Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Gaji Pokok Paling Modern

Cara Menghitung Gaji Pokok Paling Modern

Bisa dikatakan bahwa gaji pokok adalah sebuah imbalan paling dasar yang wajib untuk diberikan oleh pihak perusahaan untuk pihak pekerja berdasarkan jenis serta tingkat pekerjaan yang nilainya telah ditetapkan Berdasarkan kesepakatan sebelumnya. Berdasarkan undang-undang tentang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003, nilai dari gaji pokok paling kecil adalah 75% dari honor pekerja yang didalamnya terdiri atas gaji pokok yang ditambahkan dengan tunjangan tetap.

Cara Menghitung Gaji Pokok

Gaji pokok seorang karyawan adalah bagian dari struktur serta skala upah yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan secara proporsional berdasarkan pada jabatan dan golongan, dari angka yang paling kecil yang diperuntukkan pada pekerja paling rendah sampai dengan angka yang paling besar pada jabatan paling tinggi.

Apabila pihak perusahaan yang anda Pimpin sedang menjalankan suatu bisnis yang berkembang, tentunya Anda memerlukan untuk merekrut pegawai atau karyawan pada posisi pekerjaan tertentu. Tentunya, anda juga bisa menawarkan besarnya gaji berdasarkan dari standar perusahaan yang anda Pimpin tersebut.

Terdapat cukup banyak variabel yang dapat anda gunakan pada proses kalkulasi di dalam menentukan besarnya gaji pokok, misalnya adalah pada kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan juga kemampuan pihak perusahaan di dalam memberikan gaji dalam waktu yang cukup panjang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pengusaha

Paling tidak, terdapat 3 poin penting yang wajib Anda pertimbangkan sebelum pada akhirnya anda menentukan besarnya gaji pokok setiap pegawai pada perusahaan.

1. Nilai pekerjaan di pasaran

Anda dapat mencoba untuk melakukan penelusuran terhadap posisi pekerjaan yang serupa dengan pengalaman kerja atau kualifikasi pendidikan yang sama pada beberapa bursa kerja. Masing-masing perusahaan sangat dimungkinkan untuk memberikan penawaran gaji yang cukup beragam pada jenis pekerjaan yang sama, namun tentunya Anda dapat menarik angka atau kisaran rata-ratanya.

Disamping itu, yang wajib anda perhatikan lainnya yakni faktor geografis yang berhubungan dengan lokasi pekerjaan, Apakah kota besar, Metropolitan, maupun kota kecil. Dengan demikian, tempat perusahaan di mana berdiri tentunya sangat berpengaruh pada besaran gaji pokok yang nanti diterima oleh setiap pegawainya. Perusahaan yang memiliki kantor di Ibukota Jakarta pada umumnya memberikan gaji yang lebih tinggi Apabila dibandingkan pada sejumlah kota besar lainnya di wilayah negara Indonesia.

Sebagai contoh, anda melakukan pencarian full stack Developer serta menemukan rata-rata gaji pokok yang ada di pasaran adalah 15 juta. Namun, di Ibukota Jakarta, standar gaji nya tentu jauh lebih tinggi, yaitu 20 juta. Pada saat perusahaan anda memang bergerak di Ibukota Jakarta, maka anda dapat memberikan pertimbangan tentang basis gaji pokok sebesar 20 juta tersebut.

Baca Juga:   Contoh Sistem Kerja Pada Usaha Laundry

2. Kesesuaian pada skala upah.

Perusahaan yang anda miliki tersebut memiliki skala upah yang selama ini telah diterapkan. Oleh sebab itulah, anda tentunya dapat membandingkan rata-rata gaji pokok pada pasaran menggunakan sistem pengupahan baku di perusahaan.

Tentunya, apakah terlalu besar, tidak cocok pada rentang skala upah yang masih berlaku? Apabila ia, maka anda tentunya Tidak harus memaksakan pada angka tersebut. Hal tersebut dikarenakan, gaji pokok yang terlalu besar melewati kisaran skala upah hanya akan membebani keuangan pada perusahaan, di samping juga dapat merusak proporsionalitas upah sehingga pada akhirnya akan membuat hubungan kerja yang tidak sehat di antara para pegawai.

Anda dapat memberikan penawaran gaji yang lebih rendah berdasarkan skala upah dengan cara mengurangi kualifikasi maupun spesifikasi skill yang berdasarkan pendapat anda tidak terlalu memberikan kontribusi banyak pada perusahaan. Atau, anda dapat melengkapi gaji pokok dengan sejumlah paket kompensasi yang lainnya yang lebih menarik, misalnya adalah komisi, bonus dan juga tunjangan.

3. Kontribusi untuk perusahaan

Langkah paling tepat untuk menentukan gaji pokok Yakni dengan cara memberikan penilaian seberapa besar posisi pekerjaan tersebut memberikan kontribusi kepada bisnis yang Anda geluti tersebut. Apa Bila pekerjaan tersebut amat sangat menentukan kinerja perusahaan secara keseluruhan, maka anda bisa menentukan berapa kompensasi gaji yang pantas untuk mereka.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Pensiun

Anda juga dapat melakukan penilaian dan pengamatan tentang kecakapan masing-masing individual dari pegawai lewat masa percobaan atau probation. Tentunya, anda nantinya mampu untuk mengetahui sejauh mana mereka melaksanakan tanggung jawab dan tugas nya. Apabila ada pegawai yang bersangkutan mempunyai kinerja cukup bagus, diatas rata-rata, dapat diandalkan, memiliki dampak kenaikan dari sisi produktivitas perusahaan, maka anda dapat melakukan negosiasi ulang akan besarnya gaji pokok karyawan tersebut.

Setelah selesai anda menentukan besaran gaji pokok, maka anda cukup menerapkan serta melakukan pembayaran berdasarkan nominal sesuai dengan waktunya. Terdapat cara cukup mudah di dalam membayar gaji yang mudah serta cepat dengan menggunakan software ataupun metode transfer rekening bank.

Sekian Uraian singkat tentang cara menghitung gaji pokok pada karyawan di sebuah perusahaan yang bisa anda jadikan sebagai panduan singkat untuk menghitung besarnya gaji yang nantinya akan diterima oleh karyawan. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Current Ratio

Cara Menghitung Current Ratio Dengan Sangat Mudah

Likuiditas sebuah perusahaan adalah suatu kemampuan dari perusahaan guna memenuhi kewajiban finansial di dalam waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *