Home / Tips dan Trik / Cara Menghitung Genteng Pada Bangunan Atau Rumah

Cara Menghitung Genteng Pada Bangunan Atau Rumah

Apakah anda telah memahami secara pasti jumlah genteng yang memiliki manfaat sebagai atap di rumah anda? Lantas, untuk apakah sesungguhnya apabila kita mengetahui jumlah secara pasti jumlah genteng yang kita pakai sebagai atap rumah tersebut? Pengetahuan serta perhitungan secara lengkap dan pasti mengenai jumlah genteng yang berfungsi sebagai atap tidaklah hanya diperlukan pada saat hendak membangun rumah, namun juga diperlukan ketika genteng rumah harus diganti yang disebabkan sudah tidak layak lagi dipakai, contohnya adalah ketika telah mengalami kerusakan atau kebocoran.

Cara Menghitung Genteng

Keahlian serta pengetahuan tentang cara menghitung genteng tersebut tentunya wajib untuk dimiliki oleh setiap pekerja dan kontraktor bangunan. Selain itu, penghuni rumah juga diharuskan untuk mengetahui dan memiliki keahlian tersebut. Pengetahuan mengenai jumlah genteng yang dipakai sebagai atap rumah bisa bermanfaat apabila suatu saat anda wajib untuk mengganti atap rumah.

Apabila anda sudah memahami jumlah secara pasti gentengnya digunakan dirumah, maka secara otomatis akan sangat membantu serta mempermudah pekerjaan dan juga bisa meminimalisir pengeluaran anggaran untuk perbaikan rumah. Namun, ternyata masih cukup banyak yang belum memahami dan belum mengerti cara menghitung genteng dengan baik dan benar.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Merdu Dengan Cepat

Dari latar belakang di atas, maka pada artikel kali ini penulis akan mencoba untuk sharing tentang cara menghitung genteng yang digunakan di rumah. Silakan disimak dengan sebaik-baiknya penjabaran artikel di bawah ini.

1. Cara menghitung genteng berdasarkan luas atap pada rumah

Total dari luas atap rumah yang anda miliki dapat digunakan sebagai referensi pada saat menghitung jumlah total genteng rumah anda. Teknik tersebut masuk ke dalam teknik matematika yang proses penghitungannya menggunakan logika. Langkah pertama, anda wajib mengetahui dengan pasti total luas atap rumah anda guna dapat mengetahui secara jelas berapakah jumlah genteng yang anda perlukan pada saat membangun atau merenovasi atap rumah. Supaya lebih mudah, silakan anda perhatikan contoh dibawah ini.

Apabila luas dari atap rumah anda yakni 10 m * 9 m h p maka didapat angka 90 m2 di masing-masing sisinya. Dengan demikian, maka total dari luas atap rumah anda adalah 90 meter * 2 ( jumlah pada kedua sisi atap) sehingga didapat angka 180 m2. Apabila anda hendak memakai jenis genteng kodok atau plentong di mana dalam 1 m2 akan berisi 25 buah, maka jumlah genteng yang anda perlukan yakni sebanyak 180 * 25, sehingga didapat angka 4500 buah.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

2. Cara menghitung genteng berdasarkan panjang serta lebar pondasi dan juga teras rumah

Ukuran panjang serta lebar di pondasi rumah anda ternyata bisa dijadikan sebagai referensi pada saat menghitung jumlah genteng yang akan anda gunakan. Silakan anda simak contohnya berikut ini.

Apabila panjang serta lebar pada suatu rumah yakni 9 m dan 6 m, maka luas keseluruhan yang didapat adalah (9 + 1) x (6 + 1) = 70 m2. Dengan memakai perhitungan tersebut, maka berapakah jumlah genteng yang diperlukan anda? Adapun jumlah paling sedikit genteng yang diperlukan yakni sebanyak 70 * 35, sehingga didapat angka 2450 genteng.

Selain itu, kita juga tentunya perlu guna melakukan proses perhitungan luas teras rumah. Apabila diketahui bahwa luas teras adalah 5 meter * 4 meter, yakni 20 meter, maka akan dibutuhkan genteng sebanyak 20 * 35 atau sebanyak 700 buah genteng. Dengan demikian, total kebutuhan genteng keseluruhan untuk membangun rumah anda yakni 3152 buah.

Perlu untuk diperhatikan pula, ketika anda memesan genteng untuk rumah, alangkah baiknya jumlah genteng yang dipesan dilebihkan sedikit. Contohnya adalah apabila anda memerlukan 100 buah genteng, maka silakan anda membeli genteng sampai dengan 130 buah, atau menyesuaikan dengan perkiraan anda.

Baca Juga:   Cara Mengukur Badan Ideal Pada Pria Maupun Wanita

Kondisi tersebut bermanfaat sebagai salah satu antisipasi jika terjadi cacat, kerusakan, atau kebocoran pada genteng. Anda tentunya dapat melakukan penggantian dengan sisa genteng yang pada awalnya sudah anda lebih kan pada proses pemesanan atau pembelian nya.

Demikianlah uraian singkat tentang cara menghitung genteng yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kegiatan anda di dalam merenovasi rumah, membangun rumah atau aktivitas yang lainnya. Mudah-mudahan, artikel di atas mampu memberikan gambaran secara umum tentang cara mengetahui total kebutuhan genteng pada saat hendak merenovasi atau membangun rumah. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah

Cara Menghitung Dolar Ke Rupiah Paling Cepat

Sebenarnya, cara menghitung dollar ke rupiah bukanlah perkara yang sulit dikerjakan. Lantaran, sekarang ini sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *