Home / Pendidikan / Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Bisa dikatakan, di dunia ini ciptaan tuhan yang sangat sempurna adalah manusia. Makhluk hidup yang diberikan pikiran serta akal oleh Tuhan juga adalah manusia. Akan tetapi, setiap manusia tentunya mempunyai kodrat yang sama, yaitu mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kondisi tersebutlah yang membuat manusia selain bertindak sebagai makhluk individu juga berperan sebagai makhluk sosial. Selain itu, manusia juga merupakan salah satu makhluk yang dapat memutuskan ke arah mana kehidupan yang hendak dilaluinya.

Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Dimilikinya sejumlah kelebihan serta kekurangan pada setiap manusia yang mengakibatkan setiap manusia tidak bisa hidup sendiri. Oleh sebab itu, Apabila ada manusia yang begitu menyombongkan diri karena merasa yang paling baik, maka hal tersebut tentunya amat memalukan. Begitu juga sebaliknya, tentunya tidak pantas rasanya Apabila ada seseorang yang merasa paling bodoh, rendah diri, paling tidak berharga di hadapan orang lain dan juga merasa paling miskin. Kondisi tersebut yang tentunya bisa membuat rasa putus asa, bahkan apabila sudah terlalu jauh bisa mengambil jalan pintas yang tidak diharapkan.

Apabila kita yakin bahwa pada setiap manusia mempunyai kelebihan serta kekurangan, hal tersebut tentunya bisa membuat setiap manusia merasa rendah hati serta bisa menghargai yang namanya hak asasi manusia. Lalu, Bagaimanakah cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri? Langkah yang paling pas digunakan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri adalah dengan melakukan renungan untuk diri sendiri atau introspeksi diri mengetahui sejujur-jujurnya kemampuan yang dimilikinya.

Instropeksi diri sendiri Memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Dibutuhkan beragam bantuan dari orang lain, yang paling utama adalah orang yang tinggal di sekitar rumah kita. Mintalah mereka untuk memberikan berbagai macam penilaian kepada lirik kita dengan sejujur-jujurnya. Walaupun sebenarnya Teknik ini juga bisa mendapatkan hasil yang tidak valid karena ada kecenderungan orang yang bertempat tinggal dekat dengan rumah kita kadangkala tidak memberikan informasi yang jujur, lantaran hanya ingin membuat hati kita menjadi senang.

Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri Sendiri

Lalu, Bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melakukan intropeksi diri? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Membuang jauh-jauh perasaan Superior. Perasaan Superior ini tentunya akan menganggap bahwa diri sendiri lah yang paling hebat sehingga tentu akan mengakibatkan rasa malu Apabila diketahui kelemahannya. Kita tidak boleh menganggap bahwa orang lain lemah, sebelum kita menemukan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri.
  2. Kegiatan di dalam menanamkan sebuah pemahaman pada diri pribadi masing-masing merupakan salah satu tujuan introspeksi diri yang berguna untuk melakukan perbaikan supaya kedepan bisa bertingkah laku serta berakhlak Yang baik dan benar.
  3. Selalu memperhatikan segala macam bentuk kritikan yang masuk ke dalam diri masing-masing. Apapun bentuk kritikannya, pasti akan membuat hati menjadi pedih. Namun, secara umum kritikan memiliki sifat yang cukup membangun terutama pada sisi mentalitas.
  4. Memakai sejumlah alat ukur, bisa berupa kuesioner ataupun angket yang spesial dibuat guna melakukan pengujian pada sisi kekurangan pribadi. Aktivitas ini rata-rata dikerjakan oleh lembaga psikologi.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

Ketika kita sudah mengetahui sejumlah kekurangan pada diri sendiri, hal tersebut akan membuat kita bisa mengembangkan sebagai sebuah bentuk kekuatan yang dapat mendorong dicapainya sebuah perasaan bahagia baik secara lahir maupun batin pada masa sekarang ataupun masa yang akan datang. Ketika kita memahami mengenai kelebihan dan kelemahan pada diri masing-masing, maka akan memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Kemampuan di dalam menjaga sikap serta perilaku
  2. Mempermudah di dalam mendapatkan jalan keluar yang paling baik
  3. Berusaha supaya sebuah kelemahan tidak menjadi penghambat, namun justru sebaliknya bisa sebagai penyemangat guna meningkatkan kemampuan sehingga menjadi kelebihan tersendiri
  4. Mempunyai sikap mampu mengakui kelebihan yang dimiliki oleh orang lain

Dari sejumlah ulasan di atas, tentunya tidak ada hal yang negatif manakala kita bisa berintropeksi diri baik Mengenai kekurangan maupun kelebihan kita Sebelum memberikan penilaian kepada orang lain. Bagian berikutnya adalah bagaimana cara kita mengetahui kelebihan yang ada pada diri kita sendiri supaya kita memiliki semangat yang tinggi didalam menggapai sebuah angan angan. Di bawah ini adalah cara mengetahui kelebihan diri sendiri:

1. Melakukan intropeksi diri

Kita wajib untuk dapat mengenal pribadi diri sendiri Sehingga nantinya kita mampu untuk memahami sejumlah potensi yang ada pada diri kita sehingga pada akhirnya kita dapat mengembangkan sejumlah potensi tersebut supaya nanti bisa bermanfaat pada diri kita sendiri. Untuk melakukan hal tersebut, salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan menanyakan kepada diri sendiri, apa yang sudah kita miliki dan siapa diri kita sebenarnya.

Dari sejumlah pertanyaan tersebut, kita bisa melanjutkan untuk melakukan intropeksi diri dengan mengenal pribadi kita lebih jauh lagi. Kita bisa mencari sejumlah potensi yang ada pada diri kita yang mana hal tersebut sudah kita rasakan, kenalilah sejumlah hal yang membuat kita senang dan juga merasa cocok terhadap sesuatu hal.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Kadangkala, sejumlah yang pernah kita kerjakan bisa memperoleh sebuah pengakuan atau pujian dari orang lain. Kita juga bisa berupaya untuk belajar pada diri kita dimulai pada saat kita kecil sampai sekarang, hasil apa yang sudah kita kerjakan dan dapat membawa perasaan bahagia pada diri masing-masing serta juga pada orang lain. Mungkin saja hal tersebut merupakan salah satu bagian dari kelebihan kita.

2. Memanfaatkan orang sekitar untuk bertanya

Kadangkala, orang lain yang ada di sekitar kita dapat memberikan penilaian seputar diri kita daripada kita sendiri. Oleh sebab itu, bertanyalah pada orang yang ada di sekitar kita Apa saja kelebihan yang kita miliki dan diakui oleh mereka. Contohnya, pada saat kita mengerjakan sesuatu hal, katakan misalnya menggambar, maka baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara sadar maupun tidak sadar ternyata ada apresiasi hasil dari gambar yang sudah kita buat. Contoh lain, adalah pada saat kita menulis pernyataan hasil tulisan tersebut dapat membuat orang lain terkagum-kagum atau dapat merubah orang tersebut.

Kesimpulannya adalah jangan ragu bertanya kepada orang lain tentang pendapat mereka kepada diri kita baik dari sisi kekurangan maupun dari sisi kelebihan yang kita miliki supaya kita dapat lebih berkembang baik. Dengan demikian nantinya kita akan lebih sukses di dalam menjalani kehidupan.

3. Bentuk sendiri dan menciptakan kelebihan masing-masing

Secara umum, kelebihan seseorang tidak selalu berasal dari bakat yang secara alami muncul, akan tetapi seringkali kelebihan merupakan hasil pembentukan oleh diri sendiri ataupun oleh usaha dan juga proses yang tentunya tidak mudah. Oleh sebab itu, mulai sekarang belajarlah untuk meyakini bahwa sebenarnya kita termasuk orang yang hebat. Akui bahwa diri kita merupakan diri yang istimewa, misalnya adalah dengan mengatakan bahwa ” saya termasuk orang yang bijaksana”.

Dengan menerapkan hal tersebut, maka tentunya kita akan selalu merasakan tuntutan untuk bisa menjadi orang yang cerdas, memiliki pikiran positif serta menghindari sejumlah pikiran negatif yang justru hanya akan membuat kita jatuh. Percaya akan kemampuan yang kita punyai adalah sebuah hal yang bisa membuat Keinginan kita tercapai, tentunya supaya dapat meningkatkan kelebihan pada diri kita serta dapat mengubah pola kehidupan yang kita miliki.

Pada hakekatnya, diri kita yang bisa berubah sebenarnya bersumber dari diri kita sendiri. Oleh sebab itulah maka berusaha secara terus-menerus dan tidak pantang menyerah serta memiliki kepercayaan bahwa yang kita kerjakan merupakan sebuah hal yang berguna baik untuk orang lain maupun untuk diri kita sendiri.

Baca Juga:   Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

4. Memiliki keyakinan pada sesuatu yang merupakan kelebihan kita sendiri

Artinya adalah kita wajib untuk bisa menghargai serta mempercayai kemampuan yang kita miliki. Sugesti positif harus tetap kita berikan pada diri kita sendiri serta selalu memiliki perasaan yakin akan potensi yang sedang kita miliki sekarang ini. Oleh sebab itulah, ketika sekarang anda merasa menjadi orang yang cerdas, maka yakinilah bahwa Anda memang benar-benar orang yang cerdas dan jadikanlah kecerdasan tersebut sebagai sebuah kelebihan yang kita miliki.

Kondisi tersebut tentunya bisa dikerjakan dengan jalan latihan serta mengembangkan sejumlah kecerdasan yang kita miliki serta berusaha melakukan pembiasaan pada diri sendiri untuk bertindak dan berpikir dengan cerdas. Dengan melakukan hal tersebut, maka secara otomatis kita akan benar-benar memiliki pikiran yang cerdas dan tentunya orang lain juga akan mengakui bahwa anda merupakan orang yang cerdas.

5. Kerjakan sesuatu yang kita sukai dengan serius

Ketika suatu hal yang kita senangi dikerjakan, maka tentunya kita akan merasa cenderung lebih bahagia serta senang untuk melakukannya. Oleh sebab itu, sangat disarankan kita mengerjakan hal-hal yang disukai sebagai sebuah kelebihan yang kita miliki. Dalam hal ini, kita hanya perlu untuk melakukan pengembangan terhadap apa yang sudah kita sukai tersebut menjadi sebuah hal yang dapat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Sebagai contoh, ketika kita suka didalam bongkar pasang komputer, maka apabila kegiatan tersebut terus kita kembangkan dan asal dengan baik hal tersebut dapat menjadi sebuah kelebihan, bahkan bisa menjadi sebuah pekerjaan dan profesi yang dapat menghasilkan uang.

Demikianlah sejumlah pembahasan mengenai cara mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari supaya kita benar-benar mampu untuk melihat kelemahan dan kelebihan yang ada pada diri masing-masing. Kekurangan yang ada pada diri kita tentunya bisa kita tutup dengan cara memperbaikinya. Demikian juga sebaliknya Apa kelebihan yang ada pada diri kita bisa kita kembangkan terus hingga mampu untuk memberikan manfaat baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain. Terimakasih dan Selamat berlatih.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *