini saya hadirkan dengan latar belakang adanya kemunculan mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Datangnya mobil matic Toyota Rush adalah salah satu keberkahan sendiri bagi sejumlah pengguna mobil yang tinggal di kota besar serta memiliki tingkat kemacetan yang tinggi seperti Kota Surabaya Bandung dan Jakarta. Bukan hanya macet yang menjadi keterbatasan ruang gerak para pengendara mobil, ternyata model dan aturan berkendara juga salah satu yang menyebabkan kondisi jalan menjadi semakin macet.

Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Rush

Dengan datangnya berbagai macam mobil matic termasuk adalah Toyota Rush membuat pengguna semakin dimanjakan, baik dari sisi pikiran maupun Sisi teknik penggunaan. Pada mobil matic Toyota Rush dihilangkan teknik penggunaan pedal kopling, mulai dari menginjak setengah kopling, menyelaraskan antara kopling dengan gas, serta beberapa kegiatan lain yang membutuhkan pedal kopling tersebut.

Kaum hawa merupakan salah satu penggemar dari datangnya mobil matic Toyota Rush. Namun, karena kondisi jalanan yang semakin macet tentunya laki-laki juga ikut berbondong-bondong untuk berpindah menggunakan mobil matic. Hal tersebut tentunya sudah tidak dipedulikan lagi karena kenyamanan di dalam berkendara lebih penting dibandingkan hanya semboyan ” laki-laki berkendara menggunakan tiga pedal”

Dibawah ini adalah cara mengendarai mobil matic Toyota Rush secara Dasar sebagai langkah awal di dalam mengenalkan kepada pembaca fungsi dari masing-masing tuas transmisi di mobil matic Toyota Rush. Dengan pemahaman fungsi dari masing-masing tuas transmisi mobil matic Toyota Rush, tentunya proses belajar akan lebih mudah, apalagi jika mereka sebelumnya sudah mengenal dan memahami tuas transmisi manual pada mobil. Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai tuas transmisi automatic model konvensional yang terdiri atas 4 percepatan. Tuas transmisi yang disediakan dari konsep 4AT adalah L, D, D-3/3 (OD), 2, N, R, P.

Cara mengendarai mobil matic Toyota Rush

Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing posisi tuas transmisi yang ada pada mobil matic Toyota Rush:

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mobil Mogok Sulit Untuk Distarter

1. Parkir/park yang disimbolkan dengan huruf P

Apabila mobil anda hendak diparkir, maka posisi ini wajib Anda pakai. Pada posisi tersebut Mengapa mobil matic Toyota Rush tidak akan dapat digerakkan baik ke arah belakangmaupun ke arah depan. Kunci kontak pada mobil juga bisa dijaga pada posisi ini. Guna menghindari terjadinya kerusakan pada bagian transmisi otomatis, Anda harus memastikan bahwa mobil memang sudah dalam kondisi berhenti sebelum Anda memindahkan tuas transmisi ke posisi parkir.

2. Mundur atau reverse Yang disimbolkan huruf R

Fungsi tuas transmisi pada posisi ini sama halnya dengan tuas transmisi yang ada pada mobil manual. Fungsinya adalah untuk menggerakan mobil supaya bisa mundur. Silahkan anda pedal rem, lalu geser tuas transmisi ke posisi R, kemudian lepaskan perlahan pedal rem, secara otomatis mobil bayi bergerak mundur.Sebelum anda memindahkan tuas transmisi ke posisi R, Anda harus memastikan bahwa mobil sudah dalam kondisi benar-benar berhenti untuk menghindari kerusakan pada transmisi otomatis.

3. Netral yang disimbolkan dengan huruf N

Pada posisi ini, mobil tidak akan bisa bergerak. Kondisi ini mirip dengan yang ada pada mobil jenis bertransmisi manual. Posisi tuas transmisi ini dipakai ketika mobil hendak berhenti sejenak, contohnya adalah ada waktu jalan mengalami kemacetan yang tidak terlalu lama atau pada saat hub ada di lampu merah.Dengan memanfaatkan posisi tuas transmisi di N, kampas kopling dan kampas rem bisa dihemat. Supaya pada saat parkir mobil bisa didorong, anda juga bisa menggunakan posisi Netral. Guna menghindari kerusakan, anda juga harus memastikan mobil sudah berhenti ketika hendak memindah tuas transmisi ke posisi.

4. Drive yang disimbolkan dengan huruf D

Posisi tuas transmisi ini digunakan supaya mobil bisa bergerak ke depan pada kondisi jalan yang datar. Dengan mengatur injakan pada pedal gas maka kecepatan dari mobil matic Toyota Rush bisa diatur. Proses ini tentunya akan berjalan secara otomatis seiring dengan bertambahnya kecepatan mobil. Pada tuas transmisi D ini, kita bisa memacu mobil untuk bisa mencapai kecepatan maksimal. Hanya saja, harus diingat bahwa ketika proses pemindahan tuas transmisi ke posisi D selesai, hindari untuk menancap gas secara langsung, namun lakukan dengan perlahan-lahan sehingga mobil bertambah kecepatannya secara alami. Tentunya hal tersebut bertujuan supaya transmisi pada mobil matic Toyota Rush bisa lebih awet.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kipas Radiator Mobil Tanpa Ke Bengkel

5. Overdrive yang disimbolkan dengan OD, D-3 atau 3

Ketika tuas transmisi ada di posisi ini, maka kecepatan mobil akan dibatasi yaitu paling tinggi pada posisi gear 3. Jadi, walaupun pedal gas ditekan secara penuh tetap saja kecepatan mobil tidak makan melebihi kecepatan yang bisa ditangani oleh Gear 3. Posisi transmisi ini Tentunya paling cocok digunakan untuk melewati tanjakan serta turunan yang cukup landai, Seperti contohnya adalah pada jalan yang ada di tol Cipularang Antara Jakarta Dan Bandung. Posisi tuas transmisi ini juga bisa digunakan untuk overtaking atau mendahului kendaraan yang ada di depannya, namun setelah anda berhasil mendahului kendaraan yang ada di depannya maka anda harus segera mengembalikan ke posisi D kembali.

6. Tuas transmisi dengan simbol D-2 atau 2

Apabila anda hendak melewati jalan yang menanjak namun tidak begitu curam, maka silahkan anda tempatkan tuas transmisi pada posisi D-2 atau 2. D2 ini memiliki arti yaitu gigi dua apabila diterapkan pada mobil manual. Dengan menempatkan tuas transmisi pada posisi ini, maka mobil matic Toyota rush akan memiliki tenaga yang cukup besar sehingga mudah untuk menghadapi jalan yang menanjak. Selain itu, posisi tuas transmisi ini juga cocok dipilih ketika hendak menuruni turunan yang cukup panjang karena tuas transmisi ini juga memiliki fungsi sebagai engine break.

7. Low yang disimbolkan dengan L

Posisi tuas transmisi ini juga mirip dengan D-2 dimana Low atau L bisa digunakan untuk melewati jalanan yang menanjak terjal. Jadi, apabila anda menemui jalanan yang sangat terjal yang hendak dilalui, maka silahkan anda pindahkan posisi tuas transmisi ke L. Posisi L ini sama dengan gigi 1 untuk mobil manual. Tentunya, anda yang sering menggunakan mobil manual lebih mudah didalam membayangkannya. Di samping berguna untuk menghadapi tanjakan tajam, posisi tuas transmisi ini juga cocok digunakan untuk menuruni yang menurun tajam.Hal tersebut dikarenakan fungsi engine break yang dimiliki oleh mobil matic Toyota Rush ini.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Wiper Mobil Karena Macet

8. Tombol Shift lock

Apabila kunci kontak pada mobil dicabut, maka anda bisa mengaktifkan tombol Shift lock ini yang berguna untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi Netral. Tentunya, tombol Shift lock ini memiliki tujuan supaya mobil pisang digeser dengan cara didorong maju maupun mundur. Tombol Shift lock ini Tentunya cocok digunakan pada saat kita memarkir mobil secara paralel.

Silakan Anda posisikan tuas transmisi ke P, lalu matikan mesin mobil dan lanjutkan dengan mengambil kunci kontak. Ingat bahwa kunci kontak hanya dapat dilepas pada saat tuas transmisi ada di posisi P. Namun, apabila tuas transmisi ada di posisi P maka mobil tidak dapat bergerak baik maju maupun mundur. Sementara itu, ketika tuas transmisi diposisikan ke N, maka kunci kontak tidak akan dapat dicabut.

Dengan adanya fasilitas shift lock, maka permasalahan tersebut bisa diatasi. Langkahnya yaitu silakan Anda aktifkan tombol Shift lock dan tahan, lalu silakan Anda pindahkan tuas transmisi ke posisi N dari posisi P. Setelah itu, silahkan anda lepaskan tombol shift lock yang sebelumnya Anda tahan. Rem tangan juga harus Tidak aktif dalam kondisi ini.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara mengendarai mobil matic Toyota Rush yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Demi keselamatan kita bersama, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan serta utamakan kesabaran dan etika di Jalan Raya sehingga kita juga tidak membahayakan pengendara lain yang. Akhir kata, selamat berkendara, selamat menempuh perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *