Home / Pendidikan / Cara Menghitung Cepat Perkalian Dengan Cara Khusus

Cara Menghitung Cepat Perkalian Dengan Cara Khusus

Tentunya, bagi penggemar mata pelajaran matematika makan sangat menyenangi cara menghitung cepat perkalian. Namun, sebelum kita membahas mengenai cara cepat di dalam menghitung perkalian, maka perlu kiranya kita memahami sejumlah cara yang mempunyai soal bersyarat.Disebabkan oleh caranya yang bisa dikatakan tidak terlalu banyak, namun agar kita tidak bingung, masing-masing metode akan diberikan penamaan tersendiri Apa tujuannya agar udah di dalam mempelajarinya.

Cara Menghitung Cepat Perkalian

Cara menghitung cepat perkalian

  1. Perkalian silang pada 2 digit, yakni sebuah perkalian yang tidak mempunyai syarat, artinya adalah seluruh angka dapat dikalikan dengan teknik perkalian silang serta memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan metode konvensional.
  2. Perkalian bersyarat, terdiri atas empat jenis yakni metode 99, metode KEMBAR, metode JODOH dan metode WOW

Marilah kita bahas satu demi satu 2 cara menghitung cepat perkalian di atas.

I. Perkalian silang, di mana berlaku pada seluruh soal, yakni 2 digit * 2 digit

Contohnya adalah 24 * 37

Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah dengan menghitung secara silang, dengan menggunakan proses berikut ini:

24

37

—x

7×2= 14

4×3= 12, berikutnya, silakan jumlahkan hasil ke dua angka = 26 (atas)

Selanjutnya, bagian yang kedua, melakukan perkalian secara vertikal

2×3= 6 (depan)

4×7= 28 (belakang)

Tahap berikutnya, silakan susun hasil dari ketiga angka yang sudah didapat menggunakan model seperti berikut

Bagian atas

Bagian Depan Belakang

26

0628

——+

888 merupakan jawabannya, Mengapa diberikan angka 0 di depan angka 6? Sebab, kondisi tersebut adalah aturan pada perkalian menggunakan 2 digit, sehingga pada angka 26 untuk bagian yang atas, angka 2 milik bagian depan dan angka 6 adalah milik bagian belakang.

Selanjutnya, marilah kita mencoba untuk mengolah angka yang lebih besar lagi.

89 x 78= ??

Dengan metode yang sama, lakukanlah proses perkalian silang terlebih dahulu. Perhatikan langkah berikut ini.

9×7= 63

8×8= 64

Selanjutnya, lakukan penjumlahan pada angka 63+64= 127 ( Sisi atas)

Selanjutnya, lakukan perkalian secara vertikal. Perhatikan langkah berikut ini

8×7= 56 (depan)

9×8= 72 (belakang)

Pada angka 127 bagian di atas, 12 adalah milik bagian depan dan 7 adalah milik bagian belakang. Dengan demikian, berlaku aturan sebagai berikut.

Baca Juga:   10 Ciri Guru Profesional Yang Perlu Anda Ketahui

127

5672

——+

6942 merupakan jawaban yang benar. Mudah bukan caranya? Cara diatas tentunya hanya berlaku pada seluruh angka dengan 2 digit. Nantinya, apabila langkah-langkah di atas anda latih secara terus-menerus, maka sangat dimungkinkan apabila Anda menjumpai soal perkalian Seperti di atas, maka anda cukup memikirkan di luar kepala dan tentunya bisa dengan mudah langsung memberikan jawaban.

Sangat disarankan untuk melakukan perhitungan silang terlebih dahulu, selanjutnya hafalkan lah bagian yang atas, kemudian kerjakan perkalian vertikal Sehingga nantinya anda akan memperoleh bagian depan dan bagian belakang.

Anda tentunya bisa mengucapkan kata belakang, atas, depan di dalam pemikiran Anda, lalu melanjutkan semuanya berjalan di dalam pikiran. Dengan model Belajar seperti itu, maka hasil yang diperoleh akan jauh lebih mudah. Apabila Anda terus berlatih, Pada saat Anda hendak mengerjakan 5 soal perkalian Seperti di atas, anda tentunya bisa menjawab dengan bermodalkan pikiran tanpa kalkulator maupun corat-coret di kertas buram. Seluruhnya tentunya dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja. Pengalaman penulis, waktu paling cepat yang digunakan adalah 1 menit 30 detik untuk menyelesaikan 5 butir soal.

II. Metode perkalian menggunakan soal yang mempunyai syarat

  1. Perkalian 2 digit, di mana angka pertama serta angka kedua seluruhnya adalah sama, kemudian di bagian belakangnya apabila dijumlahkan nilai yang didapat adalah 10. Contohnya adalah angka 24* 26, Silakan anda perhatikan pada angka 24 dan angka 26. Pada soal, bagian depan mempunyai angka yang sama, yakni 2, sementara pada angka di bagian belakang masing-masing dijumlahkan sehingga didapat angka 6+4=10. Jika soalnya Seperti di atas, maka tentunya masuk ke dalam kategori WOW.

Teknik menghitungnya yaitu angka 2 di bagian depan cukuplah ditambahkan 1, kemudian bagian angka depan yang nomor dua silakan dikalikan, sehingga didapat angka 3*2=6. Selanjutnya, pada bagian belakang, cukuplah dikalikan saja serta tuliskan hasilnya, sehingga didapat 6*4=24.

Jadi, apabila angka 6 dan angka 24 digabungkan akan diperoleh angka 624 dan angka itulah jawabannya.

Selanjutnya, silakan Anda coba lagi untuk angka 87*83

Pengerjaannya adalah tinggal mengalikan angka 9*8=72 dan angka yang belakang adalah 7*3=21, sehingga didapat jawaban 7221. Mudah sekali bukan proses pengerjaannya? Saking mudahnya, maka metode perkalian di atas lebih dikenal dengan istilah WOW disebabkan oleh angkanya yang memiliki kecocokan seluruhnya.

  1. Selanjutnya, bagian yang sama adalah bagian depan, namun bagian belakang apabila dijumlahkan tidaklah 10. Contohnya adalah sebagai berikut.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

18*17=??. Apabila dilihat, angka yang depan adalah sama, namun angka yang belakang apabila dijumlahkan hasilnya tidaklah 10. Jika anda menemukan soal seperti itu, maka bisa disebut sebagai soal jodoh. Mengapa demikian? Sebab bagian depan adalah sama, namun bagian belakang jika dijumlahkan tidak 10. Apabila Anda menemukan soal seperti itu, maka langkahnya adalah 18*1=18, Mengapa dikalikan dengan angka 1? Sebab, angka bagian depan 18 dan angka 17 adalah 1 di mana kedua di bagian depan di ke dua angka tersebut adalah sama-sama 1. Selanjutnya, 7*1=7, termasuk bagian ini yang dikalikan 1 dengan alasan sama seperti di atas.

Tahapan berikutnya adalah menjumlahkan angka 18+7=25 untuk bagian belakang, kemudian 8*7=56 untuk bagian belakang sehingga apabila dijumlahkan maka akan diperoleh hasil sebagai berikut

25

56

———+

Hasilnya adalah 306. Berikut ini, akan penulis coba berikan satu buah contoh lagi yang bisa diselesaikan dengan metode jodoh.

79 x 76= ??

Ingatlah bahwa bagian depan memiliki angka sama, namun bagian belakang jika dijumlahkan hasilnya tidak 10 sehingga memiliki arti jodoh. Lakukan perhitungan seperti berikut ini:

79×7= 553, Selanjutnya, bagian angka kedua yang berada di posisi belakang dikalikan dengan angka 7, sebab sama-sama 7 sehingga didapat hasil:

6×7 = 42

—————+

595 ( bagian depan)

Selanjutnya, untuk bagian belakang adalah 9*6=54, dan tahapan terakhir adalah menjumlahkan dengan model sebagai berikut:

595

54

——-+

Sehingga didapat angka 6004 sebagai jawaban yang benar. Mudah bukan? Tentunya, metode jodoh dan wow pada soal diatas jika dilakukan perhitungan menggunakan model klasik yang telah dijabarkan di bagian atas, maka akan diperoleh hasil yang sama namun sangat dimungkinkan membutuhkan waktu yang lebih lama.

  1. Perkalian kembar

Contoh soal:

24×24=??,

24

24

—-x

Apabila anda mendapatkan soal seperti pada contoh diatas, maka akan cukup cepat apabila anda menghitung dengan menerapkan teknik sebagai berikut:

Baca Juga:   Cara Menghitung Log Pada Mata Pelajaran Matematika

2*4=8, selanjutnya kalikan dengan angka 2

8*2=16 untuk bagian atas

Selanjutnya, lakukan perkalian secara vertikal, yakni:

2*2=4, proses perkalian antara angka paling depan, dan

4*4=16, proses perkalian antara angka paling belakang. Sehingga bisa disimpulkan bahwa:

16

416

————+

Dan diperoleh hasil 576 merupakan jawabannya. Mari kita lanjutkan untuk contoh soal berikutnya.

68×68=??

Langkah pertama adalah

6*8= 48, selanjutnya, silahkan dikalikan dengan angka 2

48*2= 96 ( untuk bagian atas)

Berikutnya 6*6= 36 ( untuk bagian depan)

Dan juga untuk bagian belakang 8*8 = 64 (belakang), sehingga apabila dilakukan penggabungan, kemudian dijumlahkan akan didapat hasil:

96

3664

——–+

Dan nilai akhirnya adalah 4624

  1. Proses perkalian 99

Untuk jenis perkalian tersebut yakni proses perkalian pada angka yang nilainya mendekati angka 100. Contohnya adalah 93*97=??

Apabila Anda mendapatkan soal seperti di atas, maka sebenarnya dapat diselesaikan menggunakan metode klasik, namun tentunya agak lebih susah, sebab angkanya yang memang cukup besar. Terdapat langkah yang sangat mudah, yakni sebagai berikut.

Angka 93 adalah angka yang kurangnya berapa agar menjadi angka 100? Jawabannya yakni kurang 7. Jadi -7. Selanjutnya, angka 97 menuju ke angka 100 Kurang berapa? Jawabannya adalah kurang 3 atau -3. Sehingga, apabila dituliskan menjadi sebagai berikut.

-7 x -3

Dengan demikian, maka cara menghitungnya adalah:

93 – 3 = 90 ( untuk bagian depan)

7 * 3 = 21 ( untuk bagian belakang)

Sehingga, apabila digabungkan akan didapat hasil 9021

Contoh soal lagi:

89*95=??

Maka, kurangnya angka tersebut menunjuk angka 100 adalah:

-11*-5

Sehingga

89*95

Diperoleh hasil

89-5=84 dan

11*5=55

Selanjutnya, apabila digabungkan akan mendapatkan angka 8455. Ternyata cukup mudah bukan langkah mengerjakannya?

Demikianlah Uraian singkat namun padat dan jelas tentang cara menghitung cepat perkalian dengan menggunakan sejumlah metode yang bisa diterapkan supaya proses menghitung bilangan menggunakan teknik perkalian bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Semoga saja, teknik yang sudah penulis jabarkan diatas mampu anda kuasai sehingga pada akhirnya anda memiliki keterampilan untuk mengerjakan soal perkalian dengan lebih cepat dibandingkan dengan teknik konvensional atau teknik biasa. Terima kasih dan selamat belajar, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Khusus untuk Anda yang memiliki bidang pekerjaan yang berkaitan dengan perkayuan, maka bisa dipastikan Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *