Home / Elektronika / Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Untuk para pemakai listrik jenis pascabayar, maka tentunya wajib untuk anda memahami cara mengetahui dan cara menghitung biaya listrik dengan baik dan benar. Sebenarnya, cara menghitung biaya pajak listrik tidak dapat dilakukan hanya dengan perkiraan saja, namun memang sudah disediakan rumus tersendiri.

Cara Menghitung Biaya Listrik

Mungkin diantara anda ada yang menganggap bahwa proses perhitungan menggunakan rumus cukuplah ribet. Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Guna mempermudah anda di dalam menghitung biaya tagihan listrik, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulasnya untuk anda.

Di shopee untuk memahami cara menghitung biaya tagihan listrik, maka anda juga nantinya akan lebih berhati-hati di dalam membeli berbagai macam perabot rumah tangga. Disamping itu, kondisi tersebut juga dapat berfungsi guna mencegah kebobolan akan pengeluaran yang disebabkan oleh tarif listrik yang membengkak.

Baiklah, tidak usah panjang lebar lagi, mari kita bahas tahapan demi tahapan sebelum anda menghitung penggunaan listrik. Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Pahami terlebih dahulu golongan tarif listrik

Langkah pertama yakni dengan memahami terlebih dahulu golongan tarif listrik yang ada di rumah anda. Tentunya, golongan tarif listrik akan disesuaikan berdasarkan batas maksimal daya listrik yang digunakan.

Anda tentunya sudah memahami jika terdapat sejumlah golongan tarif listrik di rumah bukan? Golongan tarif listrik dimulai dari angka 900va, 1300va, 2200va, 3300va, 4400va, 5500va, 6600va dan angka-angka yang diatasnya.berdasarkan berita memang terdapat perencanaan untuk menyederhanakan tarif listrik, namun sampai dengan saat ini belum ada keputusan dari pihak pemerintah.

Tentunya, tarif listrik juga dibedakan berdasarkan golongannya. Untuk golongan 900va menggunakan tarif per kwh adalah rp. 1.352. Sementara itu, untuk golongan 1.300va sampai dengan 5.600 600va menggunakan tarif per kwh nya adalah rp. 1.467.

Baca Juga:   Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

2. Lakukan pengecekan terhadap robot rumah tangga yang memerlukan listrik

Sesudah anda memahami golongan listrik yang digunakan, mari kita lanjutkan untuk mempelajari peralatan listrik mana saja yang menyedot terlalu banyak arus listrik. Pernyataan, kulkas hanyalah salah satu dari sekian banyak peralatan yang membutuhkan listrik cukup banyak. Apabila kita mau mendatang berbagai macam perabot yang ada dirumah, maka berikut ini adalah contoh-contohnya.

  • Lampu berjumlah 7 dengan daya 30 watt
  • Ac berkekuatan 1 pk sejumlah 1 memiliki daya 750 watt
  • Led tv 1 unit berukuran 43 inci dengan kebutuhan daya 50 watt
  • Sound system 1 set membutuhkan daya 10 watt
  • Setrika listrik 1 unit membutuhkan daya 350 watt
  • Kulkas satu buah membutuhkan daya 300 watt
  • Mesin cuci satu buah membutuhkan daya 350 watt

Jika seluruh bagian sudah dicatat, marilah kita membuat ilustrasi lama dari perabot tersebut dinyalakan. Contohnya ac di mana perangkat tersebut sangat dimungkinkan tidak dinyalakan secara terus-menerus. Demikian pula lampu di mana dinyalakan pada kondisi sedang telah. Berbeda dengan kulkas yang mana peralatan tersebut tentunya harus on 24 jam.

Perkiraan konsumsi tarif listrik

7 buah lampu dinyalakan mulai pukul 18.00 sampai dengan pukul 06.00 sehingga jika dihitung lampu tersebut menyala 12 jam. Asumsinya adalah pada pukul 06.00, anda tentunya harus sudah ada di kantor. Dengan demikian, maka seluruh lampu yang ada di rumah haruslah dimatikan. Oleh sebab itu, oleh sebab itu, total dari daya lampu dalam waktu 1 hari yakni 7 * 30 watt * 12 jam didapat hasil 2520 what

Baca Juga:   Bunyi Hukum Medan Magnet dan Kelistrikan

Ac 1 unit yang anda miliki dinyalakan pada saat anda hendak tidur. Misalnya, anda menyalakan ac pada pukul 21.00 sampai dengan pukul 05.00 atau jika dihitung akan menyala selama 8 jam. Dengan demikian, maka kebutuhan daya listrik pada pemakaian ac dalam waktu sehari yaitu 750 * 8, di dapat 6000 watt.

Tv led yang hanya dinyalakan selama 5 jam dalam waktu sehari mengingat anda menghabiskan waktu di kantor bukan di rumah. Sehingga, kebutuhan daya dalam waktu sehari untuk tv led adalah 50 * 5 jam, didapat angka 250watt.

Selanjutnya adalah sound system yang sangat jarang digunakan, mungkin saja dalam sehari hanya dinyalakan 2 jam, sebab rata-rata dalam waktu sehari anda hanyalah dapat menonton film yang berdurasi pendek. Sound system tersebut membutuhkan daya listrik 10 * 2, didapat angka 20 watt.

Selanjutnya adalah setrika listrik yang digunakan sehari adalah 2 jam sehingga kebutuhan daya listrik untuk setrika yakni 350 * 2, didapat angka 700watt.

Berbeda dengan kulkas yang dinyalakan non-stop 24 jam, sehingga konsumsi daya yang diperlukan oleh kulkas yakni 300 * 24, didapat angka 7.200 watt

Selanjutnya adalah mesin cuci yang dipakai dalam sehari adalah 2 jam. Dengan demikian, maka kebutuhan daya listrik untuk mesin cuci adalah 350 kali 2, didapat angka 700watt.

3. Cara menghitung biaya listrik atau tarif listrik dalam waktu 1 hari

Pada tahapan berikutnya, anda bisa melakukan penjumlahan secara total akan kebutuhan daya listrik pada semua peralatan yang telah kita hitung di bagian atas. Berikut ini adalah contohnya. Berdasarkan angka di atas, maka bisa didapat hitungan pasar adalah sebagai berikut:

Baca Juga:   Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

2.520 watt+6.000 watt+250 watt+20 watt+700 watt+7.200 watt+700 watt = 17.390 watt dibutuhkan dalam waktu 1 hari.

Anda tentunya juga harus mengetahui bahwasanya perhitungan dari tarif listrik memakai satuan kwh atau kilowatt per hour. Guna memperoleh satuan kwh, maka angka 17.300 watt harus diubah terlebih dahulu ke kwh. Rumus yang digunakan adalah 17.390 watt/1000 sehingga didapat angka 17,39 kwh.

Setelah anda memperoleh kebutuhan daya listrik di rumah menggunakan satuan kwh, maka sekarang tinggal melakukan pengalian dengan menggunakan tarif dasar listrik untuk masing-masing golongan. Apabila setiap kwh dihargai rp 1.467.26, maka biaya beban listrik yang harus anda tanggung dalam satu hari yakni 17,39 kwhxrp 1.467,26 = rp. 25.515,65. Apabila dihitung dalam satu bulan, maka diperoleh angka rp 25.515,65×30 hari = rp. 765.469,5.

Perhitungan diatas tentunya memiliki catatan dimana seluruh peralatan listrik yang ada di dalam rumah memang betul-betul aktif pada waktu yang sudah dijabarkan di atas. Apabila ac dinyalakan dalam waktu 10 jam, maupun setrika yang dinyalakan 3 jam saja, maka perhitungannya bisa dikatakan pasti berubah.

Oleh sebab itulah, sangat dianjurkan untuk berhati-hati pada pemakaian berbagai macam peralatan rumah tangga. Apabila kita sampai teledor, maka sangat dimungkinkan tagihan listrik yang datang ke kita akan membengkak.

Demikianlah uraian singkat tentang cara menghitung biaya listrik yang bisa anda terapkan pada area rumah tangga sehingga jika suatu saat anda memperoleh tagihan yang tidak masuk akal, maka anda bisa segera komplain ke pihak penyedia jaringan listrik. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *