Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung BMI Agar Berat Badan Dan Kesehatan Tetap Terjaga

Cara Menghitung BMI Agar Berat Badan Dan Kesehatan Tetap Terjaga

BMI memiliki kepanjangan body Mass index atau merupakan salah satu langkah yang dipakai guna mengukur tingkatkan normalan berat badan masing-masing orang didasari pada tinggi badan yang dimiliki.

Cara Menghitung BMI

Pada penggunaan bahasa Indonesia, BMI Atau body Mass index kerap kali disebut dengan istilah IMT atau indeks massa tubuh. Tentunya, anda yang memiliki berat badan terlalu berat Disebut dengan istilah kegemukan atau obesitas. Kondisi obesitas tentunya bisa memacu resiko munculnya sejumlah penyakit, misalnya adalah kencing manis atau diabetes, asam urat, hipertensi, kolesterol tinggi, serangan jantung, serta sleep apnea, yakni sebuah kondisi kesulitan tidur yang disebabkan oleh gangguan pernafasan.

Oleh sebab itu, memahami indeks BMI pada tubuh adalah salah satu bagian yang sangat penting supaya Anda bisa menjaga berat badan pada kondisi ideal atau normal sehingga bisa menurunkan resiko munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh obesitas tersebut.

Cara menghitung BMI atau body Mass index

Menghitung BMI atau body Mass index bisa dilakukan dengan menggunakan rumus yang cukup mudah dan sederhana. Di bawah ini merupakan rumus perhitungan BMI. Silakan disimak.

Baca Juga:   Cara Menghitung IMT Terbaru Paling Valid

BMI didapat dari berat badan / ( tinggi badan * tinggi badan)

Satuan yang digunakan pada berat badan adalah Kg atau kilogram, sementara Satuan yang digunakan pada tinggi badan adalah M atau meter.

Contoh cara menghitung BMI

Contoh pertama:

Anda memiliki berat badan tokoh 65 kg serta memiliki tinggi badan 170 cm atau 1,7 meter. Berapakah BMI atau body Mass index yang dimiliki oleh anda?

BMI yaitu 65kg / (1,70 x 1,70)

BMI = 22,49 masuk ke dalam kategori normal

Contoh kedua:

Anda memiliki berat badan 75 kg serta memiliki tinggi badan 165 cm atau 1,65 meter. Berapakah BMI atau body Mass index yang dimiliki oleh anda?

BMI yaitu 75kg / (1,65 x 1,65)

BMI = 27,55 masuk ke dalam kategori Obesitas

Kategori dari BMI atau body Mass index

Di bawah ini merupakan penjabaran dari kategori dari BMI atau tabel indeks massa tubuh yang didasarkan pada Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Kategori BMI dibagi menjadi 2, yakni untuk perempuan dan untuk laki-laki.

Baca Juga:   Cara Menghitung HPL Atau Perkiraan Kehamilan
Kategori body Mass index untuk perempuan yakni:
  • < 18 Kurus,
  • 18 – 25 Normal,
  • 25 – 27 Kegemukan,
  • 27 Obesitas
Kategori body Mass index untuk laki-laki yakni:
  • < 17 Kurus,
  • 17 – 23 Normal,
  • 23 – 27 Kegemukan,
  • 27 Obesitas

Demikianlah uraian tentang cara menghitung BMI atau body Mass index yang bisa saya Uraikan pada posting di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami cara perhitungan dari BMI, maka anda bisa mencoba untuk menjaga kondisi tubuh tetap ideal. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga Anda dalam kondisi sehat selalu.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Cara Mengukur Lingkar Pinggang Dan Mudah Untuk Dikerjakan Siapapun

Sebelum kita membahas mengenai cara mengukur lingkar pinggang, maka Mari kita bahas terlebih dahulu tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *