Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Bunga Pinjaman Paling Terbaru

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Paling Terbaru

Jika anda ingin mengajukan sebuah kredit atau pinjaman pada suatu bank, maka hal awal yang harus diperhatikan yakni angsuran yang nantinya wajib untuk dibayarkan sampai dengan kredit yang Anda ambil lunas serta platform yang disediakan.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Jika dilihat dari rumus umum, maka angsuran dari kredit terdiri atas jumlah pinjaman yang ditambahkan dengan bunga yang dibebankan pada setiap nasabah atas kredit yang mereka ambil. Meskipun cukup banyak orang yang mengajukan tentang bunga pinjaman tersebut, namun pada kenyataannya proses perhitungan bunga dapat mempengaruhi pada nilai dari total pinjaman.

Tentunya, masing-masing dari jenis kredit memiliki teknik perhitungan suku bunga tersendiri serta kebijakan yang dimiliki pada sejumlah kredit tersebut dan tentunya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

Oleh sebab itulah, sebelum anda mengajukan permohonan pengambilan kredit, alangkah baiknya anda memahami cara menghitung bunga pinjaman guna melakukan pemeriksaan kebenaran tentang penghitungan bunga pinjaman yang akan ditetapkan pada kredit Anda nantinya.

Ketika kita mempunyai wawasan mengenai cara menghitung bunga dari sejumlah kredit yang diajukan, maka tentunya Anda bisa melakukan analisa Berapakah nilai angsuran atau cicilan setiap bulan yang nantinya harus anda tanggung serta tenor atau jangka waktu pinjaman untuk dapat dilunasi.

Dengan model seperti itulah nantinya Anda dapat melakukan pengaturan Sisi keuangan supaya lebih maksimal. Pada umumnya, berbagai macam jenis bunga yang ditawarkan oleh pihak perbankan sebagai salah satu lembaga yang menyediakan pinjaman sangatlah beragam, namun pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas mengenai 2 jenis perhitungan bunga. 2 jenis perhitungan bunga tersebut merupakan cara menghitung bunga pinjaman yang sangat umum diterapkan pada lembaga perbankan.

Baca Juga:   Cara Mengukur Celana Pria Dengan Mudah

1. Jenis bunga flat

Apabila dilihat dari berbagai macam jenis bunga, maka tipe dari bunga flat merupakan tipe yang sederhana dan paling mudah untuk dihitung. Tentunya, anda dapat memperoleh contoh dari sejumlah brosur kredit tanpa agunan maupun kredit kepemilikan untuk kendaraan bermotor.

Pada umumnya, di brosur yang isinya penawaran tentang kredit motor, anda dapat menemukan sejumlah kolom yang isinya adalah besarnya cicilan yang wajib dibayarkan di setiap bulannya. Deretan dari angka yang disediakan tentunya berlaku sampai dengan kredit lunas maupun pada akhir peminjaman.

Adapun nilai cicilan pada kolom-kolom yang disediakan telah dihitung dengan memakai model bunga flat. Di bagian tipe kredit tersebut nilai bunga lengkap dengan plafonnya Telah dihitung dengan imbang berdasarkan dengan jangka waktu atau tenor pinjaman.

Guna mempermudah anda mengenai perhitungan bunga model flat ini, di bawah ini merupakan salah satu contoh soalnya.

Bapak Ahmad mengajukan pinjaman atau kredit tanpa agunan dengan nilai 240 juta serta mengambil jangka waktu pelunasan atau tenor 12 bulan dan nantinya akan dibebankan bunga pinjaman senilai 10% pada masing-masing tahunnya. Berikut ini adalah angsuran yang wajib dibayarkan oleh Bapak Ahmad pada setiap bulannya.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Pensiun

Total nilai jumlah pinjaman adalah 240 juta

Suku bunga di setiap tahunnya adalah 10%

Tenor atau jangka waktu yang diambil adalah 12 bulan

Cicilan pokok yang harus dibayarkan:

Rp. 240 juta / 12 bulan = Rp 20 juta/bulan

Suku bunga yang harus dibayarkan:

(Rp. 240 juta * 10%) / 12 bulan = Rp. 2 juta

Setiap bulan harus mengangsur sebesar:

Rp. 20 juta + Rp. 2 juta = Rp. 22 juta

Berdasarkan nilai total pinjaman di atas, maka setelah dilakukan proses perhitungan menggunakan metode perhitungan bunga flat, maka nilai cicilan atau angsuran yang wajib untuk dibayarkan oleh Bapak Ahmad sampai dengan seluruh pinjaman lunak adalah 22 juta setiap bulannya.

Disebabkan oleh jenis perhitungan nilai suku bunganya adalah flat, maka nilai dari angsuran juga tidak akan mengalami perubahan alias tetap.

2. Jenis Bunga efektif

Pada proses perhitungan suku bunga efektif, maka semakin lama akan menjadikan jumlah angsuran akan semakin mengecil. Jenis pinjaman ini pada proses penerapan suku bunga angsurannya dihitung berdasarkan sisa jumlah total pinjaman yang ada.

Adapun sistem dari perhitungan bunga efektif secara umum diberikan pada kredit jangka panjang, misalnya adalah KPR ataupun kredit investasi. Tentunya, seiring dengan proses pelunasan pinjaman, nilai dari beban bunga yang harus dibayarkan semakin mengecil jika dibandingkan dengan pola perhitungan bunga flat. Berikut ini adalah contoh ilustrasinya.

Baca Juga:   Cara Menghitung GNP Paling Baru

Bapak Ahmad mengajukan pinjaman dana senilai 240 juta. Berapakah nilai cicilan atau angsuran yang wajib untuk dibayarkan Bapak Ahmad di setiap bulannya?

Rumus dari suku bunga efektif adalah SP * i * (30/360), di mana:

  • SP adalah nilai pokok pinjaman dari bulan sebelumnya
  • I adalah suku bunga untuk satu tahun
  • 30 adalah jumlah hari dalam satu bulan
  • 360 adalah jumlah hari dalam setahun

Nilai dari Pokok pinjaman adalah Rp 240 juta

Nilai suku Bunga adalah 10% setiap tahun

Tenor/Jangka waktu kredit adalah 24 bulan

Angsuran bulan pertama:

= Rp. 240 juta * 10% * (30 hari:360 hari)

Didapat nilai Rp 2 juta

Angsuran pokok ditambah bunga pada bulan pertama adalah = Rp. 10 juta + Rp. 2 juta = Rp. 12 juta.

Angsuran bulan kedua:

= Rp. 230 juta * 10% * (30 hari:360 hari)

= Rp. 1.191. 666.67

Jika dilihat dari perhitungan di atas, maka tentunya anda akan bisa menyimpulkan bahwa suku bunga pada masing-masing angsuran akan selalu mengecil.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung bunga pinjaman yang saya bisa pulas Di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman ke suatu bank, maka anda sudah memahami dengan sebenar-benarnya proses perhitungan angsuran atau cicilan setiap bulannya. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung EVA

Cara Menghitung EVA Paling Valid

Sebelum kita mempelajari cara menghitung EVA, alangkah baiknya kita mempelajari Apa itu EVA sendiri. EVA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *