Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, cara menghitung dosis obat tersebut ditujukan untuk anak-anak dan bayi. Pada kenyataannya, ketika praktek di kehidupan sehari-hari, para petugas kesehatan tentunya menghadapi cukup banyak kendala tentang cara menentukan dosis dari obat, terutama pada anak-anak dan juga bayi.

Cara Menghitung Dosis Obat

Apabila dibandingkan dengan orang tua atau orang dewasa, anak-anak serta bayi memiliki peranan fisiologi yang tidak selengkap yang dimiliki oleh orang dewasa. Kondisi tersebutlah yang dikarenakan oleh organ-organ pada tubuh anak seperti susunan saraf pusat, ginjal dan hepar masih cukup labil serta belum dapat berfungsi dengan sempurna, sehingga proses penentuan dari dosis obat haruslah benar-benar disesuaikan dengan kondisi anak dan bayi tersebut.

Ketersediaan akan rumus perhitungan dari dosis obat baik untuk anak-anak maupun bayi yang dipakai sebagai salah satu acuan, secara hakekat tidak ada satupun cara untuk menentukan dosis yang bisa memuaskan hasilnya untuk digunakan pada proses perhitungan dosis obat untuk seluruh obat sehingga wajiblah selalu dicermati oleh para apoteker serta tenaga medis yang lainnya.

Adapun proses pendekatan dasar yang dipakai pada saat menghitung dosis obat untuk anak-anak dan bayi yakni sebagai berikut:

  1. Proses perhitungan dosis obat untuk anak dan bayi dengan dasar perbandingan dosis dengan orang dewasa
  2. Proses perhitungan dosis obat untuk anak dan bayi dengan dasar pada ukuran Fisik
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Marilah kita bahas satu persatu proses pendekatan perhitungan dosis obat di atas.

Cara menghitung dosis obat dengan dasar ukuran Fisik

Ada 2 teknik guna menghitung dosis obat pada anak-anak dan bayi yang memakai acuan Pertimbangan yang menggunakan dasar memakai ukuran Fisik, yakni ukuran dari berat badan serta luas dari permukaan tubuh atau LPT.

1. Cara menghitung dosis obat pada anak-anak dan bayi menggunakan dasar berat badan

Semua persediaan obat memiliki rumus yang menggunakan dasar berat badan. Rata-rata, kondisi tersebut didasarkan menggunakan rumus dosis obat/kgbb. Silakan anda perhatikan contoh di bawah ini:

Diketahui bahwasanya dosis terapi pada obat Paracetamol yaitu 10 mg/kgbb/kali, sehingga pada anak yang berusia 3 tahun serta memiliki berat badan 14 kg bisa diberikan dosis setiap pemberian yakni sebanyak 14 * 10 mg = 140 mg.

2. Cara menghitung dosis obat pada anak-anak dan bayi dengan dasar luas permukaan tubuh

Di samping menentukan dosis obat dengan dasar pada berat badan tubuh, dosis obat untuk anak-anak dan bayi juga bisa ditentukan menggunakan dasar luas permukaan tubuh atau LPT. Silakan anda Simak contoh perhitungannya di bawah ini.

Baca Juga:   Cara Menghitung Balance Cairan

Diketahui bahwasanya dosis untuk pemeliharaan metotreksat pada penderita leukimia adalah 15 mg/m2lpt/minggu. Sehingga, pada anak berusia 12 tahun yang memiliki LPT 1,20 m2 bisa menggunakan dosis sebanyak 1,20:1,73 *15 mg = 10,4 mg.

Cara menghitung dosis obat pada anak-anak dan bayi dengan dasar dosis pada orang dewasa

Jika dosis obat cukup sulit ditentukan apabila didasarkan pada bentuk fisik dari bayi dan anak-anak, maka pemberian dosis obat bisa ditentukan menggunakan pertimbangan pemakaian dosis pada orang dewasa. Ada sejumlah rumus yang bisa dipakai untuk menentukan dosis tersebut. Di bawah ini adalah beberapa jenis nya.

1. Menentukan dosis obat dengan perbandingan umur pada orang dewasa

Untuk melakukan perhitungan dosis obat pada anak-anak bisa menggunakan dasar usia yang dikerjakan dengan memakai rumus Young dan rumus dilling. Di bawah ini adalah langkah menghitungnya.

Sebagai contoh, telah diketahui bahwa dosis terapi pada orang dewasa yang menggunakan obat phenobarbital yakni 15-30 mg/dosis, sehingga besarnya dosis terapi pada:

Anak yang berusia 4 tahun adalah 4:4+12 * (15-30) mg/kali = 3,75 – 7,5 mg/kali ( menggunakan Rumus Young)

Baca Juga:   Cara Mengukur Obesitas Yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah Oleh Setiap Orang

Anak yang berusia 8 tahun adalah 8:20 * (15-30) mg/kali = 6 – 12 mg/kali (menggunakan Rumus Dilling)

Anak yang berusia 6 bulan adalah 6:150 * (15-30) mg/kali = 0,6 – 1,2 mg/kali ( menggunakan Rumus Fried)

2. Menentukan dosis obat pada bayi dan anak-anak memakai dasar perbandingan berat badan orang dewasa

Adapun berat badan yang dipakai pada orang dewasa dalam contoh ini yaitu 70 kg. Dengan demikian, rumus yang bisa dipakai yaitu rumus Clark, yakni:

Berat Badan Anak (BBA):Berat Badan Dewasa (BBD) * Dosis Dewasa. Contohnya adalah sebagai berikut

Telah diketahui bahwa dosis terapi pada orang dewasa yang memakai obat phenobarbital yaitu 15-30 mg/dosis. Dengan demikian, maka dosis terapi pada anak yang berumur 9 tahun yang memiliki berat badan 21 kg adalah 21:70 * 15-30 mg =4,5 – 9 mg/kali.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung dosis obat khususnya adalah pada anak-anak dan bayi yang menggunakan berbagai macam pertimbangan dan perbandingan baik dari sisi umur, berat badan maupun perbandingan pada orang dewasa. Mudah-mudahan, artikel di atas mampu memberikan pencerahan kepada anda dan anda memperoleh tambahan wawasan dan ilmu tentang pemberian dosis obat pada anak-anak dan juga bayi. Semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Kehamilan

Cara Menghitung Kehamilan Pada Seorang Wanita

Bisa dikatakan bahwa kehamilan adalah suatu kondisi yang sudah dinanti-nantikan oleh cukup banyak pasangan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *