Home / Otomotif / Mobil / Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Pada saat seseorang membeli sebuah mobil matic Toyota Yaris, pastinya akan timbul berbagai macam jenis pertanyaan. Pertanyaan yang kadang muncul dan sering dialami oleh konsumen baru pada mobil matic adalah bagaimana cara mengendarai mobil matic Toyota Yaris yang tentunya memiliki transmisi otomatis? bahkan, kadangkala juga ada sebagian konsumen yang tidak memahami jenis bahan bakar yang terbaik untuk mobil matic Toyota Yaris.

Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Salah satu hal yang menjadi perhitungan cukup penting bagi pemilik kendaraan mobil matic Toyota Yaris adalah pemilihan BBM serta cara mengendarai mobil matic yang baik dan benar. Salah satu anjuran yang diberikan oleh ERA ( emergency roadside assistance) astraworld, Toyota Yaris cocok menggunakan bahan bakar jenis Pertamax.

Alasan menggunakan Pertamax pada mobil matic Toyota Yaris adalah karena pada Toyota Yaris sudah memakai perangkat misi tambahan berupa Catalytic converter. Karena Pertamax merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan diatas 91, maka jenis bahan bakar itulah yang sangat disarankan. Sekarang, untuk mendapatkan bahan bakar jenis Pertamax bukanlah hal yang sulit karena hampir seluruh SPBU sudah menyediakan bahan bakar jenis ini.

Tahapan berikutnya yang harus dipahami oleh setiap pengemudi mobil matic Toyota Yaris adalah bagaimana cara memakai sistem transmisi otomatis pada mobil. Bagi pemula, memakai mobil matic Toyota Yaris memang perlu adanya adaptasi. namun, anda tentunya tidak perlu khawatir karena Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara mengendarai mobil matic Toyota Yaris.

Baca Juga:   Penyebab Dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil

Cara mengendarai mobil matic Toyota Yaris

Berikut ini adalah panduan umum bagaimana cara terbaik di dalam mengendarai mobil matic Toyota Yaris sehingga kondisi mobil lebih awet dan pengendara dalam kondisi yang aman.

  1. Urutan dan posisi pada tuas transmisi adalah salah satu bagian awal yang harus dimengerti oleh setiap pemakai mobil matic Toyota Yaris. Supaya pengoperasian mobil matic Toyota Yaris bisa lebih mudah, maka urutan dan posisi pada tuas transmisi haruslah di luar kepala.
  2. Selanjutnya, pedal kopling yang biasanya terdapat pada mobil manual harus dilupakan. Anda juga harus berusaha dan belajar membebaskan kaki kiri supaya tidak menekan pedal yang ada pada mobil matic Toyota Yaris. Hal tersebut dikarenakan pada mobil matic Toyota Yaris hanya disediakan dua pedal, yaitu pedal rem dan pedal gas. Apabila kaki kiri Ikut andil di dalam menekan pedal, maka ditakutkan kaki kiri akan menekan pedal rem. tentunya kondisi tersebut cukup berbahaya apabila kondisi mobil matic Toyota Yaris sedang melaju dengan cepat. Kondisi ini tentunya sangat lumrah terjadi pada sebagian orang yang sering menggunakan mobil manual. Oleh sebab itulah marilah untuk selalu berupaya supaya memori dalam pikiran kita bisa menghilangkan fungsi pedal kopling pada saat mengendarai mobil matic Toyota Yaris.
  3. Bagian berikutnya, kita coba untuk selalu menginjak pedal rem ketika hendak memindah posisi tuas transmisi ke D. kondisi diluar dugaan, misalnya mobil melaju sendiri bisa diantisipasi dengan melakukan langkah tersebut.
  4. alangkah baiknya ketika kita berhenti dalam durasi yang cukup singkat, misalnya ada di kondisi jalanan macet namun tidak terlalu parah atau di traffic light yang hanya berdurasi 20 detik saja, kita gunakan tuas persneling pada posisi Netral. Hal ini tentunya sangat mirip yang dilakukan pada mobil bertransmisi manual.
  5. Tuas transmisi harus dipindah ke posisi L atau 2 apabila anda hendak melewati jalan yang berada di daerah banyak tanjakan tajam dan tikungan. Posisi L atau low merupakan posisi gigi paling bawah yang paling bertenaga. Namun tentunya memiliki kecepatan paling rendah.
  6. Apabila anda menggunakan posisi gigi 2, maka Laju mobil matic Toyota Yaris tetap otomatis, namun batas kecepatan maksimal hanya ada pada gigi 2 saja. Walaupun Anda injak pedal gas sampai mentok hanya raungan suara mesin saja yang terdengar keras, namun kecepatan mobil tetap maksimal pada gigi 2.
  7. Proses perpindahan gear atau Gigi tentunya dipengaruhi oleh injakan pada pedal gas yang diikuti dengan pertambahan kecepatan mobil. Besar kecilnya dideteksi oleh adanya sensor yang bernama throttle.
  8. Bagian yang terakhir adalah memahami tombol hold yang ada pada bagian tuas transmisi. Pada mobil matic Toyota Yaris terdapat sebuah tombol dengan ukuran cukup kecil bertuliskan hold. Pada bagian layar spidometer juga akan dimunculkan tulisan O/D berwarna kuning.fungsi dari tombol hold ini adalah untuk mengunci posisi gear atau Gigi. Tombol ini bisa diaktifkan pada saat posisi tuas transmisi ada di D. dengan mengaktifkan fitur ini, maka posisi gigi akan dikunci pada posisi 2 dan 3. mengaktifkan fitur ini akan menjadikan konsumsi bahan bakar lebih irit di dalam pemakaian sehari-hari, terutama didalam kota.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Ternyata, cukup mudah belajar cara mengendarai mobil matic Toyota Yaris. Apabila sebelumnya Anda sudah pernah belajar mengendarai mobil matic bermain, maka tentunya tidak akan mengalami kesulitan yang berarti ketika hendak belajar kembali mengendarai mobil matic Toyota Yaris. Apalagi jika anda sudah pernah belajar bagaimana mengendarai mobil bertransmisi manual, maka ketika kita akan pindah mengendarai mobil bertransmisi otomatis hal tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dikerjakan. demikian informasi singkat Pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sukses untuk Anda semuanya.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *