Home / Jaringan / Internet / Cara Menghapus Data Google Drive Yang Sudah Penuh

Cara Menghapus Data Google Drive Yang Sudah Penuh

Pastinya teman-teman sudah mengetahui apa sebenarnya Google Drive? Google Drive merupakan fasilitas yang disediakan oleh Google yang berguna untuk menyimpan file-file yang nantinya bisa dibagi ulang kepada pengguna lain. Dengan adanya Google Drive, maka kita diberikan media penyimpanan secara online dengan kapasitas yang cukup besar. Untuk versi gratisnya saja, Google Drive menyediakan batas maksimal kapasitas sampai dengan 15 GB. Apabila anda menginginkan kapasitas yang lebih besar, maka anda bisa melakukan upgrade ke kapasitas diatasnya, namun tentunya harus mengeluarkan uang untuk membayarnya. Namun, apa jadinya jika kapasitas Google Drive yang disediakan tetap saja tidak memenuhi kebutuhan kita? Tentunya kita berusaha untuk mencari cara menghapus data Google Drive yang sudah penuh sehingga Google Drive tersebut bisa kita manfaatkan kembali untuk menyimpan file-file yang lebih baru.

Cara Menghapus Data Google Drive

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive adalah kecepatan upload dan download yang tidak dibatasi. Tentunya kecepatan tersebut dipengaruhi oleh koneksi internet yang kita miliki. Dengan semakin cepat koneksi internet milik kita, maka tentunya kecepatan download dan upload pada Google Drive juga akan semakin meningkat. Salah satu batasan yang dimiliki oleh Google Drive free atau gratis adalah maksimal kapasitas penyimpanan yang hanya mencapai 15 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, tentunya kita akan merasa kesulitan Apabila hendak menyimpan file-file dengan ukuran besar. Sekarang ini banyak sekali file-file multimedia yang memiliki ukuran besar, seperti file musik, file video dan file animasi. Untuk itulah, kita harus telaten melakukan pengecekan sekaligus menghapus data Google Drive yang sudah tidak digunakan lagi, namun memenuhi ruang simpan Google Drive.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Bagaimana cara menghapus data Google Drive yang sudah penuh? Silakan Anda ikuti terus 2 perihal ini guna mendapatkan informasi lengkapnya.

Cara menghapus data Google Drive:

Tahap 1:

Langkah pertama, silahkan anda akses halaman “https://drive.google.com/drive/my-drive” guna mengetahui sekaligus melihat seluruh data file yang anda miliki di dalam akun Google Drive yang anda gunakan.

Menampilkan seluruh file pada google drive

Tahap 2:

Tahapan berikutnya, silakan Anda pilih menu terkini yang ada di bagian samping kiri. Menu ini digunakan untuk melihat berbagai macam file yang sebelumnya pernah kita download. Untuk menghapus file-file tersebut, silahkan anda tekan kombinasi tombol “CTRL+A” lalu klik icon delete yang dilambangkan dengan gambar tong sampah.

hapus file pada google drive

Tahap 3:

Urutan selanjutnya, setelah anda selesai menghapus file yang ada di dalam menu terkini, silakan Anda lanjutkan untuk masuk ke dalam folder sampah. Hapus juga seluruh file yang ada di dalam folder sampah dengan cara klik kombinasi tombol “CTRL+A“, Lalu lanjutkan dengan mengklik menu “Hapus Untuk selamanya” yang nantinya digunakan untuk melakukan pengosongan tong sampah dan menghapus file secara permanen.

Baca Juga:   Arti Dari HTTP Lengkap Dengan Penjabarannya

hapus file google drive yang ada pada tong sampah

Tahap 4:

Selesai sudah proses menghapus data Google Drive yang sudah terlalu penuh. Dengan melakukan proses di atas, maka tentunya spasi yang ada di dalam Google Drive akan meningkat apabila terdapat banyak file yang ada di menu “Terkini” dan “Sampah”. Anda juga bisa memilah dan memilih beberapa file yang sudah tidak digunakan lagi pada file utama.

Seperti yang sudah dibahas di depan bahwa selain menyediakan Space 15 GB untuk akun gratis pada Google Drive, yang ternyata Kita juga bisa mengupgrade kapasitas Google Drive ke ukuran kapasitas yang lebih besar lagi. Namun, untuk bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan pada Google Drive yang lebih besar, maka kita harus mengeluarkan uang untuk membayarnya terlebih dahulu. Lalu Berapa besarnya biaya berlangganan akun Google Drive dengan kapasitas yang lebih besar? Anda bisa mendapatkan informasi tersebut sesuai pada gambar dibawah ini:

upgrade kapasitas google drive

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menghapus data Google Drive yang sudah penuh. Cara ini Tentunya bisa anda lakukan baik pada akun Google Drive yang gratis maupun akun Google Drive yang berbayar di mana kapasitasnya sudah cukup besar, yaitu 100 GB dan 1 TB. Mudah-mudahan, tutorial singkat kali ini mampu memberikan tambahan wawasan bagi anda sekalian sehingga Anda bisa memanfaatkan akun Google Drive semaksimal mungkin untuk menyimpan file-file penting milik anda. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Baca Juga:   Tutorial Bagaimana Cara Menjalankan Internet Explorer

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Email

Fungsi Utama Email Dibidang Internet Secara Umum

Fungsi utama email dari tahun ketahun tentunya akan mengalami peningkatan karena teknologi email itu sendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *