Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Harga Tanah Terbaru Pada Banyak Wilayah

Cara Menghitung Harga Tanah Terbaru Pada Banyak Wilayah

Bisa dikatakan bahwa harga tanah yang hari kian meningkat atau lebih mahal. Setiap harinya tentu terdapat tanah yang hendak dibangun rumah baik itu di wilayah pedesaan maupun di wilayah perkotaan. Sehingga akibatnya harga dari tanah selalu melambung tinggi. Harga dari tanah yang melambung tinggi disebabkan oleh penduduk yang semakin hari semakin bertambah, lokasi strategis yang digunakan untuk usaha, serta tanah pinggir jalan dan juga yang lainnya.

Cara Menghitung Harga Tanah

Apabila anda hendak menjual tanah, janganlah secara sembarangan di dalam menentukan harganya. Bisa jadi, anda akan mengalami kerugian atau bisa jadi pula tanah yang hendak anda jual tidak laku di sebabkan harganya yang terlalu mahal. Guna menghindari kondisi tersebut, maka anda wajib untuk memperhatikan lokasi, kepadatan penduduk dan luas tanah. Disamping itu, anda wajib pula untuk memahami bagaimanakah cara menghitung harga tanah setiap m2 supaya perkiraan harga anda lebih tepat.

Terdapat cukup banyak cara yang bisa dipakai guna menghitung harga tanah setiap meter persegi dengan memakai acuan dari pbb atau pajak bumi bangunan. Cara tersebut tentunya cukup jarang dipakai oleh masyarakat di saat sekarang ini, sebab dapat merugikan apabila menghitung dengan teknik tersebut. Di bawah ini adalah cara menghitung harga tanah.

Baca Juga:   Sistem Kerja Kontraktor dan Bentuknya

Contoh kasus perhitungan:

Wawan mempunyai tanah dengan luas 20 serta luas bangunan 12 m2. Wawan mempunyai anak serta ingin kuliahnya ke perguruan tinggi. Disebabkan oleh biaya masuk perguruan tinggi cukup mahal, maka wawan hendak menjual tanahnya kepada makelar tanah. Cobalah untuk menghitung harga jual tanah uang yang paling tepat apabila harga tanah setiap meternya adalah 3 juta serta harga bangunan senilai 5 juta.

Diketahui:

Luas bangunan 12 m2

Luas tanah 20 m2

Harga tanah 3 juta per meter

Harga bangunan 5 juta per meter

Sehingga, apabila dihitung akan memperoleh hasil sebagai berikut:

12 * 5.000.000 = 60.000.000

20 * 3.000.000 = 60.000.000

Sehingga, jumlah keseluruhan dari harga diatas adalah 120 juta

Harap untuk selalu diingat bahwa harga per meter harus ditentukan berdasarkan minat yang ada di pasaran. Sehingga, angka 3 juta di atas tidaklah bisa dijadikan sebagai suatu patokan. Angka diatas adalah contoh perhitungan saja sehingga anda bisa paham untuk melakukan perhitungan sendiri mengenai harga tanah.

Mungkin, sekian dulu pembahasan tentang cara menghitung harga tanah dan juga harga bangunan dengan referensi harga setiap m2. Bentuknya, setelah anda membaca artikel di atas, maka anda tidak perlu lagi bingung ketika hendak menjual maupun membeli tanah serta bangunan, terlebih apabila anda merupakan seorang makelar tanah. Tentunya, cara diatas sangat memberikan kemudahan di dalam melaksanakan bisnis jual beli tanah dan bangunan.proses menentukan harga setiap m2, maka lihatlah kepadatan penduduk, lokasi dan juga survei tetangga paling dekat. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga sukses.

Baca Juga:   Contoh Sistem Kerja Pada Usaha Laundry

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Guna memberikan perlindungan terhadap hak para pegawai atau pekerja, pihak pemerintah sudah membuat peraturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *