Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Mengendarai Motor Gigi Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Gigi Bagi Pemula

Motor bebek atau lebih dikenal dengan istilah anderbon adalah salah satu jenis sepeda motor yang cukup banyak dipakai di masyarakat Indonesia. Hingga kini, sepeda motor masih menduduki peringkat pertama kendaraan terbanyak yang digunakan di Indonesia. Perkembangan sepeda motor juga cukuplah pesat, bahkan kadang kala tiap 1 bulan sekali muncul varian baru. Perubahan-perubahan dari sisi teknologi, desain dan jenis motor tentunya cukup cepat terjadi. Sepeda motor memiliki kapasitas mesin yang cukup beragam, mulai dari 90 cc sampai dengan 150 cc. Konfigurasi silindernya juga berbeda-beda, Namun kebanyakan sepeda motor di Indonesia menggunakan dua silinder.

Cara Mengendarai Motor Gigi Bagi Pemula

Salah satu perkembangan sepeda motor yang cukup signifikan membuat teknik penggunaannya berbeda adalah dari jenis sepeda motor itu sendiri. Sekarang ini, disediakan dua jenis sepeda motor berdasarkan transmisi yang digunakan, yaitu sepeda motor bertransmisi otomatis atau sering dikenal dengan istilah sepeda motor matic dan sepeda motor bertransmisi manual atau sepeda motor yang menggunakan gigi persneling.Tentunya, mengendarai motor bertransmisi manual lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan motor bertransmisi otomatis. Hal tersebut dikarenakan menggunakan sepeda motor bertransmisi manual haruslah mengubah posisi gigi persneleng sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Dan Dijamin Berhasil

Namun tentunya anda tidak perlu khawatir apabila anda baru memiliki sepeda motor bertransmisi manual atau menggunakan gigi karena pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk menjabarkan Bagaimana cara mengendarai motor gigi bagi pemula. Langkah awal yang harus dipahami terlebih dahulu bagi pemula adalah memahami metode perputaran dari gigi yang digunakan pada sepeda motor. Secara umum, untuk tipe bebek menggunakan susunan gigi N-1-2-3-4 yang bersifat Rotasi, artinya pada saat ada di gigi 4, bisa langsung masuk ke Netral dengan cara menekan tuas persneling sekali lagi.

Cara Mengendarai Motor Gigi Bagi Pemula

Baiklah,Tidak perlu perpanjang lebar, Berikut ini adalah cara mengendarai motor gigi bagi pemula dengan menggunakan sepeda motor bebek.

  1. Langkah pertama, silahkan anda menaiki motor bebek
  2. Langkah kedua, silahkan Anda putar kunci kontak ke posisi ON setelah dimasukkan. Sebelum menstater sepeda motor, Anda harus memastikan bahwa posisi transmisi ada pada posisi Netral, hal tersebut ditandai dengan nyalanya lampu indikator dengan huruf N. Biasanya nyala lampu indikator berwarna hijau.
  3. Langkah ketiga, silahkan anda nyalakan mesin motor Anda, baik menggunakan elektrik starter maupun kick starter.
  4. Langkah keempat, masukkan tuas persneling pada gigi 1, dan mulailah berjalan dengan cara menarik tuas gas secara perlahan-lahan. Jangan menarik terlalu banyak tuas gas karena akan membuat sepeda motor “nyendal”.
  5. Langkah kelima, setelah sepeda motor berhasil berjalan dan suara mesin sudah menunjukkan RPM cukup tinggi, silahkan Anda masukkan tuas persneling ke gigi 2. Caranya adalah tutup penuh tuas gas, lalu injak kedepan tuas transmisi ke gigi 2, kemudian tarik tuas gas kembali. Lakukan pekerjaan tersebut dengan cepat sehingga proses perpindahan posisi transmisi yang anda lakukan bisa berjalan dengan halus.
  6. Kerjakan langkah kelima diatas untuk berpindah ke gigi 3 dari Gigi 2 atau ke gigi 4 dari gigit 3.
  7. Apabila Anda ingin mengurangi posisi tuas persneling, maka lakukan pengurangan kecepatan terlebih dahulu. Apabila kecepatan sepeda motor sudah mencapai batas ambang bawah, maka anda bisa menurunkan posisi gigi dari Gigi 4 ke gigi 3, selanjutnya masuk ke gigi 2 dan akhirnya ke gigi 1. Melakukan pengurangan posisi gigi dengan hati-hati, selalu kurangi kecepatan sebelum anda mengurangi posisi gigi pada sepeda motor.
  8. Bagi sejumlah sepeda motor tipe bebek, kecepatan maksimal gigi 1 mencapai 20 km per jam, gigi 2 mencapai 40 km per jam, gigi 3 mencapai 80 km per jam, di gigi 4 mencapai 120 km per jam. Namun, Keterangan tersebut hanyalah teori saja. Untuk sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 100 cc, terutama pada gigi tiga rata-rata hanya mencapai kecepatan 80 km per jam dan Gigi 4 mencapai 100 km per jam.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vixion Advance

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mengendarai motor gigi bagi pemula, yang mudah-mudahan mampu memberikan gambaran secara umum bagaimana cara mengendarai motor gigi dengan baik dan benar. Dengan seringnya Anda berlatih langsung di lapangan cara mengendarai motor gigi, maka anda akan lebih cepat menguasai nya. Ilmu yang anda dapatkan di dalam mempelajari dan mempraktekkan sepeda motor bertransmisi manual bisa dengan mudah ditransfer untuk dapat mengendarai sepeda motor bertransmisi otomatis. Hal tersebut dikarenakan sistem kerjanya yang hampir sama. Terima kasih dan selamat mencoba Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *