Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung EOQ Paling Benar

Cara Menghitung EOQ Paling Benar

Istilah EOQ atau Economic order quantity merupakan sebuah istilah yang sering kita dengar pada proses pengaturan persediaan stok usaha ataupun yang lebih dikenal dengan istilah manajemen persediaan. Eoqpada proses pengaturan persediaan memiliki tujuan guna meminimalkan total pembiayaan, dan juga melakukan penyimpanan persediaan serta biaya dari pemesanan. Adapun keranjang belanja yang dipakai guna menentukan jumlah pesanan tersebut kerapkali dikenal dengan istilah Wilson EOQ model maupun Wilson formula.

Cara Menghitung EOQ

Pembagian kategori pembiayaan pada EOQ atau model Economic order quantity

Pada manajemen persediaan yang menggunakan model EOQ, ada sejumlah kategori biaya yang bisa berpengaruh terhadap perhitungan, di antaranya adalah:

1. Biaya pemasangan

Biaya ini dikenal pula dengan istilah biaya pembelian ataupun biaya set up. Biaya pemesanan adalah total dari biaya tetap yang terjadi setiap kali terjadi pemesanan sebuah item. Biaya tersebut tentunya berkaitan erat dengan aktivitas fisik yang diperlukan pada proses pemesanan. Adapun sifat dari biaya pemesanan tersebut adalah konstan, tidak bisa tergantung kepada jumlah barang yang hendak dipesan. Yang masuk ke dalam biaya pemesanan di antaranya adalah:

  • Pembiayaan penyelesaian untuk pembayaran pemesanan
  • Pembiayaan ketika penerimaan bahan yang dipesan
  • Pembiayaan pada proses pengiriman maupun penugasan karyawan yang hendak mengerjakan pemesanan
  • Pembiayaan persiapan pemesanan
Baca Juga:   Definisi dari Perancangan Sistem Kerja

2. Biaya tercatat

Biaya tercatat kerapkali dikenal dengan istilah biaya penyimpanan. Biaya tercatat merupakan suatu biaya yang berhubungan dengan adanya persediaan yang ada pada gudang. Bagian tersebut terdiri atas biaya yang berhubungan dengan investasi persediaan serta biaya penyimpanan. Ada sejumlah ayam yang bisa mempengaruhi serta bisa masuk ke dalam biaya tercatat tersebut, diantaranya adalah pajak, asuransi, bunga, serta biaya penyimpanan yang lainnya, misalnya adalah biaya kerusakan, biaya listrik, biaya sewa gedung dan biaya yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak rumus untuk menghitung EOQ sebagai berikut:

rumus untuk menghitung EOQ

Contoh soal EOQ ( Economic order quantity)

Pada PT maju mundur, di tahun mendatang memerlukan bahan baku 240.000 unit. Adapun harga dari bahan baku tersebut Setiap unitnya adalah Rp2.000. Sementara itu, biaya pesan pada setiap kali mengerjakan pemesanan adalah Rp150.000 dan biaya penyimpanan adalah 25% dari total nilai rata-rata persediaan.

Ditanyakan:

  1. Berapakah total pemesanan yang paling ekonomis berdasarkan Economic order quantity?
  2. Berapa kalikah aktivitas pemesanan yang wajib dikerjakan dalam durasi 1 tahun?
  3. Berapa hari sekali kah perusahaan mengerjakan pemasangan, jika dianggap satu tahun sebanyak 360 hari?
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hukum

Jawaban:

A.

Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ)

Pemesanan yang dikerjakan dalam waktu 1 tahun adalah 240.000/12.000 sehingga didapat angka 20 kali pemesanan

Apabila dalam waktu 1 tahun jumlah harinya adalah 365 hari, sehingga jumlah pemesanan yang dikerjakan adalah 360/20 sehingga didapat angka 18 hari sekali proses pemesanan.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung EOQ yang bisa saya Uraikan Pada kesempatan kali ini. Cara diatas merupakan cara manual yang bisa dipelajari dan juga dikerjakan oleh siapapun. Namun apabila anda menginginkan proses perhitungan EOQ dengan lebih cepat, maka tentunya Anda bisa menggunakan bantuan software komputer dimana software tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan dan manajemen EOQ lebih cepat dan lebih akurat. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung EVA

Cara Menghitung EVA Paling Valid

Sebelum kita mempelajari cara menghitung EVA, alangkah baiknya kita mempelajari Apa itu EVA sendiri. EVA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *