Home / Software / Android / Cara Menghapus Penggunaan Data Di Android

Cara Menghapus Penggunaan Data Di Android

Smartphone Android merupakan salah satu perangkat yang sudah dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Penggunaan smartphone Android salah satunya adalah untuk mengakses internet yang menggunakan paket data dari jaringan seluler yang mereka gunakan. Tentunya, dengan semakin majunya teknologi internet membuat penggunaan data pada smartphone Android juga semakin meningkat. Salah satu hal yang menjadi permasalahan banyak pengguna smartphone Android adalah banyaknya data yang digunakan pada smartphone Android itu sendiri. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara menghapus penggunaan data di Android sehingga performa dari smartphone Android yang Anda gunakan selalu dalam kondisi maksimal.

Cara Menghapus Penggunaan Data Di Android

Smartphone Android selalu memberikan notifikasi berupa peringatan penggunaan data yang penuh sehingga mengharuskan setiap pengguna untuk melakukan penghapusan penggunaan data. Notifikasi peringatan penggunaan data yang penuh juga merupakan salah satu indikator bahwa kita sudah melewati garis batas dari penggunaan data maksimal. Kondisi ini Tentunya amat sangat mengganggu aktifitas kita didalam menggunakan Smartphone Android. Untuk itulah kegiatan pengaturan ulang perlu kita lakukan. Apabila pengaturan ulang tidak kita lakukan pada smartphone Android, maka tentunya notifikasi dari penuhnya penggunaan data akan selalu muncul yang tentunya akan mengakibatkan ketidaknyamanan kita di dalam penggunaan smartphone Android.

Baca Juga:   4 Aplikasi Pemotong Lagu MP3 Untuk Android Terbaik

Penggunaan data pada smartphone Android sering dikenal dengan fitur data Usage. Fitur data usage merupakan salah satu jenis fitur yang berguna untuk melakukan penghitungan banyaknya data yang digunakan serta menampilkan hasilnya dalam bentuk grafik yang bisa dengan mudah dibaca oleh setiap pengguna. Misalnya, fitur data Usage ini akan bekerjapada saat kita melakukan aktivitas chatting ataupun melakukan browsing data dan informasi menggunakan software browser. Paket data yang digunakan nantinya akan dihitung dan langsung ditampilkan dalam bentuk grafik yang pastinya akan selalu bertambah menyesuaikan dari penggunaan paket data yang dipakai.

Secara umum, fasilitas data Usage ini Tentunya amat penting guna melakukan kontrol Agar penggunaan paket data internet pada smartphone Android tidak boros atau melampaui batas. Namun tentunya fitur ini akan mengganggu Karena munculnya notifikasi secara terus-menerus. Untuk itulah, anda bisa melakukan penghapusan penggunaan data secara penuh di smartphone Android sehingga aktivitas anda didalam menggunakan Smartphone Android akan lebih leluasa dan lebih nyaman.

Baca Juga:   5 Apk Atau Aplikasi Untuk Edit Foto Berbingkai Membuat Anda Lebih Cantik

Cara menghapus penggunaan data di Android

1. Lakukan penghapusan file dengan root

Ketika kita ingin melakukan penghapusan penggunaan data di Smartphone Android secara permanen, maka kita bisa melakukannya dengan cara mengakses pada sistem root di smartphone Android. Untuk melakukan hal tersebut, tentunya Anda harus melakukan root terlebih dahulu pada smartphone Android. Setelah itu, kita bisa memakai sebuah aplikasi Explorer. Salah satu contohnya adalah ES File Explorer. Setelah kita masuk pada aplikasi ES File Explorer, maka kita bisa mengeksplor ke /data/system/nestats.

Setelah ditemukan, silahkan anda delete seluruh file yang berada pada folder tersebut. Tahap selanjutnya, silakan Anda restart smartphone Android. Setelah smartphone Android Menyala kembali, silahkan anda lakukan pengecekan pada bagian pengaturan data Usage.Hasilnya adalah seluruh history dari penggunaan data akan kosong kembali.

2. Menghapus penggunaan data menggunakan factory reset

Teknik factory reset untuk melakukan penghapusan penggunaan data secara keseluruhan di Android bukanlah perkara yang susah untuk dilakukan. Factory reset merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk mengembalikan settingan smartphone Android ke settingan pabrik. Dengan model seperti ini, tentunya seluruh data serta setingan akun pada smartphone Android akan kembali seperti smartphone Android baru. Tentunya termasuk adalah penggunaan data yang akan ikut di reset ke posisi nol. Guna mengamankan data pada smartphone Android, sebelum anda melakukan factory reset Maka sangat dianjurkan untuk melakukan back up data terlebih dahulu.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Game PC Di Android

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menghapus penggunaan data di Android dengan mudah dan cepat dan bisa anda kerjakan sendiri tanpa harus meminta bantuan ke teknisi smartphone. Mudah-mudahan tutorial singkat kali ini mampu memberikan informasi dan tambahan ilmu pengetahuan baru bagi pengguna smartphone Android sehingga bisa memaksimalkan kinerja dari smartphone Android itu sendiri. Terimakasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apk Atau Aplikasi Untuk Edit Foto Berbingkai

5 Apk Atau Aplikasi Untuk Edit Foto Berbingkai Membuat Anda Lebih Cantik

Menjadikan tampilan diri Anda berbeda dari yang lain dan tentunya berbeda pada foto merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *