Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Campuran Beton K 300

Cara Menghitung Campuran Beton K 300

Halo semua? Apa kabar hari ini? Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara menghitung campuran beton K 300. Tentunya, di dunia pekerjaan khususnya adalah teknik sipil, pekerjaan mengenai struktur beton adalah bagian dari konstruksi sebuah bangunan yang dibuat lebih dari 1 campuran material, yang nantinya digunakan guna membangun struktur sebuah bangunan di mana Pada akhirnya beton tersebut akan mengeras serta mampu untuk menopang berbagai macam beban yang ada.

Cara Menghitung Campuran Beton K 300

Guna menciptakan campuran beton K 300 yang berkualitas baik, maka tentu wajib untuk memperhatikan berbagai macam bahan material yang nantinya dipakai, sebab bahan dari bahan material adalah salah satu hal yang sangat pokok untuk diperhatikan.

Jika diartikan bahwa mutu beton K 300 yakni Harus Memiliki kemampuan untuk menahan tekanan beton sebesar 300 kg setiap cm2. Kondisi tersebut tentunya ketika beton sudah mengering Dalam waktu 28 hari, dihitung mulai pelaksanaan pengecoran diselesaikan. Guna memperoleh kualitas beton yang kuat, serta sesuai dengan yang diharapkan, maka diperlukan ketelitian ketika menghitung bahan-bahan material, serta di saat kegiatan pencampuran dari bahan material untuk menjamin kualitas dari beton K 300 itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Mengukur Celana Pria Dengan Mudah

Pada akhirnya, kualitas dari beton akan menjadi sangat baik, termasuk adalah ketika proses pengadukan dimulai dan pada saat pengecoran juga sangat penting dilakukan sebuah pengawasan supaya Bisa berjalan sesuai prosedur guna menjamin mutu beton K 300.

Secara umum, pihak dari kontraktor bangunan yang hendak mengolah campuran beton K 300 pada jumlah volume yang cukup besar, rata-rata akan melakukan pemesanan readymic pada proses pengecoran bangunan tersebut. Sebab, apabila memakai readymic, kualitas dari beton serta pencampuran berbagai macam bahan seperti screening,split, semen dan pasir serta bahan lainnya sangatlah diperhitungkan memakai teknologi komputer canggih di zaman sekarang ini.

Akan tetapi, pada proses pencampuran dari bahan material untuk membuat beton K 300, maka anda bisa mencoba untuk menghitung menggunakan rumus berikut ini:

  1. Guna membuat satu meter persegi beton bermutu fc=26,4 mpa (K300), slump (12 plus minus 2)cm, w/c=0,52 Dengan dasar pada tata cara perhitungan dari harga satuan pekerjaan beton pada konstruksi bangunan Perumahan dan gedung.
  2. Berdasarkan pada analisa harga satuan SNI 7394:2008 No.6.10
  3. Tenaga Kerja Indeks Satuan Pekerja sebesar 1,6500 OH
  4. Tukang batu sebesar 0,2750 OH
  5. Kepala Tukang sebesar 0,0280 OH
  6. Mandor sebesar 0,0830 OH
  7. Bahan Bangunan Indeks satuanportland cement sebesar 413,0000 kg
  8. Pasir beton sebesar 681,0000 kg
  9. Kerikil (maksimum 30mm) sebesar 1021,0000 kg
  10. Air sebesar 215,0000 Liter
Baca Juga:   Fungsi Utama Pasar Secara Umum

Rumus di bagian atas tentunya dapat anda pakai pada proses pembuatan beton K 300, supaya lebih mudah Berikut ini akan saya jabarkan salah satu contoh perhitungannya. Silakan disimak.

Bapak Joko memiliki rencana untuk mengecor jalan yang berada di depan rumah dengan lebar badan jalan 2 meter, ketebalan 12 cm dan panjang 5 meter.

Rumus yang digunakan adalah:

5 meter * 2 meter * 0,12 cm didapat angka 1,20 M3. Dengan demikian, angka 1,20 M3 merupakan angka yang nanti akan anda kalikan dengan seluruh rumus di atas. Dimulai dari perhitungan bahan bangunan sampai dengan ongkos tenaga kerja.

Sekian Uraian singkat tentang cara menghitung campuran beton K 300 yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Jangan lupa, apabila artikel ini bermanfaat silahkan anda share ke teman Anda agar kita semua memiliki wawasan serta ilmu baru yang bermanfaat. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Bunga Deposito

Cara Menghitung Bunga Deposito Paling Baru

Deposito adalah salah satu jenis produk yang berasal dari perbankan atau lembaga keuangan yang memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *