Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi ke konsumen sehingga para konsumen tentu tidak perlu kerepotan lagi untuk mencari CC motor yang dibelinya. Namun tentunya, apabila kita memahami cara menghitung CC motor sendiri, maka hal tersebut merupakan salah satu kelebihan sehingga kita memiliki dasar-dasar untuk mengetahui berapakah kapasitas CC mesin pada sepeda motor.

Cara Menghitung CC Motor

Terlebih, untuk para mekanik tentunya wajib memahami dasar-dasar di dalam suatu konsep permesinan. Salah satu di antaranya adalah proses perhitungan kapasitas CC mesin sepeda motor yang harus dikuasai oleh para mekanik di bengkel tersebut. Dari latar belakang itulah, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang cara menghitung CC motor yang bisa menjadi bahan referensi untuk para mekanik di bengkel.

Ternyata, cara menghitung CC pada sepeda motor juga bisa dilakukan dengan tahapan cukup mudah dan hanya menggunakan rumus sederhana. Pantas, Bagaimanakah rumus yang digunakan untuk menghitung kapasitas CC mesin sepeda motor? Silakan perhatikan rumusnya di bawah ini:

Baca Juga:   Komponen Kepala Silinder Sepeda Motor 4 Tak

CC pada sepeda motor = 0,785 X (D X D) X L

Dengan Keterangan:

D adalah Diameter piston

L = adalah Panjang langkah atau stroke

Apabila ingin diperjelas, maka kita mencoba untuk mengambil contoh mesin sepeda motor Honda Tiger yang memiliki kapasitas 186 CC. Pada sepeda motor bermerek Honda Tiger tersebut mempunyai panjang langkah 62,2 mm serta memiliki diameter piston 63,5 mm.

Dengan Berdasarkan data tersebut, maka bisa kita coba proses perhitungan yakni:

Kapasitas CC = 0,785 * (D * D) * L

= 0,785 * (63,5 * 63,5) * 62,2

= 0,785 * 4032,25 * 62,2

= 196,882

Sekian Uraian singkat yang bisa saya ulas di kesempatan kali ini. Ternyata, berdasarkan perhitungan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa kapasitas dari mesin Honda Tiger sudah diketahui. Pada proses pengambilan angkanya, cukuplah dibulatkan pada angka sebelum koma saja. Untuk menguatkan lagi rumus di atas, maka anda bisa mencoba untuk menghitung CC sepeda motor Anda yang berbeda dengan contoh artikel di sini. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Vario 110 Mati

Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Lampu merupakan perangkat penerangan yang amat vital di kendaraan roda dua maupun roda empat. Khususnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *