Home / Elektronika / Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Sebenarnya, mengoperasikan sebuah genset tidaklah membutuhkan teknik spesial. Hanya saja, pada situasi tertentu anda akan dihadapkan pada kondisi dimana anda harus mengoperasikan gensetdengan langkah yang baik dan benar supaya kondisi mesin genset tetap terjaga dengan baik dan bisa bekerja dengan maksimal. Dari latar belakang itulah tentu dibutuhkan cara menggunakan genset supaya lebih awet dan tentunya bisa mendapatkan output arus listrik yang cukup bagus sehingga mampu menyalakan beban yang terhubung.

Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Guna memahami Bagaimana cara menggunakan genset supaya lebih awet dan sesuai aturan, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas untuk Anda bagaimana tahapan demi tahapan memakai mesin genset supaya bisa beroperasi secara maksimal dan tentunya Anda menambahkan manfaat terbaik dari mesin genset tersebut.Cara menggunakan genset ini Tentunya ditujukan untuk siapa saja baik untuk pemula maupun untuk yang sudah memahami mengenai seluk beluk mesin genset listrik.

Cara menggunakan genset supaya lebih awet

1. Lakukan pengecekan bahan bakar

tentunya, tahapan awal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu untuk Anda menyalakan mesin genset adalah melakukan pengecekan dan pemeriksaan bahan bakar tersedia. Bahan bakar untuk mesin genset bisa menggunakan solar dan juga bisa menggunakan bensin, tergantung jenis mesin yang digunakan. Apabila kebetulan kondisi tangki bahan bakar genset dalam kondisi kosong, maka silakan Anda melakukan pengisian ulang. Ingat adalah penghasilair pada tangki genset janganlah terlalu penuh.

2. Lakukan pengecekan pada oli ataupun pelumas mesin

Tahapan berikutnya yang perlu Anda kerjakan sebelum menyalakan mesin genset adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian pelumas mesin. Anda harus memastikan bahwa volume dari pelumas atau oli mesin dalam kondisi penuh. Rata-rata, mesin genset membutuhkan oli dengan spesifikasi type SAE 20-40. Sementara itu untuk merek dari oli, anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Data USB

3. Lakukan pengecekan pada aki

Tahapan ini Tentunya cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara mencoba menyalakan mesin genset menggunakan starter. Apabila mesin genset bisa langsung menyala dengan cepat, maka hal tersebut menandakan bahwa kondisi aki Masih normal. Begitu juga sebaliknya, Apabila ternyata starter cukup berat di dalam menyalakan mesin genset, maka anda bisa mencoba untuk mengganti aki dengan yang baru.

Hal lain yang perlu anda kerjakan di dalam proses pengecekan aki adalah dengan melakukan pemeriksaan bagian konektor yang menghubungkan Aki ke bagian mesin pemicu gerak. Silakan Anda Kencangkan bagian tersebut. Lakukan pemeriksaan juga pada bagian air aki, apabila sudah berada pada lower level, maka silahkan anda tambahkan kembali air aki.

4. Lakukan pengecekan pada bagian MCB

Proses pengecekan ini sangatlah penting guna memastikan supaya listrik yang akan dialirkan ke semua beban bisa berjalan normal tanpa adanya short atau hubung singkat. Lakukan pemeriksaan juga pada beberapa kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara genset. Anda harus memastikan bahwapanel MCB mengarah pada genset, sedangkan MCB dari PLN kondisi mati. Kondisi ini Tentunya berguna untuk menjaga supaya tidak ada tabrakan antara tegangan listrik yang berasal dari genset dan tegangan listrik yang berasal dari PLN.

5. Tahapan menghidupkan mesin genset berbahan bakar bensin

Setelah anda selesai melakukan beberapa Pengecekan di atas, maka tibalah saatnya anda menghidupkan mesin genset. Pada proses menghidupkan mesin genset ini, maka anda bisa melakukan Choke dan sehat terlebih dahulu sebelum di nyalakan. Kegiatan ini bertujuan supaya mesin genset lebih cepat untuk dinyalakan. Sebagai gambaran, posisi choke berdekatan dengan bagian karburator. Bagian ini biasanya dilambangkan dengan bentuk logo segitiga.

Baca Juga:   Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar
  • Anda harus memastikan bahwa posisi bagian tuas choke mengarah ke bagian puncak dari logo segitiga
  • Lakukan pengecekan pada bagian saklar mesin switch dan pastikan berada pada posisi hidup
  • Lakukan pemeriksaan pada bagian tuas pengatur udara dan pastikan berada pada posisi hidup

6. Tahapan menghidupkan mesin genset berbahan bakar solar

Tahapan menyala atau menghidupkan mesin gensetberbahan bakar solar dengan menyalakan mesin genset berbahan bakar bensin Tidaklah terlalu jauh berbeda. Hanya ada beberapa bagian yang bisa anda lakukan sebagai kegiatan tambahan di dalam proses menyalakan genset berbahan bakar solar, yaitu:

7. Silakan Anda putar kunci kontak ke posisi “ON” lalu, silahkan anda biarkan sejenak

Lakukan pengecekan yang ditunjukkan pada layar yang tertempel pada body genset. Secara umum, layar akan menunjukkan tegangan sebesar 12 volt atau 24 volt. Tentunya hal tersebut sangat tergantung pada aki dan model pemasangannya.

8. Tahapan memanaskan mesin genset

proses memanaskan mesin genset tidaklah hanya terjadi pada kendaraan sepeda motor. Namun, mesin genset juga perlu dilakukan pemanasan di awal sebelum digunakan.Waktu yang bisa anda gunakan untuk memanaskan mesin genset berkisar antara 5 sampai dengan 15 menit. Tujuan memanaskan mesin yang lain adalah supaya kerja mesin bisa lebih stabil. Hal tersebut tentunya disebabkan karena komponen-komponen yang ada di dalam mesin sudah terlumasi dengan sempurna.

9. Lakukan penarikan bagian koil perlahan

Jenis genset yang menggunakan model penarikan bagian coil untuk menghidupkannya adalah jenis genset mekanik. Pada proses menghidupkan mesin genset menggunakan model tarikan koil ini, maka anda bisa memulai dengan menarik tali yang sudah disediakan secara pelan dan lembut. Setelah itu, anda bisa melakukan penarikan tali Koil dengan cepat supaya mesin genset benar-benar bisa menyala.

10. Off kan bagian choke

mematikan bagian choke bisa anda kerjakan setelah mesin genset menyala sekitar 5 menit pertama. Setelah itu, mesin genset sudah bisa dihubungkan ke beban yang akan di suplai aliran listriknya. Untuk menjaga supaya mesin genset tetap awet, maka kita dilarang untuk memasang beban berat pada saat pertama kali genset dinyalakan. Lakukan penyalaan peralatan secara berurutan, mulai dari peralatan listrik yang memiliki watt kecil sampai dengan yang memiliki kuat paling besar.

Baca Juga:   Cara Kerja AVR Genset Dan Cara Mengatasi Kerusakannya

11. Matikan mesin genset

proses mematikan mesin genset ini bisa memiliki tujuan yang cukup beragam. Secara umum, mematikan mesin genset bertujuan untukmenjaga kondisi suhu mesin tetap stabil dan bisa secepatnya mendingin. Adapun beberapa tahapan yang bisa anda kerjakan pada saat mematikan mesin genset, yaitu:

  • Turunkan saklar MCB yang berada pada breaker yang berguna sebagai pembagi tegangan.

Begitu genset berhasil dinyalakan, silahkan anda tunggu mesin genset menyala dalam kondisi tanpa beban kurang lebih 5 menit. Tujuan hal tersebut juga untuk memaksimalkan gas buang pada sepeda motor supaya bisa lebih sempurna.
Anda juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kunci kontak sepeda motor dalam posisi “off”.hal tersebut perlu Anda kerjakan untuk jenis genset yang menggunakan bahan bakar bensin, diesel. Selain itu, proses mematikan mesin genset juga bisa dikerjakan secara manual dan juga secara otomatis.

12. Langkah menggunakan genset supaya bisa lebih mudah dipraktekkan dan dipelajari

Tahapan-tahapan yang sudah dibahas di depan terkesan cukup panjang. Namun, apabila tulisan di atas anda kerjakan, maka waktu yang dibutuhkan cukuplah pendek, hanya sekitar 10 menit saja. Waktu tersebut tentunya sudah termasuk kegiatan memanaskan mesin genset di bagian awal.

Demikianlah Uraian singkat mengenai beberapa cara menggunakan genset supaya lebih awet dan tentunya nyaman digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Semoga, tulisan sederhana ini bisa berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Amplifier

Skema Rangkaian Amplifier Mini Berkualitas

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang skema rangkaian amplifier.Tentunya, skema rangkaian amplifier yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *