Home / Software / Android / Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hampir seluruh Smartphone berbasis Android sudah dilengkapi dengan fasilitas yang namanya Hapus data. Fasilitas ini rata-rata bisa anda temukan pada bagian “setelan aplikasi”. Namun, Apakah anda mengetahui sebenarnya apa fungsi dari fitur hapus data aplikasi yang sudah tersedia pada Smartphone Android? Bagi Anda yang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari hapus data aplikasi pada Smartphone Android, pada kesempatan yang baik ini saya akan membahasnya untuk Anda sekaligus bagaimana cara menghapus data aplikasi pada Smartphone Android tersebut.

Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

Secara umum, para pengguna Smartphone Android akan memanfaatkan fasilitas hapus data ketika aplikasi yang sedang digunakan tersebut mengalami masalah, misalnya macet atau error. Sebagai contoh, misalnya ketika aplikasi yang bersangkutan dibuka kemudian mengeluarkan pesan error “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” atau bisa juga keluar pesan dalam bahasa Inggris yang berbunyi “Unfortunately App Has Stopped“.

Pesan-pesan tersebut rata-rata muncul ketika sebuah aplikasi mengalami masalah, bahkan dimungkinkan keluar pada semua aplikasi ketika bermasalah. Berdasarkan pengalaman beberapa aplikasi yang error seperti pada Penjelasan diatas adalah aplikasi BBM, aplikasi Google Play Store, aplikasi Line, aplikasi Facebook, aplikasi musik, aplikasi kontak, aplikasi galeri dan sejumlah aplikasi yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Menghapus Data Di HP Android

Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa hampir seluruh Smartphone berbasis Android sudah memiliki fasilitas yang namanya Hapus data. Beberapa merek Smartphone yang di dalamnya sudah mengusung fasilitas hapus data adalah Lenovo, Oppo, Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus Zenfone, LG, HTC, Motorola, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Meizu, Vivo, Advan, ZTE, Axioo, Acer dan merek merek terkenal lainnya.

Lalu, Bagaimana cara menghapus data aplikasi pada Smartphone Android tersebut? Ikuti beberapa langkah langkah sederhana di bawah ini:

Sebelumnya, perlu diketahui bersama bahwa ketika anda melakukan penghapusan data aplikasi, maka data aplikasi yang dibersihkan tersebut akan dihapus secara permanen. Beberapa data yang dihapus pada sebuah aplikasi meliputi basis data, setelan, cache, data Log in, history dan beberapa data lainnya.

Sebagai contoh, apabila anda mencoba untuk menghapus data pada aplikasi Google Play Store yang sering error, maka tentunya pada aplikasi Google Play Store tersebut akan dibersihkan dari bookmark, Setelan Google Playstore serta cache.Hal tersebut memiliki arti bahwa Google Playstore akan dikembalikan settingannya seperti pada settingan pabrik. Lalu, bagaimana langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi pada Smartphone Android?

Baca Juga:   Cara Menampilkan Aplikasi Yang Tersembunyi Di Android

Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

Langkah pertama, silahkan anda akses menu “Pengaturan“, lalu pilih menu “Aplikasi“, lalu pilih menu “Unduhan/Semua“, lalu silahkan anda “temukan aplikasi yang akan anda Hapus datanya“. Lanjutkan dengan memilih tombol “Paksa Berhenti” lalu lanjutkan dengan menekan tombol “Hapus Data“.

Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

Ternyata cukup mudah bukan cara menghapus data aplikasi pada Smartphone Android. Cara ini Tentunya bisa anda aplikasikan hampir pada seluruh Smartphone Android yang beredar sekarang ini. Namun tentunya Anda harus hati-hati di dalam menghapus data Aplikasi karena proses penghapusan data aplikasi akan membuat seluruh settingan pada sebuah aplikasi akan hilang. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berbagai macam permasalahan yang ada pada aplikasi segera bisa teratasi.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *