Home / Software / Android / Cara Menghapus Data Di HP Android

Cara Menghapus Data Di HP Android

Apakah anda sudah mengetahui tutorial lengkap Bagaimana cara menghapus data di Android secara permanen dan benar-benar aman? Ternyata, fitur factory reset yang sudah disediakan pada smartphone Android belumlah cukup aman karena ternyata walaupun kita sudah menggunakan fasilitas “factory reset” pada smartphone Android tetap saja data-data yang ada di dalam smartphone bisa dipulihkan dengan teknik tertentu. Apabila kita menginginkan keamanan data yang kita miliki tentunya kita harus mampu Bagaimana cara menghapus semua data di Android secara permanen sehingga ketika smartphone tersebut berpindah tangan, maka data data pribadi yang kita miliki akan tetap aman.

Cara Menghapus Data Di HP Android

Tujuan dari proses menghapus data diandroid secara permanen salah satunya adalah ketika kita hendak menjual Smartphone kita ke orang lain. Pada posisi ini, kita tentunya hanya berkeinginan untuk menjual smartphone tanpa mengikutsertakan data-data pribadi kita. Tentunya, apa jadinya Apabila data-data penting kita jatuh ke tangan orang lain yang ditakutkan nantinya data tersebut disalahgunakan. Tentunya, kita sebagai pemilik data akan dirugikan.

Lalu, Bagaimana cara menghapus data Android secara permanen dan kita tidak dihawatirkan terjadi adanya pencurian data? Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi pengetahuan dengan Anda bagaimana cara menghapus data aplikasi di Android secara permanen.

Namun sebelumnya, sebagai bahan pengetahuan kita saja bahwa ada sebuah informasi yang menyatakan smartphone yang dibeli pada situs ebay sejumlah 20 unit, membeli tersebut bisa merecovery data foto lebih dari 40.000, SMS dan email sebanyak 720, kontak sejumlah 250 serta sejumlah data lain yang sifatnya pribadi. Tentunya, hal tersebut sangatlah mengkhawatirkan apabila data-data privasi lain yang ada di dalam smartphone Android yang kita miliki bisa mereka akses.

Apalagi, apabila data-data penting yang berhasil mereka recover dari smartphone Android yang kadang mereka salah gunakan, tentunya hal tersebut akan sangat merugikan pemilik smartphone Android sebelumnya. Untuk itulah apa Silakan anda Simak beberapa ulasan berikut yang akan membantu anda di dalam menghapus data di, Android secara permanen dan tentunya cukup aman sehingga tidak mudah diakses oleh pembeli berikutnya.

Cara Menghapus Data Di HP Android

1. Tahap pertama, silahkan back up data penting anda

Hal wajib yang harus dilakukan sebelum anda menghapus data-data penting yang ada di smartphone Android adalah membuat cadangan atau backup data yang ada di smartphone Android. Walaupun Sebenarnya Anda hendak menghapus data data di Smartphone Android, tidak ada salahnya anda melakukan back up data, siapa tahu suatu saat nanti anda membutuhkan kembali data-data yang sudah dihapus.

Baca Juga:   Kumpulan Aplikasi Kunci Layar atau Lock Screen terbaik di Android

Langkah untuk melakukan backup data yaitu dengan memanfaatkan fasilitas pick up and restore yang secara umum sudah disediakan pada smartphone Android. Disamping itu, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas aplikasi pihak ketiga, misalnya aplikasi Titanium Backup Yang pastinya menyediakan fitur yang lebih lengkap. Hanya saja aplikasi Titanium Backup ini membutuhkan akses root untuk bisa memakainya

2. Tahap kedua, silahkan anda copot atau ambil kartu SIM

Kondisi ini Tentunya cukup simpel dan sangat sederhana. Namun kadangkala banyak pengguna smartphone Android yang lupa untuk melakukannya sehingga akan beresiko kehilangan kontak yang ada di kartu sim. Jangan sampai kartu SIM yang ada di smartphone Android lupa untuk diangkat sampai dengan ke proses penjualan. Apabila anda tidak menginginkan kartu SIM untuk digunakan kembali, maka lebih baik anda hancurkan atau disimpan ditempat yang sangat aman.

3. Tahap ketiga, silakan Anda lakukan encrypting

prosedur berikutnya di dalam mengamankan data pada smartphone Android adalah melakukan enkripsi seluruh data sebelum dilakukan penghapusan. Sesuai dengan fungsinya, fitur enkripsi pada smartphone berguna untuk mengajak data-data yang ada di dalam perangkat smartphone anda. Tujuan dari proses enkripsi ini adalah supaya data-data yang tidak terhapus sempurna dan bisa diakses kembali oleh orang lain tetapi tidak bisa untuk dibuka karena sudah diajak.

Fasilitas enkripsi yang ada di smartphone Android bisa anda akses melalui menu “setting”, kemudian pilih menu opsi “security”, lalu pilih menu “Encrypt Phone”.apabila anda tidak menemukan Menu tersebut melalui tahapan di atas, maka mungkin saja lokasi dari menu enkripsi berbeda. Anda bersama Explore konfigurasi dari smartphone yang anda miliki.

4. tahap 4, silakan Anda lakukan factory reset

tujuan dari memanfaatkan fasilitas factory reset adalah untuk melakukan penghapusan seluruh data yang ada di dalam smartphone. Langkah yang bisa anda tempuh adalah masuk ke dalam menu “setting”, kemudian silahkan anda pilih menu “backup and reset”, lalu lanjutkan dengan memilih menu “factory data reset”. Setelah anda memanfaatkan fasilitas ini, maka semua data yang ada di dalam smartphone Android Anda akan terhapus. Laku factory reset Jika anda benar-benar sudah yakin data yang ada didalam semua Ganendra sudah terbakar secara sempurna.

5. Tahap kelima, silahkan anda masukkan data-data palsu

setelah proses factory reset dilakukan, secara umum sebenarnya kondisi smartphone sudah cukup aman untuk dijual. Hanya saja, untuk lebih mengamankan data-data yang anda miliki maka anda bisa memasukkan berbagai macam data palsu supaya proses recovery data akan lebih sulit lagi. Anda bebas menemukan berbagai macam data-data palsu yang bisa diambil di internet termasuk adalah nomor kontak palsu dan berbagai macam data palsu lainnya

Baca Juga:   Cara Menghapus Data Aplikasi Pada Smartphone Android

6. Tahap Ke-6, Lakukan Kembali Proses Factory Reset

setelah anda selesai memasukkan berbagai macam data palsu, lakukan kembali proses factory reset untuk menghapus data-data palsu tersebut. Dengan melakukan factory reset U2 tentunya data-data asli yang ada di dalam smartphone Android akan semakin bertumbuh dan fungsinya dan semakin sulit untuk di recovery ataupun diakses kembali kembali. Untuk lebih meyakinkan Anda, maka anda bisa mengulang tahapan kelima dan tahapan keenam berulang kali sampai Anda benar-benar yakin bahwa smartphone Android Anda sudah sangat sulit untuk diare cover data yang asli.

7. Tahap ke-7, silakan Anda format atau hapus data di SD card

kadang kala, ketika kita menjual smartphone Android, maka kartu eksternal atau yang sering dikenal dengan sebutan SD card ikut dijual pada paketnya. Untuk itulah, alangkah baiknya sebelum anda menjual smartphone Android kesayangan Anda, lebih baik anda melakukan penghapusan data pada SD card dengan cara memformat nya. Anda bisa melakukan penghapusan data pada SD card dengan cara masuk ke menu “setting”, lalu pilih menu “storage”, kemudian dilanjutkan memilih menu “erase SD card”.

Disamping menggunakan menu bawaan dari smartphone Android, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi File Manager. Secara umum, aplikasi File Manager juga sudah disediakan pada smartphone Android. akan tetapi apabila aplikasi File Manager tidak terdapat pada smartphone Android yang hendak Anda jual, maka anda bisa mengunduh di Play Store terlebih dahulu. contoh aplikasi File Manager yang banyak digunakan dan cukup terkenal adalah Astro File Manager serta ES Explorer

Dengan menggunakan aplikasi File Manager, semua data yang ada di SD card akan bisa dihapus dengan sangat mudah dan cepat. Jangan lupa, supaya data asli yang ada dalam SD card lebih aman, maka anda bisa memasukkan data-data palsu ke dalam SD card, lalu menghapusnya kembali. Intinya, semakin banyak tumpukan data ke dalam media penyimpanan maka tentunya proses recovery data yang asli akan semakin sulit.

Anda juga bisa menggunakan komputer untuk menghapus data di SD card. Anda cukup melakukan format SD card menggunakan komputer, maka data-data yang ada di dalam SD card akan hilang secara sempurna dan potensi untuk dikembalikan sangatlah sulit.untuk menghapus SD Card pada komputer, silakan Anda Klik Kanan pada drive SD card, lalu silahkan Anda memilih menu “format”. Jangan lupa untuk memasukkan kembali data-data palsu lalu lanjutkan dengan proses format ulang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Itulah beberapa tahapan bagaimana cara menghapus data di, Android. Selain beberapa cara diatas, tentunya kita bisa memanfaatkan beberapa software aplikasi Android yang mana sopir tersebut mampu untuk melakukan penghapusan data secara khusus sehingga data-data yang ada di dalam smartphone akan sangat sulit untuk dikembalikan atau daerah cover. Anda bisa mencoba untuk menggunakan beberapa software dibawah ini.

Aplikasi Untuk Menghapus Data Di, Android

1. Aplikasi History Eraser

aplikasi History Eraser adalah salah satu aplikasi yang bisa melakukan penghapusan pada daftar history dan berbagai macam yang ada di smartphone Android anda. Tentunya, cukup menekan satu tombol aplikasi,, data riwayat browsing, data panggilan serta berbagai macam data yang lainnya bisa mudah untuk bilang.

2. Aplikasi Smart Cleaner

Aplikasi Smart Cleaner adalah aplikasi berikutnya yang bisa anda gunakan untuk menghapus data yang ada di dalam, Android. Fungsi dari aplikasi Smart biner adalah untuk melakukan penghapusan file case serta data yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan menggunakan aplikasi Smart Cleaner, maka file cache, file temporary internet, riwayat internet serta berbagai macam File hasil download dan akan terhapus.Selain berguna untuk melakukan penghapusan file, aplikasi Smart Cleaner juga bisa digunakan sebagai informasi dari penggunaan memori yang ada di dalam smartphone Android.

3. Aplikasi Android system cleaner

Aplikasi Android system cleaner tentunya berbeda dengan dua aplikasi di atas. Selain digunakan untuk menghapus file cache ataupun history, aplikasi Android system cleaner jika mampu untuk melakukan penghapusan berbagai macam data yang sudah tidak digunakan lagi yang tentunya masih bersemayam di Smartphone Android.

Sekian penjabaran singkat mengenai bagaimana cara menghapus data di, android. Mudah-mudahan, informasi sederhana ini mampu dijadikan sebagai bahan rujukan serta bahan belajar bagaimana cara mengamankan data di smartphone yang hendak dijual sehingga lebih aman dan tidak takut lagi adanya pencurian data yang berpotensi untuk disalahgunakan. Akhir kata terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba. Semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Apa Yang Dimaksud Dengan Android

Smartphone Android atau handphone Android adalah salah satu piranti yang sudah cukup memiliki nama beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *