Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Diskon Paling Baru

Cara Menghitung Diskon Paling Baru

Halo pengunjung sekalian? Apakah anda sudah memahami Bagaimana cara menghitung diskon paling baru di saat sekarang ini? Apabila belum, maka alangkah baiknya anda meneruskan untuk membaca ulasan pada artikel kali ini, Sebab saya akan mencoba untuk membahas materi di bidang matematika, yakni cara menentukan diskon.

Cara Menghitung Diskon

Bisa dikatakan bahwa setiap orang tentunya cukup senang dengan adanya diskon pada saat berbelanja. Tentunya, anda kerap kali menjumpai di pusat perbelanjaan maupun supermarket yang menyuguhkan sejumlah diskon tertentu guna bisa menarik banyak calon pelanggan baru.

Dengan kemunculan potongan harga ataupun diskon, tentunya Anda dapat memperoleh suatu barang yang memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan harga yang aslinya.

Guna memahami besarnya diskon pada masing-masing produk sebenarnya Tidaklah terlalu sulit dan anda dapat menghitung nya sendiri. Anda dapat mencoba untuk menggunakan rumus matematika dasar tentang diskon seperti yang akan saya berikan pada bagian berikut ini.

Cara Menghitung Diskon Harga

Sesungguhnya, langkah untuk menghitung harga diskon barang Tidaklah terlalu susah, namun juga tidak terlalu mudah. Contohnya adalah suatu barang yang memiliki harga asli Rp. 500.000, selalu memperoleh diskon harga 25%. Langkah pertama yang bisa anda kerjakan yakni mengetahui besarnya potongan harga dari produk tersebut.

Baca Juga:   Cara Mengukur Baju Untuk Dijahit Dengan Cepat Dan Mudah

Harga diskon didapat dari harga produk dikalikan dengan persentase diskon, sehingga didapat:

Harga diskon = Rp. 500.000 * 25%

Harga diskon = Rp. 500.000 * (25:100)

Harga diskon = Rp. 125.000

Selanjutnya, setelah anda memperoleh harga diskon di atas, tahapan berikutnya adalah mencari harga akhir dari produk tersebut.

Harga akhir = harga awal Dikurangi harga diskon

Harga akhir = Rp. 500.000 – Rp. 125.000

Harga akhir = Rp. 375.000

Dengan demikian, maka diperoleh hasil perhitungan bahwa harga barang setelah mendapatkan diskon atau potongan harga yakni Rp. 375.000

Cukup mudah bukan cara menghitung diskon sebuah barang? Untuk lebih memantapkan kemampuan anda di dalam menghitung diskon barang, maka Berikut ini akan diberikan contohnya kembali.

Contoh soal diskon 1:

Wawan hendak membeli 1 buah tas ransel seharga Rp. 125.000. Disebabkan pada saat membeli tas ransel tersebut bertepatan dengan adanya tahun baru, maka harga tas tersebut memperoleh diskon sebanyak 30%. Berapakah Nominal uang yang harus dibayarkan oleh Wawan untuk dapat membeli tas tersebut?

Baca Juga:   Perhitungan Kenaikan Gaji Karyawan

Diketahui bahwa:

Harga awal = Rp. 125.000

Harga diskon = harga awal * persentase diskon

Harga diskon = Rp. 125.000 * 30%

Harga diskon = Rp. 125.000 * (30:100)

Harga diskon = Rp. 37.500

Yang ditanyakan adalah harga akhir sehingga akan diperoleh

Harga akhir = harga awal – harga diskon

Harga akhir = Rp. 125.000 – Rp. 37.500

Harga akhir = Rp. 87.500

Dapat disimpulkan bahwa nominal harga yang wajib dibayarkan oleh Wawan adalah sebesar Rp. 87.500 guna membawa pulang tas ransel tersebut.

Contoh soal diskon 2:

Ibu Budi hendak membeli kulkas baru. Setelah mendapatkan kulkas yang diidam-idamkan nya, maka Ibu Budi menuju ke kasir guna melakukan pembayaran pada kulkas tersebut. Setelah harga kulkas tersebut memperoleh potongan harga 40%, maka harga dari kulkas tersebut berubah menjadi Rp. 750.000. Berapakah harga kulkas sebelum memperoleh diskon?

Diketahui bahwa harga akhir dari kulkas adalah = Rp. 750.000

Persentase diskon sebesar 40%

Yang ditanyakan adalah harga awal ??

Silakan Anda memakai logika perbandingan sebagai berikut:

X% +Y% = Z %, dengan angka yakni:

Baca Juga:   Fungsi Utama Pasar Secara Umum

40% + 60 % = 100 %

Rp. X + Rp. 750,000 = Rp. Z

(Rp. 750.000 * 40%) / 60 % = Rp. 500.000

Sehingga, harga awal dari produk kulkas tersebut yaitu Rp. 750.000 + Rp. 500.000 = Rp. 1.250.000

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung diskon paling baru yang bisa Anda coba terapkan di saat Anda hendak membeli produk-produk yang memperoleh diskon sehingga Anda bisa menentukan harga akhir dari produk yang didiskon tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung EVA

Cara Menghitung EVA Paling Valid

Sebelum kita mempelajari cara menghitung EVA, alangkah baiknya kita mempelajari Apa itu EVA sendiri. EVA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *