Home / Software / Windows / Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Kondisi dimana pada saat kita menghapus sebuah file namun file tersebut tidak bisa dihapus. Kondisi ini tentunya sangat menjengkelkan apalagi jika file tersebut memang sudah benar-benar ingin dihapus, baik itu karena alasan privasi maupun karena sudah memenuhi ruang hardisk terlalu banyak. Untuk membantu anda di dalam mengatasi hal tersebut, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai cara menghapus data yang tidak bisa dihapus. Penyebab dari data yang tidak bisa dihapus cukup banyak, misalnya adalah data dalam kondisi terkunci maupun data yang terkena virus.

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Penyebab lain dari susahnya menghapus data adalah pada saat data yang hendak dihapus ternyata masih digunakan maupun dibuka oleh software lainnya. Untuk itulah kita harus memahami apa saja penyebab dari susahnya menghapus data sekaligus melakukan beberapa tindakan sehingga data yang tidak bisa dihapus tetap bisa dihilangkan.

Cara menghapus data yang tidak bisa dihapus

1. Menutup program yang sedang membuka data yang hendak dihapus

Cara yang cukup sederhana dan bisa kita mulai adalah dengan menutup program yang sedang membuka data yang hendak dihapus. Setiap kali kita hendak menghapus sebuah data, maka Windows Explorer akan memunculkan sebuah persetujuan proses penghapusan data yang hendak dilakukan. Pada saat terjadi kesalahan di dalam proses penghapusan data, Windows Explorer juga tentunya akan menampilkan informasi dari penyebab mengapa data tersebut tidak bisa terhapus. Informasi itulah yang perlu kita cerna Sekaligus kita tindaklanjuti.

Baca Juga:   Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Cepat

Salah satu contoh yang sering dialami oleh pengguna komputer Windows adalah sebuah data yang masih berjalan maupun masih terbuka dan belum ditutup dengan benar. Langkah mengatasi hal tersebut tentunya cukup mudah, yaitu menutup program atau aplikasi yang kemungkinan besar masih membuka data yang hendak dihapus tersebut. Setelah itu, anda bisa mencoba kembali untuk menghapus data yang diinginkan.

2. Melakukan reboot atau restart pada komputer

Apabila Anda terlalu repot di dalam menemukan program atau Software apa saja yang sedang menggunakan data yang hendak dihapus tersebut, maka salah satu jalan pintas adalah merestart atau me reboot komputer. Proses restart tentunya akan membersihkan RAM dan tentunya akan melakukan perbaikan dari beberapa gangguan yang terjadi pada komputer pada saat kita hendak menghapus sebuah data. Kita tidak perlu repot-repot melakukan analisa Software apa saja yang perlu ditutup. Cukup dengan satu klik saja, maka masalah dimana data tidak bisa dihapus akan teratasi.

3. Gunakan aplikasi task manager untuk menutup aplikasi

Melakukan restart pada komputer memang salah satu solusi alternatif paling singkat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi data yang tidak bisa dihapus. Hal tersebut disebabkan karena dengan melakukan restart, seluruh sistem akan kembali ke posisi nol.Namun tentunya kita bisa memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Task Manager pada Windows untuk menutup beberapa proses aplikasi yang sedang berjalan. Proses menutup aplikasi yang sedang berjalan ini Tentunya dilakukan secara manual.

Baca Juga:   Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Ada banyak Langkah yang bisa digunakan untuk membuka aplikasi Task Manager. Langkah pertama bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard. Selain itu, Task Manager juga bisa dipanggil dengan melakukan Klik Kanan di bagian taksbar, lalu pilih task manager. Jalan lain yang bisa ditempuh untuk memanggil aplikasi Task Manager adalah dengan menekan kombinasi tombol “CTRL+ALT+DEL” pada keyboard, Lalu silahkan anda pilih menu “start Task Manager”.

Langkah berikutnya, silahkan anda klik pada bagian prosesor, kemudian silahkan anda temukan aplikasi yang berpotensi menyebabkan data tidak bisa dihapus. Sebagai contoh, Apabila ada apa yang hendak dihapus merupakan file PDF, maka kita bisa melakukan penutupan software aplikasi yang berkaitan erat dengan file PDF, misalnya adalah Foxit Reader atau Adobe Acrobat Reader.

4. Melakukan unlock File atau data memakai aplikasi pihak ketiga

Apabila tiga tahapan di atas tidak banyak membantu anda di dalam mengatasi masalah dimana data tidak bisa dihapus, maka anda bisa mencoba untuk meng-unlock data memakai aplikasi pihak ketiga. Tentunya ada berbagai macam software atau aplikasi pihak ketiga yang dapat anda manfaatkan, misalnya adalah software unlocker dan filexile. Ada juga software unlock yang bersifat gratis seperti iobit unlocker yang diproduksi oleh IOBIT.selain software tersebut, disediakan pula software unlock khusus dari Microsoft yang bernama process Explorer. Software ini bisa anda percaya untuk menghapus data yang tidak bisa dihapus karena langsung dibuat oleh pihak Microsoft.

Baca Juga:   Inilah Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

5. Masuk ke safe mode

Apabila langkah-langkah diatas tetap tidak membuahkan hasil maksimal dan memuaskan, maka anda bisa mencoba Langkah terakhir yaitu dengan melakukan boot ke safe mode di Windows. Untuk melakukan booting ke safe mode di Windows 7, maka anda bisa menekan tombol F8 pada keyboard pada saat komputer selesai melakukan POST. Untuk pengguna Windows 8, masuk kedalam safe mode bisa dilakukan dengan menekan tombol “Windows +I” guna membuka itu sidebar, lalu silahkan anda klik bagian tombol power sambil menahan tombol Shift yang ada di keyboard, lalu diikuti dengan memilih opsi restart. Setelah itu, silahkan anda pilih menu Troubleshoot, lalu pilih menu Advanced option, lanjutkan dengan memilih menu Startup Setting, dan akhiri dengan memilih Enable Safe mode sebelum anda menekan tombol Restart.

Demikianlah 5 cara menghapus data yang tidak bisa dihapus pada komputer Windows. Sesuai dengan pengalaman yang pernah penulis dapatkan, langkah-langkah diatas sudah bisa mewakili dan mengatasi permasalahan di mana anda kesulitan didalam menghapus data yang ada pada komputer Windows. Silahkan Anda coba satu demi satu apabila anda merasa kesulitan didalam menghapus data komputer Windows. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Inilah Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Sesuai judul, pada postingan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara memperbaiki Windows XP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *